Jangan Salah Pilih! Ini Tipe Selang Air Beserta Fungsinya


Jangan Salah Pilih! Ini Tipe Selang Air Beserta Fungsinya

Selang air umum digunakan untuk orang yang sering berkebun. Fungsinya untuk menyiram tanaman di perkebunan atau berguna memindahkan air ke dalam wadah penampungan.


Tidak hanya digunakan dalam kebun, namun setiap hunian pasti membutuhkan penyalur air yang bisa disalurkan dari sumber air ke penjuru rumah. Baik untuk kamar mandi, bahkan untuk halaman rumah.


Umumnya sebelum membeli penyalur air Anda harus mengetahui tipe dan juga ukuran sesuai kebutuhan. Agar tidak salah pilih pahamilah juga apa saja fungsi dari masing-masing tipe tersebut.


Tipe Selang Air Beserta Fungsinya


Jangan sampai salah pilih Anda bisa sesuaikan dengan tipe serta fungsinya sebelum memutuskan untuk membeli. Simak uraian dari beberapa jenis dan fungsinya di bawah ini.


Tipe untuk Air Panas


Jika Anda membutuhkan penyalur tahan terhadap air panas maka pilihlah bahan dengan kekuatan tahan terhadapnya. Jenis ini biasa dibutuhkan untuk Anda yang ingin menyalurkan air dari pemanas.


Carilah bahan saluran terbuat dari cross linked polyethylene (PEX). Bahan ini memiliki daya elastis tinggi, serta tahan terhadap tekanan tinggi dari suhu air panas.


Kemampuan bertahannya kuat menahan suhu air hingga 200 derajat celcius. Selain itu selang jenis ini diklaim anti karat yang artinya awet meski digunakan untuk beberapa lama.


Umumnya tipe ini dijual dengan warna merah atau pun oranye di pasaran. Ukuran yang tersedia untuk penyalur ini hanya berdiameter setengah inci saja.


Tipe Transparan


Selanjutnya adalah penyalur tipe transparan. Sesuai namanya saluran ini berwarna transparan sehingga Anda bisa melihat aliran air di dalamnya.


Material bahan tipe selang transparan adalah PVC. Bahan ini memiliki sifat cukup elastis, sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran diameter kerannya.


Jenis ini biasanya dijual umum dengan harga permeter dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin menyimpannya pun cukup mudah Anda tinggal menggulungnya saja.


Ukuran yang tersedia sangat beragam. Anda bisa membeli mulai dari diameter 3 mm hingga yang berukuran 5/16 inci, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran keran Anda.


Tipe Plastik Berwarna


Berikutnya adalah selang plastik berwarna, hampir sama dengan tipe transparan. Pembedanya adalah bahan pewarna dengan kandungan karet ditambah dengan bahan PVC.


Tipe ini memiliki keunggulan lebih elastis serta lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis transparan. Biasanya jenis ini digunakan untuk pengairan bahkan pembungkus kabel.


Ukuran diameter yang tersedia mulai dari 5/8 hingga 1 inci. Namun penyalur ini memiliki variasi ketebalan serta sifat elastisitas yang berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Tipe Spiral


Jenis selang air terakhir adalah tipe spiral yang umumnya hanya digunakan untuk pembuangan air tekanan tinggi. Anda biasa menemukannya di pembuangan air pada mesin cuci.


Jenis ini terbuat dari bahan PVC dengan bahan keras atau pun bahan lunak, serta memiliki warna semi transparan. Meski dari luar terbentuk spiral, pada bagian dalamnya berbentuk mulus untuk melancarkan keluarnya air.


Pembuangan air jenis spiral ini biasa di jual dipasaran dengan ukuran mulai dari 1 hingga 8 inci. Sangat memudahkan Anda dalam memilih dan menyesuaikan dengan kegunaan serta kebutuhan.


Bagi Anda yang bingung mencari berbagai tipe penyalur air yang lengkap dan berkualitas tidak perlu khawatir. Pilih yang memiliki semua tipe dan ukuran selang air berkualitas sesuai kebutuhan Anda.