top of page

Pentingnya Mengetahui Intensitas Lampu LED untuk Ruangan yang Nyaman



Lampu akan menghasilkan cahaya, yang dimana intensitas cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd). Dalam bidang optika dan fotometri (fotografi), kemampuan mata manusia hanya sensitif dan dapat melihat cahaya dengan panjang gelombang tertentu yang diukur dalam besaran pokok ini.


Tentu sebelum membeli lampu sebagai penerangan, Anda harus tahu spesifikasi lampu yang dipilih. Rekomendasi lampu terbaik untuk ruangan jelas adalah lampu LED karena dia hemat energi, ramah lingkungan, serta awet dan tahan lama. Anda juga harus mengetahui intensitas lampu LED bila Anda ingin mengandalkan lampu tersebut untuk ruangan yang nyaman. Hal ini penting karena jika tidak demikian maka kenyamanan ruangan pun akan menjadi salah.

Inilah Alasan Mengapa Penting untuk Mengetahui Intensitas Lampu LED untuk Ruangan

Semua lampu memang bisa memberikan penerangan bagi kita, tapi tahukah Anda bahwa tidak semua lampu itu memiliki kualitas cahaya yang sama, karena semua lampu memiliki intensitas cahayanya tersendiri yang memang beragam adanya. Seperti halnya dengan lampu jenis LED, lampu tersebut walaupun banyak keunggulan, tapi lampu tersebut juga terbatas dalam memberikan intensitas cahayanya tergantung bagaimana jenisnya.


Nah bagaimana mengetahui intensitas lampu LED? Sebenarnya ini mudah untuk Anda ketahui, Anda bisa mengetahui keterangan produk lampu LED di kemasan lampu tersebut. Untuk memahami artiannya yang secara tidak langsung bisa menjelaskan intensitas lampu LED, Anda harus tahu dulu berapa watt yang dibutuhkan lampu LED tersebut. Semakin besar watt lampu yang dibutuhkan, maka semakin besar juga cahaya lampu yang akan menyala dari lampu LED tersebut.


Anda bisa bandingkan lampu LED dengan lampu LED yang sejenis, karena berbeda jenis seperti pijar dan LED pastinya memiliki intensitas yang berbeda. Selain watt, Lumen juga merupakan satuan pengukuran standar untuk jumlah cahaya yang dapat dihasilkan oleh sebuah sumber cahaya. Lebih jelasnya, Lumen dapat menunjukkan tingkat kecerahan pada sebuah sumber cahaya, yakni lampu LED. Jadi semakin tinggi nilai Lumen sebuah LED maka akan semakin terang cahaya yang dihasilkan lampu tersebut.

Inilah Intensitas Lampu LED yang Cocok untuk Ruangan yang Nyaman

Jika Anda ingin menjadikan ruangan Anda sebagai ruangan nyaman, maka perhatikan segala isi serta lainnya dalam ruangan tersebut yang memang harus nyaman adanya. Ini juga termasuk lampu, dimana lampu LED yang nyaman untuk ruangan adalah lampu LED yang tidak terlalu terang bagi ruangan tersebut. Akan tetapi meski tidak terang, bukan berarti lampu LED tersebut tidak dengan jelas memberikan cahaya.


Jadi pemilihannya yang sempurna untuk intensitas lampu LED bagi ruangan nyaman adalah dengan lampu LED yang memiliki besaran watt kecil serta Lumen yang dihasilkan juga kecil. Hal ini karena semakin besar watt lampu LED yang digunakan maka Lumen yang dihasilkan pun juga akan semakin tinggi juga alias menjadi lebih terang atau cerah.


Namun semua itu balik lagi kepada Anda, yakni apakah definisi nyaman untuk Anda. Ini adalah apakah ruangan tersebut memiliki intensitas cahaya LED yang begitu terang atau berwarna, atau mungkin ruangan yang memiliki intensitas cahaya LED seadanya alias tidak begitu terang atau silau di mata. Oleh karena itu, tentukan bagaimana lampu LED yang Anda inginkan untuk membuat Anda nyaman, hal ini penting karena lampu LED memiliki spesifikasi yang berbeda juga jenis yang berbeda.


Sekian artikel dari kami mengenai pentingnya mengetahui intensitas lampu LED yang tepat untuk ruangan yang nyaman. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page