top of page

Hoist dalam Industri Pertambangan: Alat yang Tak Ternilai Harganya



Industri pertambangan adalah industri yang mengolah sumber daya alam dengan mengambil dan memproses bahan tambang untuk menghasilkan berbagai produk akhir yang dibutuhkan umat manusia. Bahan tambang yang diambil pun digolongkan menjadi beberapa jenis, seperti logam layaknya emas, tembaga, timah layaknya mineral industri seperti granit, andesit, pasir, hingga juga ada mineral energi seperti batubara, minyak dan gas.


Dalam prosesnya, pastinya industri pertambangan mengandalkan begitu banyak peralatan yang dibutuhkan, mulai dari alat untuk menggali tambang, hingga mengambil hasil tambang yang memang cukup beragam. Tentu saja dalam proses mengangkat hasil tambang atau keperluan lainnya yang notabene berat, maka industri pertambangan pun pasti akan mengandalkan alat lifting. Alat tersebut antara lain bisa crane ataupun bisa juga ternyata hoist.


Informasi Lengkap Mengenai Hoist dalam Industri Pertambangan yang Bermanfaat


Pengerjaan penggalian atau penarikan hasil tambang di suatu industri pertambangan, umumnya mereka akan menggunakan alat lifting seperti crane. Ini karena pengerjaan tambang umumnya berada di luar ruangan, tapi ada juga banyak yang ada dalam ruangan dengan mengandalkan crane khusus seperti truck crane dan lainnya. Namun meski crane dinilai jauh lebih efektif dalam pengerjaan tambang, tapi hoist sebenarnya juga masih menjadi alat lifting yang bisa juga memiliki peran penting pada industri tambang.


Hoist yang tepat untuk industri tambang sebenarnya hoist tersebut adalah hoist manual, yakni hoist yang menggunakan rantai dalam mengangkat bebannya. Hoist tersebut tepat untuk industri pertambangan, karena hoist tersebut mengandalkan rantai yang terdapat load chain, dimana itu bisa digunakan untuk mengangkat beban tertentu. Kemudian terdapat juga hand chain untuk digunakan dalam menarik atau mengerek beban tambang yang bisa terangkat.


Hoist ini umumnya hanya bisa digunakan untuk menarik dari bawah ke atas, yang mana tepat sekali pada pengerjaan tambang yang notabene memiliki ruang lingkup kerja sempit. Akan tetapi bila Anda menambahkan trolley, maka hoist manual tersebut dapat digerakan ke kanan maupun ke kiri, sehingga akan membuat hoist tersebut pun sangat efisien untuk diandalkan dalam pengerjaan industri pertambangan.


Kelebihan Hoist di Industri Pertambangan

Kelebihan atau manfaat hoist di industri pertambangan, jelas sekali dapat digunakan untuk mengangkat keperluan atau hasil tambang yang berat. Hoist dapat melakukannya karena ia memiliki rantai yang terdapat load chain, dimana itu bisa digunakan untuk mengangkat beban untuk keperluan pertambangan tertentu. Lalu terdapat juga hand chain untuk digunakan dalam menarik atau mengerek beban tambang yang bisa terangkat dengan sempurna.


Nah adapun untuk menyempurnakan fungsi atau manfaat hoist di industri pertambangan, adalah dengan menambahkan trolley. Sehingga dengan begitu maka hoist manual tersebut dapat secara maksimal untuk digerakan ke kanan maupun ke kiri. Alhasil hoist pun akan membuat pekerjaan yang ada di industri pertambangan pun menjadi sangat efisien bahkan cepat dalam beberapa prosesnya.


Kemudian apa yang membuat hoist manual lebih baik dibandingkan hoist electric untuk kegiatan pekerjaan tambang, adalah ia lebih tahan lama, kuat, serta awet pada ruang lingkup tambang yang kasar. Begitu juga dengan harganya, yang ternyata lebih murah, bahkan itu juga termasuk dengan perawatannya yang juga relatif murah serta mudah. Itu karena hoist tersebut hanya perlu diperhatikan pada gear yang ia punya agar tidak seret, sehingga Anda sebenarnya hanya perlu memberikan oli secara berkala.


Itulah artikel dari kami yang membahas hoist dalam industri pertambangan yang memang tidak ternilai harganya untuk diandalkan di industri pertambangan. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua, terutama untuk mengenal hoist yang tepat dalam industri pertambangan. Hoist atau crane yang terbaik dan berkualitas, tentu adalah Elephant Hoist and Crane yang berada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page