Inilah Tips Mudah Merawat Selang Air Agar Awet


Inilah Tips Mudah Merawat Selang Air Agar Awet

Untuk merawat selang air, ada beberapa tips mudahnya. Seperti diketahui, saat ini hampir semua orang di rumahnya memiliki benda ini, untuk menyalurkan air dari suatu tempat ke tempat lain.


Tetapi, tidak selalu selang yang dipakai itu bersih. Air yang terlihat bersih ternyata harus melewati selang yang sering ditumbuhi lumut dan kotoran, maka penting untuk rutin melakukan perawatan.


Terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan. Pada proses perawatan ini. Mulai dari cara menggulungnya, cara menyimpan dan juga cara membersihkannya harus benar, lakukan perawatan ini secara rutin.


Cara Menggulung dan Menyimpan Selang Air


Apabila telah selesai menggunakan, pasti Anda langsung menggulungnya. Namun dalam proses penggulungan ini, jangan sembarangan. Agar selang bisa tetap awet dan tidak mudah robek ataupun rusak.


Ketika proses penggulungan selang air, pastikan bahwa Anda menggulungnya dengan cara benar. Usahakan jangan sampai ada bagian yang terpelintir, agar tidak cepat rusak dan untuk mempermudah penggunaan selanjutnya.


Setelah selesai digulung, masuk ke proses penyimpanan. Perhatikan beberapa hal, salah satunya seperti tempat penyimpanan. Pastikan tempat untuk penyimpanannya memiliki suhu yang baik.


Tidak hanya suhu saja, namun Anda juga perlu memperhatikan penempatannya. Saat menyimpan, jangan menumpuknya dengan benda lain. Apalagi dengan benda berat, hal itu akan menyebabkannya mudah rusak.


Cara Membersihkan Selang Air dengan Benar


Tidak hanya cara menggulung dan penyimpanannya saja yang harus benar. Dalam merawat selang, jangan lupa juga untuk rutin membersihkan. Sebab seperti diketahui, benda ini tidak jauh dari lumut dan kotoran.


1. Keringkan di bawah sinar matahari

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mengeringkannya di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Tujuannya agar lumut dan kotoran menjadi luntur dan kering hingga berwarna cokelat.


Setelah itu, Anda bisa menginjak-nginjak selang air. Dengan begitu kotoran dan lumut akan terlepas semua dari permukaan bagian dalam. Kemudian, gulungkan sisi lainnya dan injak kembali seperti tadi.


2. Alirkan air ke selang

Setelah semua kotoran berhasil terlepas, berikutnya sambungkan ke keran air. Kemudian putar keran dengan kekuatan penuh agar mengeluarkan aliran air yang deras. Dengan begini tidak aka nada sisa kotoran.


3. Memakai batu krikil

Cara berikutnya, Anda bisa membersihkan selang air dengan krikil. Caranya mudah, hanya perlu mengambil beberapa batu kerikil dan menghancurkannya. Setelah itu, masukkan krikil yang telah hancur ke dalamnya.


Setelah batu krikil itu telah masuk ke dalam. Lalu berilah aliran air ke dalam guna mengeluarkan kotoran serta lumut yang tergeser dari krikil. Maka, aliran air tadi akan membawa kotoran keluar.


4. Menggunakan spons

Tidak hanya menggunakan batu krikil saja, Anda juga bisa membersihkan selang air dengan menggunakan potongan spons. Langkah pertama, potong spons seukuran dadu, lalu masukkan ke dalam selang.


Pastikan bahwa spons yang dimasukkan itu. Harus bisa memadati ruang di dalam selang. Kemudian masukkan sabun, setelah itu sambungkan dengan keran dan alirkan air yang deras untuk mendorong potongan spons.


5. Memakai batang bambu

Selain kedua benda tadi, Anda juga bisa menggunakan batang bambu untuk membersihkannya. Caranya juga cukup mudah, namun bambu yang akan digunakan harus diselimuti kain, agar selang tidak pecah saat dipukul.


Pukul dengan bambu yang telah diselimuti kain. Dengan begitu, semua kotoran akan rontok. Setelah seperti itu, sambungkan ke keran dan alirkan air yang deras. Agar semua kotoran di dalamnya keluar.


Jadi, kini jangan lupa untuk mulai melakukan perawatan terhadap selang Anda. Agar tidak mudah rusak dan penggunaannya bisa lebih awet lagi. Dengan cara mengikuti beberapa tips mudah merawat selang air.