top of page

Informasi Lengkap Tentang Jenis Kabel Listrik Serta Kegunaannya



Setiap perangkat alat elektronik, tentunya hampir semua membutuhkan listrik, bahkan walaupun ia membutuhkan baterai sekalipun. Nah tentunya, agar listrik dapat mengalir memberikan daya pada alat-alat listrik yang ada, maka itu membutuhkan kabel yang tersambung kepada colokan listrik. Hal itu karena memang kabel adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.


Meski begitu, kabel yang berkaitan dengan kelistrikan, kabel listrik itu memiliki banyak jenisnya, yang mana itu berkaitan juga dengan fungsi serta kegunaannya yang beragam. Nah melalui artikel ini pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang menjelaskan mengenai segala jenis dari kabel listrik, begitu juga dengan fungsi serta kegunaanya. Oleh karena itu, Anda yang penasaran akan hal itu, maka simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Tentang Jenis-Jenis Kabel Listrik Serta Kegunaan atau Fungsinya

Kabel NYMHY

Jenis kabel ini memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut dengan bahan isolasi terluar berupa PVC. Kabel ini juga sering dipakai untuk instalasi listrik skala rumah tangga di bawah 900 watt. Kabel NYMHY terdiri dari tiga bagian, yaitu ada bagian konduktor, isolator bagian dalam, dan pelindung luar yang juga terbuat dari bahan isolator.


Kabel NYMHYO

Adalah jenis kabel yang memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut yang diisolasi dengan bahan isolator PVC dan memiliki selubung luar. Kabel NYMHYO sebenarnya tidak didesain untuk instalasi listrik arus besar, itu karena penggunaannya hanya untuk di dalam ruangan dikarenakan kabel ini tidak memiliki selubung luar yang tahan cuaca.


Kabel BC

BC “bare core: adalah kabel yang tidak memiliki lapisan isolator, sehingga lebih sering digunakan pada instalasi penangkal petir dan dalam instalasi grounding. Namun, penggunaan kabel BC disarankan menggunakan bahan pelindung seperti pipa PVC.


Kabel ACSR

Kabel yang terbuat dari alumunium dengan inti kawat baja. Kabel ini berfungsi sebagai penghantar tegangan listrik berarus besar antar menara distribusi listrik. Ciri dari kabel ini yaitu tidak memiliki lapisan isolator, itu agar kabel inti utama dapat segera menurunkan suhunya saat menghantarkan arus yang begitu besar.


Kabel NYRGBY/NYFGBF/NYBY

Jenis kabel ini memiliki satu inti tembaga atau lebih dengan bahan isolator PVC, lalu ia memiliki pelindung kawat baja bulat dan lilitan plat baja, serta memiliki bahan isolasi PVC di bagian terluar. Kabel ini dibuat untuk tahan ditanam di dalam tanah tanpa perlu bahan tambahan sebagai pelindung. Namun, untuk instalasi kabel yang ditanam di bawah jalan raya, tetap diperlukan pipa PVC sebagai pelindung.


Kabel NYM

Kabel yang sering digunakan di rumah dan gedung ini memiliki inti kabel yang terdiri dari satu sampai empat inti, serta dilengkapi dengan lapisan isolasi PVC. Kemudian keberadaan bahan isolasi membuat kabel bisa digunakan di daerah kering maupun basah, itu karena ia memang memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.


Kabel NYY

Adalah jenis kabel yang memiliki inti tembaga berisolasi PVC. Kabel ini dibuat untuk instalasi tetap yang ditanam di dalam tanah, atau kondisi di lingkungan terbuka dengan tambahan perlindungan seperti duct, pipa PVC, atau pipa besi. Nah bahan isolator pada kabel ini memiliki konstruksi yang lebih kuat, sehingga tidak heran jika harganya lebih mahal.


Kabel NYA

Merupakan kabel dengan inti yang terbuat dari bahan tembaga tunggal dan dilapisi bahan isolator PVC satu lapis. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi di perumahan dan instalasi kabel udara. Nah menggunakan kabel NYA, tentunya ada baiknya jika ia dilengkapi dengan pelindung seperti pipa PVC.


Kabel NYAF

Jenis kabel ini memiliki inti tembaga berserabut, dengan inti tunggal berisolasi bahan isolator PVC satu lapis. Ini adalah kabel yang memiliki sifat fleksibilitas yang tinggi karena inti tembaganya berbentuk serabut. Kabel jenis ini sebenarnya cocok untuk instalasi pada panel listrik yang membutuhkan banyak lekukan. Namun, ada baiknya jika jenis ini tidak digunakan di lingkungan terbuka yang bersifat basah maupun kering, itu karena ia mudah terkelupas.


Kabel NYYHY

Merupakan kabel yang memiliki satu atau lebih inti tembaga berserabut dan memiliki selubung luar berupa bahan isolator dari PVC. Tentunya ini adalah jenis kabel yang sering digunakan di dalam rumah, dikarenakan ia fleksibel sehingga ia akan sangat mudah untuk dipasang.


Sekian sudah dari kami, yaitu artikel yang membahas berbagai macam kabel listrik dan juga kegunaannya. Kiranya jadi manfaat untuk Anda dan semuanya. Nah jika Anda tertarik ingin memiliki Genset, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page