top of page

Hoist untuk Konstruksi: Mengapa Alat Ini Penting dalam Proyek Anda?



Suatu kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana merupakan bagian dari konstruksi. Lebih tepatnya, bangunan, gedung, atau tempat-tempat besar merupakan tempat yang memang terjadi karena adanya proses konstruksi yang dilakukannya. Tentunya dalam menentukan jenis serta pekerjaan konstruksi itu membutuhkan persiapan, layaknya tempat, bahan-bahan material, hingga peralatan konstruksi yang memang tepat.


Nah proyek-proyek konstruksi besar seperti gedung bertingkat pastinya atau umumnya akan menggunakan peralatan khusus, seperti salah satunya adalah crane dan hoist. Itu karena crane dan hoist memang berperan penting dalam lifting benda berat dan besar, yang mana itu dibutuhkan konstruksi bertingkat atau berskala besar. Jadi tanpa crane atau tanpa hoist, maka sebuah derek pengangkut tidak bisa diaplikasikan pada proyek konstruksi


Informasi Mengenai Hoist untuk Konstruksi yang Memang Penting untuk Konstruksi

Hoist merupakan suatu alat yang memang dapat dipergunakan dalam industri lifting, dimana itu sering terjadi di banyak proyek seperti salah satunya adalah dunia atau pekerjaan konstruksi. Alasanya itu karena hoist atau katrol adalah alat bantu untuk mengangkat dan memindahkan barang.


Jenis Hoist crane sendiri termasuk ke dalam alat crane untuk pengaplikasian di luar maupun dalam ruangan. Crane jenis ini bisa diterapkan untuk mengangkat beban atau barang dalam posisi horizontal atau tegak lurus. Tentunya kemampuan dari gaya angkat alat ini didapatkan berdasarkan perubahan dari energi mekanik, pneumatik, hidrolik dan elektrik.


Beberapa Hoist untuk Konstruksi yang Memang Penting di Banyak Proyek


Terdapat beberapa hoist yang ternyata memang tepat dan penting di banyak proyek, seperti salah satunya ada di konstruksi.


Wire Rope Hoist

Adalah hoist yang banyak dijumpai dalam industri manufaktur, pembangkit listrik, pertambangan, hingga pergudangan serta konstruksi. Ciri dari hoist jenis ini adalah memakai media sling atau tali kawat yang dipasangkan ke dalam drum untuk dihubungkan dengan gearbox dan motor, sehingga dengan begitu maka ia bisa berputar.


Kemudian untuk bisa menggerakan beban turun atau naik, maka agar dapat menahan beban untuk tetap menggantung di ketinggian tertentu, dipakaikanlah brake atau rem yang berguna ketika aliran listrik ke dalam motor hoist terputus atau diputus. Biasanya jenis hoist ini diproduksi pada kapasitas standar, dari berkapasitas 1 ton sampai 8 ton. Kemudian jenis ini umumnya terdiri atas monorail, double girder hoist, dan stationary.


Electric Chain Hoist

Untuk hoist ini memang bisa diandalkan atau digunakan untuk menurunkan dan mengangkat beban, yakni dengan memanfaatkan tenaga listrik. Alat ini bisa memakai rantai untuk media pengangkatnya, sehingga memang tepat di beberapa pekerjaan konstruksi. Perlu Anda ketahui, jenis ini biasanya dipasangi chain di dalam sebuah drum yang dilengkapi oleh chain guide. Lalu di dalam drum tersebut telah terhubung electric motor dan gearbox sehingga dapat berputar untuk menaikkan atau menurunkan beban yang ada.


Hydraulic Hoist

Bukan hanya Hydraulic Crane saja, hoist pun juga memiliki tipe hydraulic yang juga memang bisa diandalkan di bidang konstruksi. Hydraulic Hoist bisa diandalkan di pekerjaan konstruksi karena hoist ini memanfaatkan mekanisme piston berbasis oil yang bekerja berdasarkan pada hukum pascal. Dalam artian tekanan yang telah diberikan terhadap zat cair di dalam ruang tertutup akan diteruskan menuju segala arah yang terarah.


Pneumatic Hoist

Pneumatic Hoist adalah hoist yang memanfaatkan tekanan udara yang diperlukan untuk mengangkat beban. Biasanya operator mengoperasikan alat ini lewat pendant control saat menaikkan atau menurunkan beban. Dengan cara kerja serta penggunaannya yang demikian, maka hoist ini juga menjadi salah satu hoist yang cukup sering digunakan di konstruksi.


Sekian artikel dari kami yang membahas mengenai hoist untuk konstruksi yang memang penting dalam banyak proyek. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Jika tertarik ingin memiliki crane atau hoist, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas seperti Elephant Hoist and Crane yang ada di IndahJaya.com


bottom of page