Informasi Lengkap Tentang Izin Genset Disnaker dan Peruntukannya Untuk Siapa



Untuk melakukan sesuatu saat ini tentunya harus membutuhkan izin, apalagi jika itu menyangkut orang lain dan bukan diri sendiri. Namun mengoperasikan sesuatu seperti kendaraan juga membutuhkan izin, seperti SIM atau surat kendaraan yang lengkap dan pastinya Sah. Nah menariknya lagi ternyata dalam memiliki Genset juga memerlukan izin, yang dimana itu melalui Disnaker.


Pastinya anda akan bingung tentang izin tersebut, sehingga membuat anda calon pemilik Genset akan berusaha untuk mencari cara agar dapat izin tersebut. Tidak perlu repot-repot, karena informasi tentang izin Genset Disnaker dan juga peruntukannya untuk siapa bisa anda ketahui terlebih dahulu, hal itu agar anda mengerti setelahnya. Maka dari itu kami persilahkan anda semua untuk simak artikel ini selengkapnya!

Informasi Lengkap Tentang Izin Genset Disnaker yang Wajib Anda Ketahui

Perlu anda semua ketahui, sebenarnya perizinan Genset dahulunya memang dilakukan melalui Disnaker, tetapi itu berbeda pada zaman sekarang saat ini. Perizinan Genset dan kelistrikan lainnya saat ini sudah tidak dilakukan melalui Disnaker lagi, melainkan sudah melalui Dinas ESDM dengan dasar surat nomor 362/20/DJL.1/2014 tanggal 4 Feb 2016 yang lalu, yaitu tentang dualisme perizinan ketenagalistrikan. Hal itu tentunya sudah mengacu pada perizinan instalasi tenaga listrik di UU No. 30 tahun 2009, yaitu tentang keselamatan ketenagalistrikan. Nah menariknya ada beberapa jenis yang perlu anda semua ketahui, dimana itu semua sudah tertera diperuntukan untuk siapa saja.

Sertifikat Laik Operasi Izin Genset

Merupakan bukti bahwa instalasi listrik anda telah memenuhi standar untuk dapat dioperasikan, yang mana itu sudah sesuai dengan UU No. 30 tahun 2009. Penerbitan sertifikat laik operasi hanya dilakukan oleh Lembaga Inspeksi Teknis (LIT) yang telah diakreditasi oleh Kementerian ESDM. Untuk memperoleh sertifikat ini adalah setelah dilakukan pengujian instalasi maupun Genset, dimana dengan masa berlaku sertifikat laik operasi sampai dengan lima tahun.

Sertifikat Operator Izin Genset

Genset kurang lebih memiliki mesin yang sama dengan kendaraan, maka dari itu jelas pastinya akan ada izin terlebih dahulu yaitu pada operator yang menggunakannya. Nah layaknya Sertifikasi Operator genset, itu dikeluarkan oleh LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi) yang ditunjuk oleh Kementerian ESDM. Lalu untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut, maka operator Genset perlu mengikuti uji kompetensi selama 3 hari yang dilaksanakan di tempat yang sudah ditentukan sebelumnya.

Izin Operasi atau Surat Keterangan Terdaftar untuk Izin Genset

Izin operasi atau surat keterangan terdaftar, adalah izin yang diterbitkan oleh pemerintah provinsi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi. Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 tahun 2019, apabila diketahui ada Genset dengan total daya lebih dari 500 kVA, maka tentunya harus ada Izin Operasi yang harus dibuat terlebih dahulu. Namun lain hal jika total daya tersebut kurang dari itu, yang dimana hanya perlu ada dari Laporan Genset saja.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang izin Genset Disnaker, semoga bermanfaat bagi anda terutama bisa membuat anda semakin mengerti tentang izin Genset Disnaker. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, baik menggunakan media sosial ataupun yang lainnya. Jika anda ingin memiliki Genset terbaik, maka rekomendasi kami adalah Tenka, dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com