Inilah Prosedur Tepat Menghidupkan, Mematikan Generator Set


Inilah Prosedur Tepat Menghidupkan, Mematikan Generator Set

Menghidupkan dan mematikan generator set perlu dilakukan sesuai prosedur agar tetap berjalan baik dan aman. Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, genset dapat digunakan dalam rentang waktu sangat lama.


Salah menghidupkan atau mematikan genset dapat menimbulkan risiko lebih besar dibandingkan dengan sejumlah elektronik lainnya. Kematian dapat mengancam siapa saja yang tidak mengikuti prosedurnya.


Menghidupkan dan mematikan generator set sebetulnya dapat dilakukan dengan mudah. Namun beberapa di antaranya sering melupakan langkahnya sehingga gagal jalan. Kondisi ini mengakibatkan genset tidak dapat menyuplai listrik yang dibutuhkan oleh elektronik.


Meski pada umumnya tidak ada cara khusus untuk menghidupkan atau mematikan genset. Penting bagi Anda untuk mempelajari prosedurnya, terutama jika masih pemula. Dengan mengetahui prosedurnya, Anda tidak akan panik saat mengoperasikannya.


Prosedur Menghidupkan Mesin Generator Set


Untuk menghidupkan mesin ini terdapat beberapa prosedur yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa prosedur di antaranya:


Pastikan Arus Listrik Telah Mati


Hal pertama yang penting diperhatikan sebelum menghidupkan mesinnya ialah pastikan arus listrik pada saklar telah mati atau dalam keadaan off. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja saat menghidupkan genset.


Pastikan Air Radiator Sesuai Takaran


Memastikan air radiator sesuai takaran tidak kalah penting untuk Anda perhatikan karena terkadang habis atau berkurang sehingga perlu dilakukan penambahan. Jika tidak, akan mengganggu kinerja mesin generator set nantinya.


Cek Kondisi Bahan Bakar Genset


Selanjutnya cek kondisi bahan bakar di dalam genset baik itu bagi yang menggunakan bensin, solar dan sejenisnya. Pastikan juga jumlah bahan bakar di dalamnya sesuai dengan anjuran agar mesin dapat bekerja secara optimal dan baik.


Tekan Tombol Start atau Tarik Tuasnya


Setiap generator set sebetulnya memiliki cara berbeda. Ada yang menggunakan tombol start dan tuas untuk menghidupkan mesinnya. Agar tidak salah, silahkan cek kembali cara kerja genset sesuai dengan spesifikasi mesin yang dibeli.


Panaskan Genset Sebelum Digunakan


Biasanya sebelum digunakan dalam jangka panjang, panaskan genset terlebih dahulu selama 5 hingga 10 menit. Pemanasan diperlukan untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan mendapat kemudahan saat menggunakannya.


Prosedur Mematikan Generator yang Tepat


Tidak hanya menghidupkan, Anda juga perlu memahami bagaimana prosedur mematikan mesin ini yang tepat. Hal ini dilakukan agar kualitas mesin tetap terjaga, berikut di antaranya:


Menurunkan Breaker Genset


Sebelum mematikan mesin, Anda perlu menurunkan breaker terlebih dahulu. Setelah dipastikan turun, silakan kosongkan semua beban pada genset. Ini akan membantu mesin cepat dingin sehingga tidak mudah aus.


Sebelum Dimatikan, Tunggu 5 Menit Selepas Digunakan


Setelah digunakan generator set tentunya akan panas. Hindari mematikan mesin dalam keadaan panas karena akan cepat rusak. Maka dari itu tunggu mesin selama 5 menit sebelum dimatikan.


Pastikan Semua Aliran Listrik Telah Terputus


Memastikan semua aliran listrik telah terputus merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting. Jangan sampai melewatkan komponen yang masih tersambungan dengan aliran listrik pada mesin untuk menghindari kerusakan.


Matikan Mesin Sesuai dengan Petunjuk Penggunaan


Karena setiap spesifikasi genset memiliki perbedaan dalam hal menghidupkan maupun mematikan maka jangan lupa untuk mengecek kembali aturannya. Hal ini perlu dilakukan dengan tepat agar terjaga ketahanannya.


Untuk menghidupkan maupun mematikan genset membutuhkan serangkaian prosedur yang tepat untuk menghindari sejumlah risiko tidak diinginkan. Selain itu, prosedur yang tepat penting diketahui agar mesin generator set dapat tahan lama.