Jenis Pompa Air Celup yang Sesuai dengan Keperluan


Jenis Pompa Air Celup yang Sesuai dengan Keperluan

Jenis pompa air celup ialah varian dari mesin pompa yang secara umum bekerja dengan cara direndam dalam sumur maupun kolam. Hal ini berbeda dengan produk biasa yang umumnya terletak di permukaan.


Setelah direndam, pompa akan mendorong air ke atas menuju permukaan. Model produk yang paling sering dipakai ialah untuk sumur dalam dan kolam. Perbedaan ini didasarkan pada kedalaman tempat.


Kedua model tersebut juga mempunyai perbedaan lain sesuai dengan fungsinya. Salah satunya ialah model untuk kolam, produknya lebih mudah dipindahkan. Karena terletak pada tempat yang dangkal.


Jenis Pompa Air Celup untuk Sumur Dalam


Pompa celup sumur dalam atau submersible pump merupakan salah satu jenis produk yang cukup banyak digunakan untuk rumah tangga. Biasanya dipakai untuk keperluan suplay air bersih dari sumber sumur dalam.


Produk ini sangat cocok dipakai untuk distribusi air bersih dari sumur dalam. Karena mampu menjangkau sumber yang dalam, produk ini biasa dijadikan alternatif dari mesin jetpump. Mesin jetpump hanya mampu menjangkau kedalaman tertentu.


Secara mendasar, jetpump terletak di permukaan sumur sehingga mempunyai keterbatasan pada hal jangkauan kedalaman. Hal ini juga disebabkan oleh mesinnya yang bekerja menarik benda dari dalam sumur.


Berbeda dengan jenis pompa air celup submersible yang mendorong ke permukaan sumur. Pada jetpump, pipa yang dipakai akan menghubungkan mesin dengan sumber air. Kemudian pipa lagi untuk menyalurkannya menuju tempat pemampungan.


Sementara submersible hanya membutuhkan satu pipa saja yang menghubungkan produk dengan tempat penampungan. Pipa tersebut memanjang dari dalam sumur menuju tempat penampungan.


Kedalaman yang mampu diraih oleh jenis pompa air celup ini ialah mencapai ratusan meter. Sementara debit air perlu disesuaikan dengan power maksimum mesin berdasarkan ukuran PK/HP dan diameter pipa outputnya.


Karena terletak pada kedalaman, pemasangan produk ini membutuhkan perencanaan teknis yang tepat. Mulai dari sistem elektrikal berupa panel yang memelihara kinerja dan keamanan pompa. Kemudian diameter sumur dan kualitas kabel yang dibenamkan bersama produk.


Apabila belum familiar dengan produk ini, mungkin Anda penasaran bagaimana bisa mesin dibuat basah dengan cara direndam. Jadi, produk ini sudah mempunyai kemampuan kedap air. Jadi tidak perlu khawatir akan merembes ke dalam mesin.


Jenis Pompa Air Celup untuk Kolam, Sirkulasi dan Pengurasan Air Kotor


Selain submersible pump yang umum dipakai untuk sumur dalam, ada juga jenis lain. Walaupun cara kerja keduanya sama, yakni dengan dibenamkan. Perbedaannya adalah jenis ini mempunyai sifat portable.


Disebut portable karena jenis pompa air celup ini tidak perlu diletakkan secara permanen di wilayah yang dalam. Produk ini dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah dan praktis.


Pompa portable ini mempunyai desain mesin berbeda dengan produk untuk sumur dalam. Desain mesinnya mempunyai dimensi lebih sederhana dan umumnya perpanjangan kabel sudah termasuk dalam paket pembelian unit.


Perbedaan lainnya ialah terletak pada kontrol otomatis dan sirkulasi. Pada produk portable ini umumnya dilengkapi dengan floating switch (pelampung). Apabila pelampung naik ke atas dalam sudut kemiringan tertentu, maka produk akan menyala dengan otomatis.


Sementara pada jenis pompa air celup untuk sumur dalam tidak seperti itu. Pada produk untuk sumur dalam perlu merakit sendiri system electrical water level kontrol (WLC). Perbedaan lainnya ialah jangkauan kedalaman.


Kedalaman yang dapat diraih produk portable sangat terbatas, lebih dangkal dari submersible. Meskipun begitu, pilihan produk cukup bervariasi. Varian ini didasarkan pada daya dan debit air dalam satuan liter per detik atau per menit.


Produk pompa celup ini tersedia dalam merek Tsurumi dengan berbagai pilihan yang bisa dipakai untuk beragam keperluan. Mulai dari pengolahan limbah, perumahan, perkantoran, kolam, industri dan lain sebagainya. Hubungi kami untuk mendapatkan produk Tsurumi.


Varian dari mesin pompa yang dibenamkan di dalam sumur maupun kolam sangat beragam. Jenis pompa air celup mempunyai karakter berbeda yang bisa disesuaikan dengan keperluan.