Ini Perbedaan Genset 2 Tak dan 4 Tak!


Ini Perbedaan Genset 2 Tak dan 4 Tak!

Setelah Anda mengenali jenis-jenis generator atau genset, tentu nama ‘gasoline generator’ tidak asing ditelinga Anda. Dimana ini termasuk mesin genset yang bahan bakarnya menggunakan bensin (gasoline). Selain itu, solar juga menjadi bahan bakar alternatif untuk menjalankan mesin genset ini. Kemudian genset jenis ini terbagi lagi menjadi dua berdasarkan mesinnya. Berikut akan dijelaskan perbedaan genset 2 tak dan 4 tak.


Tentu keduanya memiliki penjelasan dan spesifikasi yang berbeda. Maka dari itu, banyak orang yang kebingungan, dan mencari jawaban atas perbedaan keduanya.


Untuk lebih tahu tentang mesin 2 tak dan 4 tak pada alat bantu genset, simak ulasan ini dengan seksama, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!


Mengenal Genset Diesel Gasoline

Genset diesel gasoline memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni berkisar pada 10.000 hingga 100.000 watt/KVA. Tentu dengan daya yang sangat besar ini, genset jenis diesel ini sering dipakai ketika acara besar, misalnya pernikahan, konser musik, dan lain sebagainya.


Pun nama yang melekat untuk genset ini seperti ‘genset hajatan’, ‘genset dies natalis’, ‘genset konser’ dan macam-macam.


Tidak hanya memiliki daya besar, genset diesel gasoline juga memiliki fitur unggulan di dalamnya, misalnya double starter, automatic choke, low oil indicator, serta fitur tambahan seperti low tank indicator, engine wheel hingga remote engine system.


Mengenal Perbedaan Genset 2 Tak dan 4 Tak

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, letak perbedaan ini berada pada mesin yang digunakan genset. Keduanya masuk dalam jenis genset berbahan bakar bensin ataupun gasolin. Meskipun terlihat sama, fitur dan spesifikasi yang dimiliki keduanya sangatlah berbeda.


Untuk itu agar Anda mengenali mesin 2 tak dan 2 tak secara baik, berikut informasi selengkapnya!


Mesin Diesel 2 Tak

Perbedaan yang menonjol dari mesin genset 2 tak dan 4 tak berada di cara kerja masing-masing mesin. Dimana untuk mesin 2 tak memiliki porsi yang tidak cukup besar, bila dibandingkan mesin 4 tak.


Selain itu dalam mesin 2 tak rangkaian kabel, sekaligus komponen mesin tidak serumit mesin 4 tak, karena hanya sedikit yang digunakan.


Komponen yang relatif kecil dalam mesin genset 2 tak, umumnya hanya bisa digunakan untuk memasok kebutuhan listrik sebesar 1.000 watt. Hal ini tidak sebanding dengan daya listrik yang dihasilkan menggunakan mesin genset 4 tak.


Mesin Diesel 4 Tak

Setelah mengenal mesin 2 tak, Anda akan beralih untuk mengidentifikasi kelebihan mesin genset 4 tak. Hal ini perlu dilakukan agar Anda menemukan jawaban atas perbedaan genset 2 tak dan 4 tak. Seperti yang Anda di paragraf sebelumnya, jika mesin 2 tak tidak lebih dari 1000 watt untuk menghasilkan daya listrik.


Ini berbeda dengan mesin 4 tak yang mencapai 1500 watt hingga 10.000 watt. Angka ini menunjukkan kapasitas yang besar pada mesin genset 4 tak. Pemenuhan kebutuhan listrik dapat di-cover menggunakan genset berikut, baik untuk usaha ataupun pemakaian pribadi.


Adapun mesin genset 4 tak jauh lebih ramah lingkungan dan dipercaya lebih hemat bahan bakar bensin.


Berikut menjad penjelasan lengkap tentang perbedaan genset 2 tak dan 4 tak. Untuk membedakan keduanya, tentu Anda perlu memahami penjelasan di atas secara baik, mulai dari fungsinya hingga manfaat yang dihasilkan. Adapun, bagi Anda yang membutuhkan genset gasoline, khususnya yang menggunakan mesin 2 tak dan 4 tak, bisa mempercayakannya di Indah Jaya Group.