Jenis Crane Electric Chain Hoist Sesuai Kapasitas


Jenis Crane Electric Chain Hoist Sesuai Kapasitas

Electric Chain Hoist merupakan salah satu alat berat, fungsinya sebagai sarana penunjang aktivitas manusia. Utamanya dapat memindahkan muatan berat yang tidak mungkin diangkat, bahkan oleh orang banyak.


Selain itu, alat berat ini dominannya berada pada suatu proyek yang berhubungan dengan konstruksi atau bidang logistik, kelautan, minyak dan gas, hingga pergudangan dan perbengkelan.


Alat berat ini sendiri memiliki sekiranya dua jenis berbeda yang dapat Anda pilih sesuai kapasitas jika ingin menyewa atau membelinya.


Pengertian dan Kelebihan Electric Chain Hoist


Sebelum memasuki bagian jenis, perlu tahu dahulu pengertian juga kelebihan bila menggunakan alat berat ini. Untuk rincinya, alat ini adalah mesin pengangkat dan penurun muatan besar dengan bantuan rantai.


Struktur dari electric chain hoist ini memiliki dua roda yang dililitkan oleh rantai. Sudah dilengkapi dengan tombol otomatis pengatur seberapa tinggi naik dan rendah ketika diturunkan sesuai ketentuan.


Saat beroperasi maka rantai akan berputar, dan langsung mengangkat muatan berat yang telah dikaitkan pada kail. Untuk aktivitas lebih ringan, kailnya akan dipasangkan dengan bags atau lifting sling.


Alat berat ini juga sangat mampu digunakan sebagai sarana bongkar muat barang kerja serta peralatan perbaikan. Kelebihan electric chain hoist juga cukup banyak.


Pertama, strukturnya lebih stabil serta mesin penggeraknya memungkinkan pengguna terjamin dari segi keamanan dan keselamatan. Sehingga dapat menurunkan risiko kecelakaan kerja.


Meski begitu, tetap harus dipastikan kembali kesiapan alat sebelum digunakan, walau segala instalasinya terbilang mudah. Kedua, desain dasar sangat ramah dan nyaman.


Fitur Shell yang dimiliki dapat membuang panas tinggi secara stabil sehingga pengoperasiannya rata-rata jauh dari kata kondisi buruk. Ketiga, alatnya bersifat fleksibel dan dapat dipindahkan ke titik sesuai kapan saja.


Keempat, electric chain hoist cocok digunakan bersamaan dengan berbagai peralatan lifting. Serta memiliki chain containers yang berfungsi sebagai kotak antisipasi bila terjadi kelebihan kendur pada rantai.


Kelima, pentingnya limit switches yang dapat dijadikan pengendali jalur kait minimum dan maksimum. Perannya melindungi hoist saat mengangkat beban.


Dua Jenis Crane Electric Chain Hoist Sesuai Kapasitas


Pentingnya memahami masing-masing jenis chain hoist dapat menguntungkan Anda jika ingin menyewa atau membeli alat berat ini sebagai penunjang proyek besar. Mengantisipasi kerugian finansial atau mempertahankan efektifnya.


Ada dua jenis, pertama untuk kapasitas kecil, dan kedua digunakan sebagai pengangkat muatan berkapasitas besar. Berikut penjelasannya :


Chains Hoist Berkapasitas Kecil

  • Portable Gantry Crane, adalah jenis alat pengangkut dan pemindah yang bersifat fleksibel serta ekonomis. Anda dapat menggunakannya sebagai peralatan pada garasi, stasiun kerja dan sebagainya. Pengoperasiannya juga sangat mudah.

Chains Hoist Berkapasitas Besar

  • Gantry Crane, adalah jenis electric chain hoist pengangkut pertama dalam kapasitas besar. Rangkaian strukturnya dibentuk oleh kerekan yang memiliki support legs beroda. Pengoperasian alat ini umumnya di luar ruangan.

  • Semi Gantry Crane, hampir sama dengan jenis pertama, bedanya hanya pada support leg pada alat ini hanya satu. Lalu, dapat digunakan di dua keperluan, yaitu indoor dan outdoor.

  • Overhead Crane, penggunaannya harus berada di dalam ruangan atau area yang memiliki langit-langit, karena pemasangannya membutuhkan permukaan untuk menempel. Sehingga alat ini jarang atau tidak akan dipindahkan.

  • Electic Overhead Travelling (EOT) Crane, alat ini sangat mendominasi pengangkatan muatan dengan beban dari 20 hingga 500 ton. Pengoperasiannya juga bisa secara indoor atau outdoor.

  • Jib Crane, memiliki tiang yang berfungsi sebagai penopang atau pusatnya. Jin sendiri dapat berputar 180 hingga 360 derajat.

Setiap industri yang banyak memindahkan muatan besar pastinya membutuhkan alat tambahan sebagai penunjangnya. Mengetahui dua jenis crane electric chain hoist sesuai kapasitas dapat memperlancar proses pembangunan atau aktivitas yang berlangsung.