top of page

Inilah yang Dimaksud dengan Waterpass Magnet yang Wajib Untuk Diketahui



Pengukuran merupakan faktor penting dalam membuat suatu konstruksi buatan, yang mana itu tentunya akan mengandalkan beberapa alat ukur, seperti salah satunya yang jelas adalah waterpass. Apa itu waterpass? Waterpass adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata, baik itu pada pengukuran secara vertikal maupun dengan secara horizontal.


Nah kenyataannya, waterpass itu memiliki beberapa jenis, yang mana tiap jenis pastinya memiliki kegunaan atau keunggulannya sendiri masing-masing. Salah satu jenis waterpass yang juga memiliki keunggulannya sendiri, yaitu waterpass magnet. Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan bantu Anda dalam mengenal waterpass magnet. Oleh karena itu, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah yang Dimaksud dengan Waterpass Magnet

Pada dasarnya waterpass merupakan alat ukur, yang mana itu sangat berfungsi untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata, baik itu pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Nah, itupun dengan proses pengukuran yang biasa ada pada dunia konstruksi, sehingga dengan begitu maka biasa banyak yang menggunakan istilah seperti levelling atau waterpassing. Kemudian, waterpass magnet sebenarnya sama dengan fungsi pada waterpass pada umumnya, yang membedakan hanyalah pada magnet yang terdapat pada waterpass tersebut.


Nah magnet yang berada pada waterpass, biasanya itu berada pada ujung pinggir dari waterpass tersebut, alias bagian panjang dari waterpass itu sendiri. Jadi dengan demikian, maka sebenarnya tidak ada perbedaan yang begitu mencolok dari waterpass magnet dengan waterpass biasa, tetapi perbedaannya bisa terasa dari dalam waterpass itu sendiri, alias bukan dari fisiknya. Perbedaannya hanya pada magnet yang berada dalam waterpass, selebihnya dari itu semua dirasa sama dan bahkan sulit membedakannya.


Fungsi dan Kegunaan Waterpass Magnet

Waterpass magnet memang adalah waterpass, yaitu alat pengukuran yang dapat digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata, baik itu pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Nah kebanyakan waterpass magnet akan memiliki ciri fisik yang sama dengan waterpass biasa, yaitu panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan, dimana alat ini terdapat dua buah alat pengecek kedataran, baik untuk vertikal maupun horizontal yang terbuat dari kaca dimana didalamnya terdapat gelembung cairan. Kemudian pada posisi pinggir alat terdapat garisan pembagi yang dapat dipergunakan sebagai alat ukur panjang.


Perbedaannya jelas ada pada magnet yang berada di dalam waterpass, sehingga dengan begitu jelas pasti ada kelebihan atau keunggulan dari waterpass ini dibandingkan dengan yang lainnya. Nah karena mempunyai sistem magnet, maka waterpass magnet dapat digunakan secara vertikal bahkan melayang atau tidak bertumpu pada pijakannya. Hal itu dapat memungkinkan, dikarenakan waterpass magnet memiliki magnet yang dapat membuat waterpass menempel pada bagian besi, sehingga dengan begitu lebih efisien dan praktis dibandingkan dengan waterpass non magnet.


Jadi itulah dari kami mengenai segalanya yang perlu Anda semua ketahui mengenai waterpass magnet, baik itu pengenalannya maupun fungsi serta kegunaannya. Kiranya artikel bermanfaat ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda semua ingin memiliki alat ukur atau alat perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya Anda semua bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page