Jenis-jenis Sambungan Selang untuk Pengairan Tanaman


Jenis jenis Sambungan Selang untuk Pengairan Tanaman

Untuk membuat proses irigasi semakin maksimal, dibutuhkan sambungan selang pada jalur irigasi. Dengan cara ini, Anda bisa mengatur laju air sesuai kebutuhan yang akan bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman yang lebih baik.


Selang merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyalurkan air atau gas dari satu tempat ke tempat lainnya. Dalam sistem pengairan, selang memiliki peran yang penting karena membantu petani untuk mensuplai air bagi tanaman.


Untuk mempermudah proses distribusi air, sambungan selang dibutuhkan untuk menyambungkan satu selang dengan yang lainnya. Dengan cara ini, selang menjadi lebih panjang sehingga mampu mencapai tanaman yang jauh.


Seiring berjalannya waktu, sambungan untuk selang semakin beragam jenisnya. Anda bisa memilih jenis sambungan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini proses distribusi air pastinya akan menjadi lebih maksimal.


Untuk kebutuhan pengairan biasanya ada beberapa jenis sambungan yang sering digunakan pada selang. Kali ini kami akan membahas mengenai berbagai jenis sambungan untuk selang yang biasanya digunakan pada pengairan tanaman.


Rekomendasi Sambungan Selang Terbaik untuk Pengairan

Ada beberapa jenis sambungan untuk selang yang paling populer digunakan pada sistem pengairan tanaman. Berikut beberapa di antaranya :


1. Sambungan valve offtake

Sambungan jenis ini dikenal juga dengan konektor kran karena dilengkapi dengan kran yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Dengan adanya kran tersebut, Anda bisa mengatur laju air sesuai keinginan dan kebutuhan.


2. Sambungan offtake

Jenis sambungan selang yang satu ini biasanya digunakan pada sistem pengairan dengan kebutuhan air cukup tinggi. Pada jenis sambungan yang ini, Anda tidak bisa mengatur laju air akan tetapi air akan mengalir mengikuti selang saja.


3. Sambungan kepala biru lay flat

Seperti namanya, sambungan untuk selang yang satu ini memiliki ciri-ciri dengan kepala berwarna biru. Kepala tersebut berfungsi sebagai pengunci antar selang agar tidak mudah lebih ketika digunakan atau dialiri air.


4. Sambungan lay flat

Pada dasarnya, sambungan selang jenis ini hampir sama dengan jenis sebelumnya. Hanya saja, sambungan lay flat ini tidak dilengkapi dengan kepala biru. Akan tetapi fungsi kedua jenis ini hampir sama begitu juga cara kerjanya.


Selain empat jenis di atas, sebenarnya masih banyak lagi model sambungan untuk selang yang bisa Anda pilih. Akan tetapi sebelum membeli, pastikan pilih jenis sambungan yang sesuai kebutuhan agar manfaatnya bisa maksimal.


Tips Memilih Sambungan Selang untuk Irigasi

Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis sambungan untuk selang sistem irigasi yang bisa Anda pilih. Akan tetapi agar cara kerjanya maksimal, maka Anda perlu memilih jenis sambungan yang memang sesuai dengan kebutuhan.


Salah satu tips memilih sambungan untuk keperluan irigasi adalah pilih material yang kuat. Penggunaan selang irigasi biasanya cukup sering sehingga selang lebih rawan rusak. Maka dari itu, pilih jenis sambungan selang yang kokoh agar lebih tahan lama.


Tips selanjutnya adalah pilih jenis sambungan dengan fungsi kran. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur aliran air sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini, sistem pengairan akan lebih optimal sehingga tanaman bisa tumbuh lebih baik.


Sebelum memilih sambungan untuk selang, jangan lupa juga pilih material atau bahannya. Jika ingin awet, Anda bisa memilih sambungan dari material besi. Akan tetapi jika ingin lebih murah, Anda bisa memilih sambungan untuk selang model plastik.


Dalam sistem pengairan, selang merupakan komponen yang penting. Agar air bisa menjangkau semua tanaman, maka dibutuhkan selang yang panjang. Untuk itulah diperlukan sambungan selang agar sistem pengairan lebih maksimal.