Inilah Beberapa Fungsi Generator Listrik yang Perlu Diketahui


Inilah Beberapa Fungsi Generator Listrik yang Perlu Diketahui

Ada banyak fungsi generator listrik, bukan hanya sebagai sumber voltase cadangan saja. Generator listrik atau genset sudah akrab dengan kehidupan kita. Tidak hanya digunakan untuk keperluan industri skala besar saja, tapi juga skala kecil seperti rumah tangga.


Genset merupakan alternatif pilihan bagi Anda yang memerlukan daya ketika listrik sedang mengalami gangguan atau pemadaman. Apalagi pemadaman seringkali terjadi di waktu tidak terduga, tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.


Situasi inilah yang membuat genset sangat dibutuhkan. Jadi, aktivitas tetap lancar walaupun sedang terjadi gangguan voltase. Terkait fungsi genset, yuk perhatikan penjelasan berikut.


Inilah Beragam Fungsi Generator Listrik yang Perlu Anda Ketahui


Tidak sesederhana sebagai sumber daya cadangan saja, genset mempunyai banyak fungsi lain. Ada beragam fungsi dari generator listrik yang perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya:


Sumber Listrik Cadangan


Fungsi generator listrik sebagai sumber listrik cadangan, terutama ketika mengalami pemadaman. Tidak heran bila akhirnya banyak tempat publik seperti hotel, supermarket, restoran besar dan lain-lain menyediakan genset ini.


Bukan hanya bisa dipakai ketika pemadaman saja. Ketika Anda mengadakan sebuah acara yang membutuhkan daya lebih besar, genset dapat menjadi solusi. Apalagi mengingat kapasitas daya listrik setiap tempat mempunyai nilai maksimal.


Sedangkan pada momen tertentu ada peralatan elektronik yang perlu dioperasikan untuk menunjang acara. Pada situasi ini, fungsi generator listrik menjadi sumber daya tambahan.


Sumber Listrik Darurat


Fungsi selanjutnya sebagai sumber daya darurat, khususnya untuk layanan publik yang sangat vital, salah satunya adalah rumah sakit. Jadi, ketika mengalami gangguan voltase karena berbagai penyebab, peralatan medis tetap dapat dipakai.


Gangguan voltase bukan hanya berasal dari pemadaman secara tiba-tiba saja. Tapi juga ada bagian instalasi listrik yang mengalami kerusakan, sehingga perlu perbaikan supaya dapat digunakan kembali.


Proses perbaikan tidak selalu memerlukan waktu cepat. Apalagi jika kerusakannya kompleks. Hal inilah yang membuat daya dari sumber energi lain dibutuhkan, salah satunya melalui genset.


Terutama ketika situasinya sangat darurat dan akan membahayakan nyawa pasien jika tidak segera dilakukan penanganan. Dalam hal ini fungsi generator listrik akan membantu kebutuhan di saat kondisi genting.


Mencegah Peralatan Elektronik Mudah Rusak


Ada beberapa jenis peralatan elektronik rentan mengalami kerusakan ketika dayanya sering putus. Misalnya seperti lemari es dan cooler box. Pastikan peralatan elektronik rentan rusak yang Anda miliki tetap memiliki daya ketika terjadi gangguan voltase.


Anda bisa memilih genset dengan delay waktu rendah untuk memastikan hal ini. Terutama jika Anda memiliki bisnis yang membutuhkan peralatan elektonik berdaya listrik, tentu menjaganya supaya tidak mudah rusak sangat penting.


Fungsi generator listrik sebagai pencegah kerusakan ini tentu akan berpengaruh terhadap usia pakai. Semakin awet peralatan elektronik, membuat biaya pengeluaran Anda lebih hemat. Apalagi jika digunakan untuk kepentingan bisnis.


Dalam bisnis, pengeluaran sangat penting menjadi perhatian, sekecil apapun itu. Bukan hanya untuk pengeluaran biaya terhadap produk yang dijual saja, tapi juga peralatan penunjang lainnya.


Dipakai untuk Kepentingan Rekreasi


Selain fungsi yang sudah disebutkan, genset juga dipakai untuk kepentingan rekreasi. Pada saat rekreasi, seperti kemah atau camping, sumber daya listrik diperlukan. Sedangkan di tempat rekreasi tidak selalu ada sumber yang dapat dipakai.


Salah satu sumber dayanya dapat diperoleh dari genset jenis portabel untuk menyalakan benda elektronik. Mulai dari lampu, hingga isi ulang baterai perangkat yang memerlukan daya.


Banyaknya fungsi genset, membuat sebagian orang menjadikannya sebagai kebutuhan utama di situasi tertentu. Terlepas dari fungsi generator listrik, tujuan utama penggunaannya sebagai pemenuhan kebutuhan.