Jenis-jenis Konektor Selang Air untuk Irigasi yang Beragam


Jenis-jenis Konektor Selang Air untuk Irigasi yang Beragam

Sudah tahukah Anda bahwa jenis-jenis konektor selang air itu sangat beragam? Masing-masing jenis konektor selang miliki fungsi yang berbeda-beda termasuk konektor selang untuk irigasi ini. Jadi pastikan simak ulasan ini sampai akhir.


Air merupakan hal penting bagi semua makhluk hidup termasuk tumbuhan. Untuk memastikan tanaman bisa tumbuh dengan baik, maka Anda perlu memberikan irigasi secara benar. Penggunaan konektor selang ini bisa membuat proses irigasi menjadi lebih efisien.


Konektor selang merupakan alat yang berguna untuk mengambungkan antara satu selang dengan selang lainnya. Tidak hanya itu, ada juga jenis konektor yang dipasang pada ujung selang untuk mengatur aliran air dari dalam selang tersebut.


Konektor selang air menjadi alat penting dalam hal irigasi. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa mengatur penggunaan air pada tanaman secara lebih mudah. Teknik pengairan yang tepat pastinya juga akan membuat hasil tanaman menjadi lebih maksimal.


Dalam dunia irigasi, biasanya ada beberapa jenis selang yang digunakan yaitu selang induk dan selang distributor. Konektor selang ini bisa dimanfaatkan baik untuk selang induk maupun selang distributor. Lalu apa saja jenis konektor selang yang biasa digunakan untuk irigasi tanaman? Berikut penjelasan lengkapnya.


Jenis-Jenis Konektor Selang Air untuk Irigasi Tanaman


Terdapat beberapa pilihan konektor selang yang cocok digunakan untuk irigasi. Anda bisa memilih jenis konektor selang sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya ada empat jenis konektor selang yang paling umum digunakan untuk keperluan irigasi, antara lain adalah:


Konektor Selang Bentuk Kran (Valve Offtake)


Konektor Valve Offtake atau lebih dikenal dengan sebutan konektor kran merupakan salah satu jenis konektor yang paling banyak digunakan untuk irigasi. Seperti namanya, konektor selang ini dilengkapi dengan kran yang bisa diatur sesuai kebutuhan.


Fungsi konektor selang air jenis adalah untuk memudahkan petani dalam mengatur jalur mana yang ingin dialiri dan tidak. Biasanya konektor jenis ini dipasang pada selang yang terbuat dari pipa PVS bukan selang plastik biasa.


Konektor Offtake


Konektor selang jenis ini tidak memiliki kran seperti pada konektor valve offtake. Jadi Anda tidak bisa mengatur aliran air secara lebih spesifik sehingga air akan mengalir pada jalur irigasi secara keseluruhan.


Konektor selang air jenis ini biasanya digunakan untuk lahan yang membutuhkan air cukup banyak. Sama seperti konektor valve offtake, konektor jenis ini juga dipergunakan untuk pipa PVC bukan selang plastik biasa.


Konektor Lay Flat Kepala Biru


Seperti namanya, ciri khas dari konektor selang jenis ini adalah memiliki kepala yang berwarna biru. Kepala konektor tersebut berfungsi sebagai pengunci selang agar tidak mudah lepas saat dialiri air.


Cara menggunakan konektor selang air jenis ini sangat mudah. Anda hanya perlu memasang konektor pada selang kemudian putar ulir untuk menguncinya. Konektor jenis ini bisa digunakan untuk selang plastik maupun pipa PVC.


Konektor Lay Flat


Konektor lay flat sebenarnya hampir sama dengan konektor lay flat kepala biru. Yang membedakannya hanya untuk jenis ini tidak dilengkapi dengan kepala biru. Akan tetapi cara menggunakan kedua konektor tersebut sama saja, yaitu mengunci selang dengan cara diputar ulirnya.


Bagi Anda yang membutuhkan konektor selang untuk kebutuhan irigasi bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai macam pilihan konektor selang air sesuai kebutuhan Anda dengan harga yang cukup bersahabat.