Inilah Beberapa Jenis-Jenis Banjir yang Wajib Anda Ketahui



Tentunya sebagian besar masyarakat Indonesia terutama yang berada di wilayah Jakarta, pastinya mereka akan menjawab bahwa banjir adalah bencana yang paling sering terjadi di lingkungannya. Hal tersebut tentunya benar, itu karena banjir merupakan salah satu masalah yang sangat sulit untuk dikontrol, terutama di lingkungan yang sangat padat penduduk dan juga bangunannya.


Banjir adalah masalah yang sering ada, dikarenakan banyaknya faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Namun apakah banjir hanya sebatas air menggenang saja? Tentunya bukan, karena banjir memiliki banyak jenis, yang mana jenis-jenis banjir wajib anda ketahui. Untuk mengetahui jenis-jenis banjir, maka anda hanya perlu menyimak artikel ini selengkapnya, jadi langsung saja simak yang ada di bawah ini sekarang juga!

Inilah Beberapa Jenis Banjir yang Wajib Anda Ketahui Semuanya

Banjir Bandang

Banjir bandang atau bisa disebut sebagai flash flood, adalah banjir yang terjadi karena hujan deras yang datang secara tiba-tiba, dan biasanya hujan yang bisa menyebabkan banjir bandang akan berlangsung setidaknya selama 6 jam tanpa henti. Banjir bandang sendiri adalah salah satu jenis banjir yang bisa menerjang dalam waktu beberapa menit akibat curah hujan yang berlebihan, dimana memiliki ciri khas dengan derasnya arus yang merobek dasar saluran air, sehingga menghasilkan genangan air yang mampu menyapu semua yang dilewati oleh air dari banjir tersebut.

Banjir Gelombang Badai

Banjir juga ada yang berupa gelombang badai, atau bisa disebut sebagai storm surge. Banjir ini disebabkan oleh kekuatan yang bisa menyebabkan permukaan air menjadi tidak normal, dan biasanya terjadi di daerah pantai, di atas dan di atas gelombang astronomis biasa. Gelombang badai atau banjir ini tentunya patut diwaspadai, itu karena dampak dari banjir ini dapat membanjiri daerah pantai yang luas, dan tentu bisa memakan korban jiwa.

Banjir Pantai

Sama seperti banjir gelombang badai, banjir pantai juga jelas biasa terjadi di pantai. Banjir pantai atau bisa disebut sebagai coastal flood, merupakan salah satu jenis banjir yang mana sering juga dikenal sebagai banjir rob. Banjir ini adalah banjir yang bisa terjadi karena air laut naik dan lebih tinggi dari rata-rata, dan biasanya akan semakin diperburuk dengan curah hujan yang tinggi serta angin yang bertiup dari laut menuju darat.

Banjir Sungai

Tentunya banjir ini akan melibatkan sungai, dimana banjir sungai atau river flood merupakan jenis banjir yang terjadi akibat permukaan air sungai yang meluber hingga ke tepian sungai. Banjir jenis ini jelas paling umum dan sering ditemukan, dan biasanya banjir ini terjadi karena debit air yang tinggi dikarenakan intensitas hujan yang deras dan berlangsung cukup lama.

Banjir Daratan

Satu lagi banjir yang sering terjadi dan bahkan langganan ada di Indonesia, yaitu banjir daratan atau inland flooding. Banjir daratan merupakan banjir yang terjadi di permukaan daratan, dan biasanya jauh dari genangan air. Dan banjir ini bisa terjadi karena curah hujan moderat yang terakumulasi selama beberapa hari, sehingga dengan begitu akan menyebabkan sungai meluap.


Itulah beberapa jenis banjir yang perlu anda ketahui semuanya. Nah apapun banjir yang sedang anda hadapi, pastikan anda bantu atasi dengan cara menyedot air banjir tersebut dengan mengandalkan pompa celup. Dan untuk pompa celup, kami rekomendasikan yang terbaik dan terpercaya untuk masalah banjir, yaitu pompa celup Tsurumi tipe HS. Untuk detail serta keterangan lebih lanjut mengenai produk tersebut, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Jadi itulah artikel yang membahas segala jenis banjir, dimana semua pembahasan diatas sangat bermanfaat dan pastinya berguna untuk anda, dan bahkan yang lainnya apabila anda share artikel ini kepada yang lainnya. Pastikan anda miliki pompa celup seperti pompa celup Tsurumi tipe HS, karena itu bisa bantu anda dalam mengatasi banjir dikarenakan fungsinya yang bisa menyedot air banjir.