top of page

Jenis-Jenis Crane Industri: Mengenal Alat Penunjang Industri yang Krusial



Pesawat pengangkat dan pemindah material merupakan suatu alat yang biasa disebut sebagai crane atau derek. Umumnya crane dapat digunakan untuk memindahkan suatu barang dalam jumlah yang banyak dan juga berat. Ciri khusus dari alat satu ini yaitu memiliki bentuk yang panjang dengan kemampuan mengangkat yang sangat kuat. Kemudian cara kerja alat ini pun mampu berputar sampai 360 derajat dengan jangkauan hingga puluhan meter.


Sering sekali digunakan dalam pekerjaan proyek, perbengkelan, industri, pelabuhan, pergudangan dan masih banyak lainnya, membuat crane menjadi alat yang dibutuhkan hingga menciptakan banyak jenisnya. Ada banyak jenis-jenis crane industri yang berbeda, yang mana tiap jenis crane industri memiliki kegunaan serta manfaatnya tersendiri. Untuk mengenal jenis-jenis crane yang ada di industri, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Jenis-Jenis Crane Industri yang Dapat Menunjang Kegiatan di Industri


Untuk menunjang pekerjaan industri, maka tentunya dibutuhkan banyak peralatan kerja serta beberapa alat bantu untuk menunjang pekerjaan. Salah satu alat yang dibutuhkan jelas adalah crane, dikarenakan crane adalah alat angkat yang bisa mengangkat benda berat serta banyak dalam waktu yang singkat. Jadi dengan kegunaannya tersebut, maka crane memang berperan penting di suatu industri. Untuk crane yang memang terbaik di industri, crane-crane tersebut adalah sebagai berikut:


Hydraulic Crane

Memang pada dasarnya semua jenis crane menggunakan sistem hidraulik (minyak) dan pheneumatik (udara) untuk dapat bekerja. Namun meski begitu, secara khusus hidrolik crane adalah crane yang biasa digunakan pada perbengkelan dan pergudangan hingga pada suatu industri. Hal itu dikarenakan crane tersebut memiliki struktur sederhana yang biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat.


Hoist Crane

Merupakan pesawat pengangkat yang memang sudah menjadi crane biasa yang ada pada pergudangan, perbengkelan, hingga suatu industri. Alasannya karena Hoist Crane merupakan crane yang dapat ditempatkan pada langit-langit. Itu bisa dilakukan crane tersebut karena memang crane tersebut bisa berjalan diatas rel khusus yang yang dipasangi pada langit-langit tersebut. Faktanya, rel-rel tadi juga dapat bergerak secara maju-mundur pada satu arah.


Jib Crane

Jib crane adalah pesawat pengangkut yang terdiri dari berbagai ukuran. Nah jib crane sendiri adalah jenis crane yang biasanya juga dapat digunakan pada sektor perbengkelan, pergudangan, dan juga suatu industri. Crane ini memang terkenal ampuh berguna untuk memindahkan barang-barang yang relatif berat. Pada dasarnya, jib crane memiliki sistem kerja dan mesin yang mirip seperti Hoist Crane, begitu juga dengan struktur yang mirip Hidrolik Crane.


Lift Barang atau Cargo Lift

Meski bukan crane, tapi alat ini memiliki sistem kerja yang seperti crane dan juga alat yang memang dapat digunakan di industri untuk menunjang pekerjaan para pekerja. Alat ini merupakan salah satu alat angkat yang dapat digunakan untuk memindahkan barang dari satu lantai ke lantai lainnya. Lift barang ini pun juga biasa digunakan pada hampir semua industri dan gudang penyimpanan barang di suatu industri.


Jadi itulah jenis-jenis crane industri yang dapat menunjang pekerjaan industri. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya dalam memahami jenis crane di industri. Bilamana Anda tertarik dengan crane, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane Anda bisa mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page