Ini Perbedaan Vertical Clamp dan Horizontal Clamp, yang Perlu Anda Pahami!


Ini Perbedaan Vertical Clamp dan Horizontal Clamp, yang Perlu Anda Pahami!

Seperti yang sudah Anda ketahui, Lifting Clamp terdiri dari dua jenis yakni Vertical Clamp dan Horizontal Clamp, keduanya ini memanglah berbeda. Jika Anda belum paham Anda bisa memahami perbedaan Vertical Clamp dan Horizontal Clamp di bawah ini.


Mengenal Lifting Clamp


Lifting camp adalah aksesori lifting yang bisa Anda temukan pada hook crane dan melekat pada drum atau baja.


Di mana bagian Lifting Clamp ini berfungsi untuk mempermudah proses pengangkatan, selain itu penggunaan Lifting Clamp dapat dijadikan sebagai pengaman dalam memindahkan beban kerja.


Lifting Clamp sendiri terbagi dari dua jenis diantaranya vertical clam dan Horizontal Clamp, lebih detail mengenai pengertian keduanya bisa Anda simak di bawah ini.


1. Vertical Clamp

Vertical Clamp merupakan jenis Lifting Clamp yang dibuat secara khusus untuk melakukan pengangkatan stainless steel ataupun sejenis lembaran baja hingga struktur atau profil dengan secara vertikal.


Vertical Clamp sendiri terdiri dari beberapa komponen yakni tuas, pengunci serta pegas tegangan. Vertical Clamp memiliki keamanan yang dapat memastikan klem yang tidak akan terlepas dari pelat saat beban diturunkan.


Vertical Clamp dikenal dengan beberapa fitur unggulannya di antaranya Japan Mode, Safety puller, Versatile Rigging Point, Hi-quality Carbon Steel hingga Spring Lock Mechanism. Dengan ragam fitur keunggulannya inilah Vertical Clamp dapat bekerja dengan lebih sempurna.


2. Horizontal Clamp

Horizontal Clamp adalah pengangkatan pelat dan baja secara horizontal untuk mengamankan objek pengangkatan oleh jaw pada clamp.


Alat horizontal ini dirancang secara khusus untuk pengangkutan horizontal dengan aman sehingga sesuai dengan standar ideal lingkungan bekerja.


Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Horizontal Clamp di antaranya Europe Model, Hi-quality, Carbon Steel, Safety Button, serta Versatile Rigging Point, Flexible Application.


Penjelasan Terkait Perbedaan Vertical Clamp dan Horizontal Clamp


Perbedaan vertikal dan Horizontal Clamp bisa Anda temukan perbedaanya pada cara kerjanya. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa keduanya ini sangatlah berbeda. Di mana Vertical Clamp ini dilengkapi dengan steel jaw yang diperkeras. Vertical lifting clamp dapat mengangkat plat baja bahkan drum yang berisi muatan dari posisi horizontal ke vertikal secara efektif dan sempurna.


Di mana plat besi atau baja dengan posisi vertical ini diangkat dengan satu Vertical Clamp. Akan tetapi jika plat besi yang diangkat memiliki ukuran yang besar, ada baiknya Anda menggunakan chain sling dan dengan menggunakan dua alat Vertical Clamp. Hal ini bertujuan untuk memastikan proses pengangkatan yang lebih aman.


Sedangkan Horizontal Clamp dapat mengangkat pelat baja dengan mempertahankan posisi horizontalnya jika digunakan dengan 2 leg chain sling. Horizontal Clamp dapat melakukan proses pengangkatan yang memerlukan lebih dari 1 clamp, setidaknya 2 clamp untuk bisa mengangkat plat dengan beberapa lapis.


Namun untuk mengangkat plat yang memiliki ukuran diameter yang besar, setidaknya Anda membutuhkan 4 clamp, maka dengan ini pengangkatan dapat dilakukan sehingga bisa meminimalisir adanya kecelakaan yang diakibatkan oleh pengangkatan barang dengan muatan lebih.


Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa perbedaan antara Vertical Clamp dan Horizontal Clamp ini terdapat pada pergerakannya. Singkatnya, Vertical Clamp bertujuan untuk mengangkat barang dengan mudah dari posisi horizontal ke vertikal, sedangkan Horizontal Clamp bertujuan dalam mengangkat barang dengan mempertahankan posisi horizontal pada barang muatan.


Dengan ini Anda sekarang paham bukan mengenai perbedaan Vertical Clamp dan Horizontal Clamp. Jika Anda membutuhkan alat Lifting Clamp untuk kebutuhan atau lingkungan pekerjaan Anda, Anda bisa menghubungi distributor alat berat terbesar yakni Indah Jaya. Indah Jaya Group