Yuk Simak Beragam Jenis dan Fungsi Pompa Dosing Untuk Industri



Sudah banyak industri atau usaha yang bergerak di bidang bahan-bahan mengandung kimia, yang mana tentunya dalam proses produksinya haruslah menggunakan alat yang mendukung, seperti pompa misalnya. Nah pompa untuk bahan kimia sendiri juga harus bukan pompa biasa pada umumnya, itu karena pompa yang memang dikhususkan untuk bahan kimia adalah pompa dosing.


Jika anda memang berniat ingin memiliki pompa dosing untuk keperluan fluida limbah atau kimia atau sebagainya, maka tentunya anda perlu ketahui dulu beberapa jenis pompa dosing yang ada saat ini. Oleh karena itu untuk mengetahui jenis pompa dosing dan bahkan fungsi kegunaannya, maka anda bisa untuk simak artikel kami pada kesempatan kali ini dengan selengkapnya!

Inilah Berbagai Jenis dan Juga Fungsi Pompa Dosing yang Cocok Untuk Industri

Pompa Dosing - Diaphragm Type Constant Injection

Pompa dosing jenis ini adalah pompa dosing yang menggunakan ruangan pompa yang diisi dan dikosongkan oleh piston, itu termasuk diafragma-nya serta katup pada bagian inlet dan outletnya. Pada jenis pompa ini, piston akan bergerak untuk mengisi ruangan pompa, sementara cairan kimia dengan volume tertentu akan disuntikkan ke bahan pelarut pada kecepatan tertentu. Nah pompa dosing tipe ini juga bisa menyuntikkan bahan kimia secara terus menerus dengan presisi dan dosis yang akurat, dimana itu dengan volume cairan per jamnya antara 6 hingga 250 liter.

Pompa Dosing - Diaphragm Type Pulse Injection

Diaphragm type pulse injection adalah pompa dosing yang jenisnya kurang lebih hampir sama dengan tipe constant injection. Namun meski hampir sama tetapi mereka memilih perbedaan, yaitu pada cairan kimia yang disemprotkan diatur dengan frekuensi tertentu, dimana itu memiliki jarak waktu antara satu semprotan dengan semprotan berikutnya. Perlu anda ketahui, untuk jenis ini, proses semprotnya dilakukan secara kontinyu dengan tempo yang teratur. Kelebihan baik jenis pompa dosing ini, yaitu harganya lebih murah tetapi kurang cocok jika digunakan untuk kebutuhan industri.

Lobe Type Pumps

Nah untuk tipe pompa dosing ini sebenarnya tidak begitu umum digunakan, itu karena tingkat akurasinya yang kurang tepat, yang mana juga cenderung lebih sulit untuk mengatur takaran volume cairan yang disemprotkan dan menjadi lebih rendah dari settingan awal.

Peristaltic Pumps

Untuk pompa dosing ini, jelas jika dibandingkan dengan jenis pompa dosing lainnya, maka peristaltic pumps memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki dosing jenis lain. Pompa dosing ini memiliki tingkat akurasi yang paling tinggi, ditambah dengan mekanisme cara kerjanya yang melibatkan tabung berbentuk U yang membuat cairan kimia yang disemprotkan menjadi lebih tepat takarannya. Nah hal itu karena tingkat akurasinya yang tinggi membuat pompa dosing ini banyak digunakan untuk keperluan industri kesehatan, selain karena mudah untuk disterilisasi pompanya juga mudah untuk diganti jika ada kerusakan.


Itulah beragam jenis dan fungsi pompa dosing yang perlu anda ketahui semuanya, dimana jelas akan sangat bermanfaat untuk anda. Nah selain pompa dosing, ternyata ada juga pompa terbaik di kelasnya, yaitu pompa celup merk Tsurumi yang dikenal sebagai pompa celup terbaik dan berkualitas. Bagi anda yang memang ingin memiliki pompa celup Tsurumi, maka anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, dimana pastinya sangat bermanfaat untuk anda terutama bisa membuat anda semakin mengenal pompa dosing dan juga jenis serta fungsinya. Untuk membuat artikel ini semakin bermanfaat, maka anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya juga, baik menggunakan media sosial ataupun media lainnya.