top of page

Instalasi Pompa Celup: Panduan Langkah demi Langkah untuk Pemasangan yang Sukses



Pompa air yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan pompa air lain seperti jet pump, tentunya itu jelas adalah pompa celup. Pompa celup atau yang bisa dikenal dengan nama submersible pump, adalah jenis pompa yang dapat mendorong sumber air ke permukaan berkat adanya perangkat Impeller yang memutar di dalam casing, dimana putaran tersebut dihasilkan oleh motor listrik yang berada di dalam mesin pompa celup tersebut.


Nah karena memiliki banyak kegunaan, manfaat, bahkan keuntungan dibanding pompa air biasanya, maka banyak orang kini beralih ke pompa celup. Namun sayang meski banyak hal baik dan menguntungkan dari pompa celup, tapi pemasangan yang salah malah akan membuat operasional pompa celup menjadi ngaco dan berdampak pada beberapa masalah. Maka dari itu, Anda tentunya perlu tahu instalasi pompa celup dari panduan kami di bawah ini!


Panduan Langkah demi Langkah untuk Pemasangan Instalasi Pompa Celup yang Benar


1. Mempersiapkan Persiapan

Selain mempersiapkan pompa celup Anda, tentunya Anda juga memerlukan beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Nah bahan tersebut antara lain adalah: sok drat dalam ukuran 1 inci, sok drat luar ukuran 1 inci, pipa 1 inci, lem pipa, seal tape, elbow (jika pemasangannya mau diletakkan secara horizontal di sungai atau parit), tali tambag atau kawat sling anti karat. Perlu Anda ketahui atau garis bawahi, bahwa jumlah sok drat, pipa, lem, dan panjangnya tali bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.


2. Proses Pemasangannya

  1. Anda ambil satu buah sok drat luar, kemudian lapisi bagian drat-nya dengan menggunakan seal tape secukupnya.

  2. Kemudian pasang drat luar tersebut di bagian outlet pompa.

  3. Apabila drat sudah terpasang, maka selanjutnya pasang tali tambang pada bagian lubang yang tersedia di sebelah kiri dan kanan.

  4. Untuk memudahkan proses menurunkan atau menaikkan pompa, maka Anda bisa siapkan tali tambang sepanjang 2x dalamnya sumur atau sumber airnya. Jika sumber air memiliki kedalaman 10 meter, maka Anda bisa menyiapkan tali tambang berukuran 20 m atau lebih.

  5. Nah tali tambang tidak perlu diikat karena bisa langsung dikaitkan pada 2 buah lubang yang disediakan di bagian atas pompa.

  6. Selanjutnya Anda persiapkan pipa ukuran 1 inci + sok drat luar + sok drat dalam, serta lem pipa.

  7. Lalu berikutnya Anda lem bagian luar ujung pipa dan bagian dalam sok drat luar yang sudah terpasang.

  8. Selanjutnya masukkan ujung pipa yang sudah di lem ke dalam sok drat yang sudah terpasang di mesin. Pasang dengan gerakan memutar agar lem merata dan pipa bisa masuk sedalam mungkin, tujuannya adalah agar tidak adanya kebocoran.

  9. Langsung ikat tali tambang dan kabel pada pipa output agar rapi dengan menggunakan cable ties. Anda bisa terapkan hal yang sama pada jarak setiap 1 meter.

  10. Anda kemudian bisa turunkan mesin pompa celup secara perlahan ke dalam sumber air.

  11. Setelah sampai di bagian ujung pipa, lem bagian luarnya dan bagian dalam sok-drat-dalam. Kemudian langsung masukkan sok drat ke dalam pipa.

  12. Untuk menambah pipa, Anda bisa ulangi mulai dari langkah nomor 7 s/d 10, yakni sambil memasukkan pompa sedikit demi sedikit ke dalam sumber air dengan bantuan tali tambang.

  13. Setelah pompa terendam di air, maka ikat tali tambang pada balok untuk menahan pompa.

  14. Jika sudah, lanjutkan proses pemasangan pompa celup dengan melakukan setting pada kelistrikan (control box).


3. Setting Kelistrikan Pompa Celup

Panduan berikutnya Anda bisa menghubungkan setiap kabel pada pompa celup, seperti kabel dari mesin pompa yang bisa dimasukkan ke dalam lubang yang ada di atas control box. Buka control box kemudian pasangkan masing-masing kabel sesuai dengan warna kabel yang ada di dalam control box, yang mana cara ini umumnya ada di buku panduan. Apabila semua kabel sudah terpasang, maka Anda bisa menghubungkan control box tersebut ke aliran listrik dengan menggunakan colokan yang ada.


Jadi itulah instalasi pompa celup yang bisa Anda ikuti atau contoh. Sekian dari kami semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Nah untuk pompa celup yang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi yang bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page