top of page

Inovasi Terbaru dalam Teknologi Lampu LED: Apa Saja yang Perlu Anda Ketahui



Bicara teknologi saat ini, tentunya banyak sekali yang memang perlu dibahas, itu memang wajar mengingat teknologi kian berkembang menjadi lebih praktis, modern, serta efisien untuk digunakan. Faktanya, tidak selalu teknologi berkaitan dengan komputer, melainkan ada juga sistem teknologi yang kini ada di beberapa alat benda mati, contoh salah satunya adalah lampu LED yang ternyata kini memiliki banyak teknologi khusus di dalamnya.


Lampu LED terus dikembangkan menjadi salah satu lampu yang memang terbaik untuk diandalkan saat ini, baik untuk lampu ruangan, lampu utama, lampu kendaraan, bahkan lampu pada beberapa alat atau benda tertentu. Nah di artikel ini kami akan coba jelaskan kepada Anda mengenai inovasi terbaru dalam teknologi di lampu LED. Maka dari itu, Anda yang ingin tahu maka simak saja artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Inovasi Terbaru dalam Teknologi Lampu LED

LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diodes, yaitu jenis lampu yang menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya. Selain itu, perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan juga digunakan sehingga cahayanya sangat terang dan bisa tahan lama. Nah lampu yang memiliki variasi warna ini, nyatanya telah beberapa kali mendapatkan inovasi terbaru dalam teknologi di lampu tersebut, dimana itu bisa Anda ketahui di bawah ini.


Menjadi Lampu yang Tidak Beracun dan Tahan Lama

Pada umumnya, lampu sudah dianggap sebagai sumber panas ketimbang cahaya, tetapi itu berubah dari datangnya lampu LED. Alasannya, itu karena lampu LED tidak mengeluarkan cahaya inframerah atau ultraungu, begitu juga dengan panjang gelombang yang tidak kentara oleh mata manusia. Pada prakteknya, lampu LED putih 10 watt sama terangnya dengan lampu pijar 60 watt, yang mana itu bahkan lebih efisien daripada lampu neon 12 watt yang kini tersedia di pasaran.


Nah kemudian, lampu LED juga tidak mengandung merkuri yang beracun, sehingga ditambah dengan voltasenya rendah, maka sudah jelas bahwa lampu LED cocok digunakan bersama sumber energi terbarunya, seperti tenaga surya atau angin atau bahkan baterai mobil yang kecil. Jadi secara tidak langsung maka itu menjadi kabar baik bagi mereka yang tidak memiliki akses ke jaringan - di negara berkembang dan dimana pun.


Lampu yang Dapat Diatur Spektrumnya Sesuai Kebutuhan

Lampu LED putih yang bernuansa hangat sudah berkembang jauh sejak penemuan tersebut. Tidak hanya itu, lampu LED pu memiliki teknologi yang sudah dikembangkan sebelumnya, yaitu teknologi lampu yang dapat dikontrol secara digital serta dapat diatur spektrumnya sesuai kebutuhan biologis manusia. Dampaknya, saat melihat spektrum yang lebih biru, contohnya, otak manusia nantinya akan memproduksi lebih banyak serotonin yang membangunkan manusia.


Namun perlu dicatat, terlalu banyak cahaya biru dapat mengakibatkan masalah tidur, sehingga lampu bernuansa hangat akan lebih menenangkan dan sehat sebelum tidur. Dengan bantuan lampu yang warna cahayanya terkontrol, maka itu jelas dapat mengatur pencahayaan sesuai bioritme dari seseorang. Nah hal ini juga dapat berlaku bagi tampilan layar datar, termasuk yang ada di komputer.


Memiliki Teknologi Moving Sensor

Berikutnya ada teknolog moving sensor pada lampu LED, tepatnya pada smart lamp yang memang dibekali dengan sistem tersebut. Jadi dengan adanya moving sensor, maka lampu LED bisa hemat energi karena energi yang dikeluarkan akan disesuaikan dengan keadaan ruangan yang berada sama pada lampu tersebut. Maksudnya, jika ada orang yang dekat dari jarak tertentu, maka lampu LED yang mati akan menyala, dan begitu juga sebaliknya.


Jadi itulah inovasi terbaru dalam teknologi lampu LED, kiranya Anda mengerti dan jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page