Jenis-Jenis Mesin Genset Berikut Ini


Jenis-Jenis Mesin Genset Berikut Ini

Mesin genset memiliki beberapa jenis berbeda yang sering digunakan. Genset atau generator set adalah sebuah mesin yang menghasilkan tenaga listrik pada besaran tertentu. Terdiri dari satu pembangkit listrik disebut generator dan mesin penggerak.


Alat ini ditemukan oleh Michael Faraday tahun 1831 bentuknya saat itu dibuat dari kawat besi. Kawat besi tersebut berbentuk U kemudian terlilit di gulungan kawat.


Dalam sebuan mesin ini terdapat dua komponen penyusun utama yakni sator dan rotor. Sator adalah bagian tidak bergerak pada mesin. Sedangkan rotor adalah bagian bergerak terhubung dengan poros generator dan berputar di pusat stator.


Ketahui Beberapa Jenis Mesin Genset


Terdapat beberapa jenis genset yang biasa digunakan. Diantaranya adalah jenis genset dilihat dari bahan bakar yang digunakan dan sebagainya. Seperti bahan bakar diesel, bensin, gas hingga tenaga surya.


Bahan Bakar Diesel


Jenis yang pertama adalah mesin genset menggunakan bahan bakar diesel yakni solar. Mesin yang menggunakan bahan bakar solar terbukti kuat dan dapat menghasilkan tenaga listrik cukup besar.


Daya yang bisa dihasilkan kisaran 5.000 watt hingga 2 Mw. Namun, untuk ukurannya sendiri sangat besar dan memiliki suara bising. Jadi, biasanya untuk mengurangi kenyaringan dari alat ini, biasanya dilengkapi sistem kedap suara.


Bahan Bakar Bensin


Jenis kedua yakni menggunakan bahan bakar bensin dalam menggerakkan generator mesin. Pada mesin genset jenis ini terdapat dua macam yakni 2 tak dan 4 tak.


2 tak menggunakan bensin campuran antara bensin dan oli samping 2 tak dengan kapasitas daya di bawah 1000 watt. Sedangkan, 4 tak menggunakan besin tanpa campuran dengan kapasitas berbeda-beda hingga 12.000 wat.


Bahan Bakar Gas


Gas yang digunakan sebagai bahan bara pada alat ini adalah gas LPG. Genset jenis ini sebenarnya adalah jenis dari menggunakan bensin. Namun, hanya saja di saluran tempat bensin, diganti menggunakan gas.


Penggunaan alat dengan gas ini termasuk baru dan masih terus dikembangkan. Sehingga, masih banyak orang belum memakai sistem ini dan masih menggunakan mesin yang biasanya dengan bahan bensin.


Turbin


Selanjutnya adalah menggunakan turbin. Baik turbin air, turbin udara maupun turbin uap. Gerakan turbin berotasi akan memutar generator yang ada pada alat sehingga dapat menghasilkan listrik.


Daya yang dapat dihasilkan dari penggunaan turbin adalah merupakan jenis terbesar dari semua jenis mesin genset. Kapasitas listrik kisaran 2 Mw atau 2 juta watt mampu dihasilkan dari penggunaan alat ini.


Tenaga Surya


Tenaga matahari adalah sumber daya utama untuk menghidupkan generator listrik ini. Panas yang dihasilkan dari sinar matahari, akan disimpan dalam panel surya. Dengan serapan panas tersebut mampu menghidupkan mesin ini.


Penggunaan jenis ini biasanya digunakan di gedung-gedung besar. Hal ini karena panel surya biasanya biasanya banyak ditemukan di atap-atap gedung tinggi yang mudah terkena sinar matahari.


Portable


Jika mendangar alat portable tentu saja adalah alat dengan ukuran yang cukup kecil dan mudah di bawa. Jenis mesin genset ini banyak dimanfaatkan untuk aktivitas di luar ruangan karena tidak membutuhkan banyak tempat.


Dapat digunakan pada saat liburan atau piknik. Dapat pula digunakan pada bisnis kuliner yang menjalankan bisnis dengan kapasitas kecil dan ruangan kecil.


Jenis genset yang ada tersebut memiliki kegunaan sama yakni menghasilkan tenaga listrik. Mesin genset dapat digunakan pada saat darurat karena menyimpan listrik cadangan.