Ini Jenis Konektor Selang Drip Hidrosol untuk Irigasi


Ini Jenis Konektor Selang Drip Hydrosol Untuk Irigasi (selang plastik)

Area pertanian luas tentu membutuhkan konektor selang drip untuk memudahkan pekerjaan penyiraman. Jika tidak, Anda akan kelelahan karena harus disiram kurang lebih sebanyak 2 kali sehari. Kehadiran konektor ini dapat memudahkan para petani.


Selain canggih, tidak perlu mengeluarkan uang sewa tenaga kerja ketika ingin menyiram berbagai tanaman. Misalnya semangka, melon, cabai, tomat, hingga kelapa sawit. Alat ini memiliki beberapa jenis dengan berbagai macam merk.


Penggunaannya cocok untuk drip irrigation atau sistem pengairan di lahan seperti sawah juga kebun. Contohnya seperti tanaman sayuran atau buah – buahan. Selain itu, yang dipakai untuk induk pipa dengan induk plastik tentu berbeda. Berikut akan kami jelaskan perbedaan jenis konektor selang drip.


Jenis Konektor untuk Induk Plastik


Jenis yang satu ini fungsinya cocok digunakan sebagai penyambung dari Drip Hydrosol ke drip 16 milimeter. Beberapa konektor selang plastik terbuat dari poliamida, sehingga harganya ekonomis.


Selain murah, penggunaannya konektor selang drip juga serbaguna dan memadai jika hanya digunakan dengan tekanan rendah. Anda dapat menggunakan ukuran mulai dari 2 dim, 3 dim, atau 4 dim.


Ukuran tersebut tergantung bagaimana kebutuhan penyiraman. Selain itu juga tergantung apa jenis pipa sumber yang Anda gunakan. Misalnya jenis Connector LayFlat 317 cocok untuk jenis Rivulis.


Jenis Konektor untuk Induk Pipa


Konektor selang drip satu ini cocok dipakai jika menggunakan pipa PVC, dikarenakan ada karet di bagiannya. Sehingga berfungsi sebagai media yang menyambungkan dari selang irigasi ke pipa PVC.


Tujuannya agar tidak mudah bocor juga mudah dibongkar pasang tanpa menggunakan bantuan lem. Cara menggunakannya lumayan mudah. Cukup sambungkan selang drip ke Valve Offtakes, lalu putar drat sampai rapat.


Selanjutnya buatlah lubang pada PVC berukuran sebesar 19 milimeter yang setara dengan 3/4 dim. Kemudian lanjut masukkan valve tadi menggunakan kepala karet hingga rapat, dan siap digunakan.


Kegunaan konektor selang ini memang sangat bermanfaat. Selain harganya terjangkau, penggunaan alat bantu tersebut perlu dibutuhkan bagi pengairan irigasi, khususnya lahan makro.


Konektor Selang Drip untuk Tanaman Hidrosol


Anda dapat menghubungkan pipa pasokan ke faucet menggunakan konektor selang dengan jenis faucet berduri. Jika ingin menggunakan pipa taman untuk menyimpan pasokan air ke sistem, pakailah kran dan ujungnya.


Untuk membuat sambungan antara pipa selang juga saluran tetes, dapat menggunakan adaptor aksesori berulir – 3/4. Atau juga menggunakan faucet connector berduri 3/4 x 14 milimeter.


Penghubung terbaik dengan menggunakan produk yang berkualitas. Anda dapat membuat program kapan dan berapa lama ingin menyiram sesuai kebutuhan selama menggunakan konektor selang drip berkualitas.


Waktu penyiraman yang teratur juga spesifik dapat menjamin sistem irigasi berjalan secara efisien. Serta manajemen waktu irigasi tersebut dapat mengoptimalkan pasokan air ke tanaman Anda.


Tidak hanya itu, penghubung berkualitas juga dipengaruhi dari bagaimana cara perawatannya. Anda perlu rajin membilas juga membersihkan filternya. Bersihkan setiap hari atau minimal sebelum melakukan irigasi.


Lakukan sesuai petunjuk dari masing – masing produsen. Selain itu dengan melakukan pembersihan lateral. Pembilasan lateral berfungsi mengeluarkan partikel – partikel menumpuk di selang irigasi.


Penumpukan tersebut bisa menyumbat saluran air jika tidak dibersihkan. Rajin siram lateral setiap 2 – 3 minggu. Bilaslah selama 30 – 60 detik sampai airnya keluar jernih. Bilas juga katup – katupnya.


Kedua jenis penghubung sebelumnya sangat membantu para petani. Karena mampu menghasilkan panen maksimal beserta efisiensi tenaga maupun waktu. Sama seperti produk konektor selang drip Toyox akan mengoptimalkan sistem irigasi Anda.