top of page

Informasi Lengkap Apa Itu Pompa Celup AC Serta Fungsinya



Sebuah pompa air pastinya memiliki spesifikasi dan kemampuan serta keunggulannya masing-masing, yang mana memang itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang menginginkannya. Seperti salah satunya yang lebih unggul dari pompa biasa, adalah pompa celup atau bisa disebut dengan submersible pump. Pompa celup pun juga memiliki beberapa jenis, yang mana salah satunya adalah pompa celup AC.


Berbeda dengan pompa celup DC, pompa celup AC tentunya memiliki pengertiannya sendiri serta fungsinya sendiri yang cenderung berbeda dari pompa celup DC. Nah maka dari itu, melalui artikel ini, kami akan bantu jelaskan kepada Anda mengenai pompa celup AC, seperti apa itu pompa celup AC dan apa saja fungsi dari pompa celup AC. Oleh karena itu, maka silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Lebih Lengkap Mengenai Pompa Celup AC

Apa itu AC? AC (alternating current) merupakan arus listrik yang besarnya dan arah arusnya selalu berubah-ubah dan bolak-balik. Arus listrik AC akan membentuk suatu gelombang yang dinamakan dengan gelombang sinus atau lebih lengkapnya sinusoida. Arus listrik bolak-balik (AC) sebenarnya bisa dipelihara dan berada dibawah naungan PLN, yang mana di negara Indonesia sendiri menerapkan listrik bolak-balik dengan frekuensi 50Hz. Tegangan standar yang diterapkan di Indonesia untuk listrik bolak-balik 1 (satu) fasa adalah 220 volt. Tegangan dan frekuensi ini terdapat pada beberapa tempat yang berlangganan listrik PLN.


Nah jadi dengan demikian bisa diambil kesimpulan, bahwa pompa celup AC merupakan pompa celup yang memang penggunaannya adalah dengan menggunakan listrik dari PLN, itu karena apapun yang menggunakan listrik PLN adalah arus listrik AC. Perlu Anda ketahui juga, sebagai pengaman listrik AC yang ada, biasanya para pihak PLN akan menggunakan pembatas sekaligus pengaman, yakni itu adalah MCB (miniature circuit breaker). Tetapi meskipun demikian, sebenarnya tidak semua barang listrik menggunakan listrik AC, tetapi sudah pasti iya pada pompa celup AC. Karena sumber listrik pompa celup ini adalah Volt AC, maka kabel pompa perlu dihubungkan ke listrik PLN (AC), karena jika kebalik ke DC maka dinamo pompa akan terbakar dan akan terjadi korsleting listrik.


Inilah Kegunaan atau Fungsi dari Pompa Celup AC yang Perlu Diketahui

Berikut adalah beberapa kegunaan atau fungsi dari pompa celup AC yang perlu Anda ketahui, yang mana semuanya sebenarnya hampir sama dengan pompa celup biasa atau pada umumnya.

  • Pompa celup AC bisa digunakan untuk mengalirkan fluida dari bawah ke atas, itu karena pompa celup AC memang memiliki motor penggerak yang dapat memungkinkan itu terjadi dengan tepat.

  • Karena tekanan yang diberikan cukup tinggi, maka penggunaan pompa celup dapat sangat memungkinkan menguras atau mengisi air dengan sangat cukup cepat.

  • Kemudian karena menggunakan arus listrik dari PLN, maka pompa celup AC sudah sangat terbaik untuk diandalkan di berbagai kebutuhan kolam, seperti air mancur, dan lain sebagainya.

  • Selain dari itu, karena pompa air celup memang dapat memiliki tekanan dalam mengalirkan fluida, maka ia juga sebenarnya efektif digunakan untuk memompa lumpur, sistem irigasi, dan sebagainya yang lebih padat daripada air biasanya.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai pompa celup AC, baik itu pengertiannya maupun fungsi atau kegunaannya. Sekian dari kami, kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk rekomendasi pompa celup terbaik dan berkualitas yang tepat untuk Anda, maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


bottom of page