Ini 4 Tips Mengatasi Genset Sulit Dinyalakan untuk Anda Lakukan


Ini 4 Tips Mengatasi Genset Sulit Dinyalakan untuk Anda Lakukan

Genset menjadi mesin yang mempunyai peran penting untuk banyak orang dalam berbagai macam kegiatan. Hampir setiap tempat usaha hingga rumah mempunyai genset untuk digunakan ketika waktu penting. Terkadang, ada masalah pada pasokan listrik yang kurang memadai atau pemadaman lampu secara serentak. Tentu, Anda harus tahu tips mengatasi genset sulit dinyalakan.


Mengapa begitu? Dengan mengetahui hal ini, genset dapat langsung digunakan ketika perlu nanti. Jadi, Anda tidak harus merasa panik ketika mati lampu secara mendadak. Langsung saja menyalakan genset untuk mendapatkan listrik lagi. Mesin ini sangat penting jika ada masalah pada listrik. Yuk, ketahui langkah mengatasi hal ini.


4 Tips Mengatasi Genset Sulit Dinyalakan


Genset dapat menyala dengan mudah jika Anda tahu berbagai macam tips yang sesuai. Anda dapat menggunakan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah pada genset. Sering kali halnya genset tidak menyala pada saat yang dibutuhkan.


Hal ini karena ada berbagai macam gangguan yang mungkin terjadi sehingga genset gagal menyala. Berikut daftar langkah yang dapat Anda gunakan:


1. Cek aki

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah genset sulit menyala adalah mengecek kondisi aki jauh lebih dulu. Bisa saja aki tidak cukup kuat untuk digunakan dalam penggerakan mesin.


Hal ini menyebabkan putaran menjadi kurang tinggi dan membuat mesin gagal menyala. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus cek secara rutin permukaan air aki.


Anda juga dapat menjaga kebersihan terminal aki dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan air panas atau juga mengganti aki yang baru jika ada masalah. Anda juga dapat mencegah kerusakan pada aki dengan melakukan pemanasan genset. Lakukan minimal satu minggu sekali. Dengan begitu, aki akan terisi lagi oleh alternator.


2. Pastikan mesin dingin

Tips mengatasi genset sulit dinyalakan lainnya adalah memastikan mesin tetap dingin. Mesin seringkali macet karena sudah terlalu panas. Hal ini membuat kinerja yang ada pada mesin menurun sehingga tidak dapat menyala.


Dengan begitu, Anda dapat memastikan selalu membuat genset dalam keadaan optimal. Jangan lupa juga dengan sistem pelumasan yang harus stabil.


3. Mengecek tangki

Langkah lain yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa pada bagian tangki. Masalah yang umum terjadi adalah bahan bakar genset tercampur dengan air. Hal ini membuat jumlah solar yang akan masuk ke ruang bakar berkurang sehingga mesin sulit bergerak.


Anda dapat memastikan tangki dan juga seal dalam keadaan yang baik. Anda dapat mengeringkan tangki dan isi bahan bakar baru.


4. Rutin pemanasan mesin

Anda juga dapat menggunakan langkah mudah untuk melindungi berbagai macam komponen yang ada dalam mesin. Mesin yang terlalu panas memang tidak baik.


Namun, Anda tidak dapat membiarkan mesin mati atau tidak digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, gunakan langkah mudah dengan memanaskan mesin setidaknya satu kali dalam satu minggu untuk sirkulasi yang baik.


Itulah beberapa tips mengatasi genset sulit dinyalakanyang dapat Anda lakukan. Dengan menggunakan beberapa langkah tersebut, Anda dapat mengatasi masalah yang ada pada genset. Jadi, dapat menyala kembali dengan baik untuk Anda manfaatkan. Anda dapat cek dalam https://www.indahjaya.com/ untuk dapatkan produk berkualitas dari PT. Indah Jaya Teknik Presisi.