Beberapa Jenis Plastik yang Aman Untuk Kolam Ikan yang Ramah Lingkungan



Biasanya pada budidaya ikan, para pemilik usaha akan lebih memilih menggunakan kolam yang terbuat dari plastik, itu karena mudah, murah, dan pastinya sudah menjadi hal biasa. Namun sebenarnya, kolam ikan dari plastik tidak semua adalah plastik yang ramah lingkungan, karena seperti yang kita tahu bahwa plastik adalah limbah yang berbahaya dan juga tidak baik untuk digunakan dalam jangka waktu lama.


Tetapi seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa tidak semua plastik ada yang ramah lingkungan, maka dari itu berarti ada plastik yang ramah untuk lingkungan. Untuk mengetahui jenis-jenis plastik yang aman untuk kolam ikan karena ramah lingkungan, anda perlu menyimak artikel ini selengkapnya, karena dalam artikel ini anda akan temukan jenis-jenis plastik tersebut. Maka dari itu yuk langsung saja simak ulasannya!


Inilah Beberapa Jenis Plastik Ramah Lingkungan yang Aman untuk Kolam Ikan


1. Plastik Biodegradable

Plastik Biodegradable adalah plastik ramah lingkungan yang bisa anda gunakan untuk kolam ikan anda, dimana plastik tersebut terbuat dari bahan alami, seperti dari bahan petrokimia tradisional dengan bahan tambahan. Plastik ini bisa terurai apabila anda sudah tidak mau menggunakannya lagi, tetapi perlu diingat ketika anda menggunakannya. Pastikan menggunakan plastik ini untuk kolam ikan yang ada dalam ruangan, karena Biodegradable mudah terurai ketika terkena sinar matahari.

2. Plastik ECO

Jika kebanyakan plastik mudah terurai tidak cocok digunakan lama dan berulang kali, maka berbeda dengan plastik ECO. Plastik ECO adalah plastik ramah lingkungan, tetapi plastik tersebut bisa digunakan lama dan tahan lama, dikarenakan plastik tersebut adalah plastik yang dihasilkan dari proses daur ulang bahan-bahan plastik dari petrokimia untuk digunakan kembali. Sehingga dengan begitu maka kuat untuk kolam ikan pada jangka waktu yang cukup lama.

3. Plastik Oxo-Biodegradable

Berbeda dengan plastik Biodegradable, plastik Oxo sendiri adalah plastik ramah lingkungan karena mengandung zat penstabil, yang mana bisa membuat plastik menjadi lebih bermanfaat dan tahan lama bahkan hingga 18 bulan lamanya. Penggunaan plastik ini akan terurai ketika ada di lanskap terbuka atau permukaan laut, jadi pastikan anda yang mau menggunakan plastik tersebut harus menyesuaikan kondisi lingkungan anda.

4. Plastik Bioplastik Polylactic Acid (PLA)

Plastik ini merupakan plastik langka, tetapi plastik tersebut sudah terbukti sebagai plastik yang kuat dan tahan air, dan pastinya juga ramah lingkungan. Plastik Bioplastik Polylactic Acid (PLA) merupakan plastik yang sudah teruji sebagai plastik ramah lingkungan terbaik, dimana plastik tersebut kuat dan tahan panas dan dingin alias bisa menyesuaikan dalam setiap suhu. Sehingga dengan begitu, maka plastik ramah lingkungan satu ini adalah salah satu plastik yang cocok untuk kolam ikan anda.


Itulah beberapa plastik ramah lingkungan yang bisa dan aman untuk kolam ikan anda. Namun pastikan anda tidak terlalu mengandalkan plastik ramah lingkungan terlalu lama, karena masing-masing plastik ramah lingkungan memang aman tetapi belum tentu bisa bertahan cukup lama. Selalu perhatikan kondisi juga, agar plastik ramah lingkungan tidak rusak dan masih bisa aman untuk kolam ikan anda.


Selesai sudah artikel pada kesempatan kali ini, yang mana sudah kami jelaskan beberapa plastik ramah lingkungan yang ternyata cukup aman untuk kolam ikan. Sebagai tambahan, baik kolam ikan apapun, anda perlu menggunakan pompa seperti pompa celup merk Tsurumi untuk kehidupan kolam yang lebih baik. Pompa celup Tsurumi, bisa anda ketahui detail dan keterangan lebih lanjut-nya di IndahJaya.com