top of page

Informasi Lengkap Tentang Jenis-Jenis Peralatan Bengkel Secara Umum yang Wajib Diketahui



Bengkel yang benar dan terbaik, adalah bengkel yang pastinya memiliki ruangan atau lingkup kerja yang memang bersahabat bagi para mekanik, maupun bagi para pelanggannya. Hal itu tentunya telah menjadi hal yang krusial karena tidak mungkin dalam melakukan pembongkaran kendaraan bisa dilakukan di tempat terbuka tanpa atap. Namun selain tempat, bengkel yang benar dan terbaik pun juga harus memiliki peralatan bengkel yang juga harus tepat.


Tanpa adanya peralatan atau alat dalam bengkel, maka sejago apapun mekanik atau sebesar apapun bengkelnya, maka perbaikan atau perawatan pada kendaraan tidak akan bisa dilakukan. Nah maka dari itu, diperlukan bukan hanya 1 melainkan ada beberapa peralatan bengkel yang penting dan harus ada di suatu bengkel, yang mana jenis-jenis peralatan bengkel secara umum bisa Anda ketahui semuanya di artikel ini!


Inilah Informasi Lengkap Mengenai Jenis Peralatan Bengkel Secara Umum

Set Kunci Pas

Adalah kunci yang berguna untuk mengatasi kepala mur atau baut yang bentuknya persegi dan segi enam (hexagonal). Sementara bagian kunci ring bisa Anda manfaatkan untuk melepas dan mengencangkan mur yang memiliki kepala berbentuk bulat.


Set Kunci Ring

Kunci adalah kunci yang ujungnya menyerupai ring atau cincin. Kegunaannya jelas untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan posisi yang berbeda.


Set Kunci Shock

Merupakan kunci yang berguna untuk mengencangkan ataupun mengendorkan baut serta mur yang terdapat dalam berbagai komponen kendaraan. Kunci shock sebenarnya bisa digabungkan dengan ratchet T-sliding bar atau kunci momen, hal itu agar ia bisa bekerja secara maksimal.


Kunci Inggris

Adalah perkakas atau kunci yang dapat digunakan untuk melepas atau mengencangkan mur atau baut. Kunci ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai alternatif, jika ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai. Sayangnya, kunci ini tidak bisa berguna dalam beban yang cukup berat.


Set Obeng

Obeng adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut, ataupun sekrup dengan jenisnya sendiri, yang mana set lengkap obeng perlu ada di suatu bengkel.


Tang

Mirip seperti penjepit, tang adalah alat yang bisa digunakan untuk memegang, memotong, melepas, dan memasang bahan kerja. Karena jenisnya yang bermacam-macam, maka pemilihan tang pada bengkel perlu disesuaikan.


Set Kunci L

Atau kunci allen atau kunci heksagonal, adalah kunci yang bisa digunakan untuk melepas baut yang kepala bautnya berbentuk bulat tetapi di dalamnya terdapat lubang yang berbentuk segienam.


Kunci Busi

Seperti namanya, kunci busi adalah kunci yang didesain khusus untuk membuka dan memasang busi yang letaknya susah dijangkau oleh kunci biasa.


Thread Gauge

Adalah alat yang berfungsi untuk mengetahui ukuran ulir pada baut. Kemudian alat ini juga bisa untuk mengukur baut yang patah dan sangat berguna ketika Anda hendak membeli baut baru yang belum diketahui ukuran ulirnya.


Feller Gauge

Suatu alat yang bisa dipakai untuk mengukur jarak kerenggangan celah klep atau coil CDI. Alat ini juga berupa plat stainless tipis yang memiliki ukuran ketebalan yang berbeda-beda pada setiap platnya.


Jangka Sorong

Jangka sorong tentunya adalah alat ukur, yang mana ia dikenal sebagai alat ukur paling akurat di dunia permesinan. Alat ini mampu mengukur jarak, diameter luar, diameter dalam dan kedalaman sebuah benda.


Tap Baut

Adalah alat yang berfungsi untuk membuat lubang ulir baru atau memperbaiki ulir yang rusak. Ciri dari alat ini yaitu memiliki gagang yang bisa digunakan untuk memutar mata tap tersebut.


Snei

Snei adalah alat yang berfungsi untuk membuat ulir pada baut, ditambah ia juga memiliki gagang untuk memutar mata snei.


Palu

Seperti yang Anda tahu, guna palu tentunya untuk mengetuk benda, serta bisa juga digunakan untuk menyambung kunci shock agar lebih ringan dalam melepas baut dan mur berukuran besar.


Multitester

Merupakan alat ukur yang bisa digunakan untuk mengecek jalur kelistrikan yang mengalami korsleting atau mencari jalur kabel yang putus.


Drawer

Setiap perkakas atau alat bengkel, tentunya perlu ditaruh di tempat yang tepat, seperti tempat drawer, yaitu tempat menyimpan alat bengkel dan juga memiliki beberapa laci tingkat serta roda yang bisa digerakan.


Itulah peralatan-peralatan bengkel secara umum yang ada di suatu bengkel. Kiranya bermanfaat bagi Anda dan semuanya. Jika Anda ingin memiliki perkakas diatas atau mungkin yang lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka yang berada di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page