top of page

Cara Mengatasi Impeller Aus Pada Pompa Celup yang Wajib DIketahui



Dalam mengalirkan fluida atau cairan, pastinya pompa air atau pompa celup memiliki komponen yang saling terkait dalam melakukannya itu. Seperti salah satunya yang penting yaitu komponen yang bernama impeller. Nah apa itu impeller? Impeller pada pompa air adalah komponen yang dapat berputar dengan fungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dari pusat rotasi.


Nah apabila terjadi kerusakan pada impeller seperti aus, maka itu akan sangat mempengaruhi kinerja dari pompa air dan juga pompa celup, yang mana salah satunya akan mempengaruhi debit air yang dikeluarkan. Maka dari itu, agar tidak berkelanjutan dan dapat beroperasi normal, maka impeller yang aus harus segera diatas. Nah cara mengatasinya bisa Anda ketahui di artikel ini, oleh karena itu silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Untuk Mengatasi Impeller Aus yang Ada Pada Pompa Celup

Berikut adalah cara agar Anda bisa atasi impeller yang sudah aus, dimana itu akan sangat membantu dalam mengeluarkan debit air yang diinginkan. Maka dari itu, Anda yang sudah tahu bahwa impeller bermasalah karena aus, maka segera atasi dengan cara yang akan kami jelaskan di berikut ini:


Amplas Tutup Impeller

Impeller pada pompa celup yang mengalami keausan, maka Anda bisa coba atasi dengan mengamplas tutup impeller yang ada pada ruang impeller tersebut. Hal itu agar impeller yang aus bisa dapat beroperasi dengan presisi, walau sudah mengalami keausan. Namun mengamplas tutup impeller juga memerlukan teknik, atau lebih tepatnya Anda harus lakukan dengan benar serta hati-hati agar amplas yang digunakan tidak merusak komponen lain dari impeller.


Menyesuaikan Casing Wear Ring

Komponen casing wear ring merupakan komponen langsung yang bersentuhan dengan impeller. Jadi apabila ada impeller yang aus, maka Anda bisa coba atasi dengan casing wear ring agar lebih presisi dalam grip impeller pompa celup yang sudah aus.


Menyesuaikan Eye of Impeller

Dalam satu ruang impeller, tentunya bukan hanya terdiri dari impeller saja, melainkan ada juga komponen lain yang saling terkait dengan putaran impeller. Nah salah satunya adalah mata impeller atau eye of impeller. Jadi cobalah Anda presisikan ruang yang bersentuhan langsung dengan impeller yang aus, dimana itu bisa Anda sesuaikan pada komponen eye of impeller.


Merapatkan Casing Impeller

Jika impeller pompa celup aus, maka Anda bisa sesuaikan cover atau casing impeller. Yang mana jika longgar maka Anda bisa presisikan secara rapat agar impeller yang aus dapat berputar dengan secara presisi atau benar.


Mengganti Impeller yang Baru

Nah dari semua cara yang ada, tentunya yang paling benar dan sangat besar kemungkinan untuk membuat pompa celup beroperasi normal adalah dengan mengganti impeller yang aus dengan yang baru. Karena itu akan membuat semua komponen yang ada pada impeller pompa celup, tidak perlu dilakukan perubahan agar impeller yang aus masih dapat digunakan.


Nah sekian sudah artikel dari kami yang membahas mengenai cara-cara atasi impeller pompa celup yang sudah aus. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda semua, terutama menambah wawasan Anda dalam menghadapi masalah impeller pompa celup yang aus. Apabila ada diantara Anda yang tertarik ingin memiliki pompa celup, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page