Kapan Sebaiknya Anda Mengganti Selang Industri? Yuk Simak Disini!



Makhluk hidup pada dasarnya memiliki batas usia, yang dimana itu juga berlaku pada suatu benda. Nah benda-benda umumnya akan rusak, bisa terkena rayap, lapuk, dan seringnya dipakai juga dapat mempengaruhi usia beberapa benda, salah satunya seperti selang. Namun sebenarnya selang tidak harus tergantung dari umur, karena ada beberapa faktor yang membuat selang layak diganti.


Selang pada dasarnya tidak akan selalu bisa digunakan selamanya, terutama pada selang industrial. Nah tentunya selang yang layak diganti harus selang yang memang sudah memiliki ciri untuk diganti, lalu selang yang sudah layak diganti tetapi tetap digunakan maka bisa saja membuat banyak masalah. Maka dari itu, penting sekali mengganti selang industri, yang dimana cirinya untuk layak diganti bisa anda ketahui di bawah ini!


Inilah Ciri-Ciri Selang Industri Layak Diganti yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Jika selang industri anda mengalami ciri yang akan kami jelaskan di bawah ini, maka segeralah ganti dengan selang industri yang lain yang layak pakai, alias bisa yang baru atau berkualitas.


Selang Bocor

Selang yang sering dipakai, atau sering digunakan dengan proses sebagainya yang memang menyebabkan selang dapat bocor, maka jelas selang tersebut tentu perlu diganti. Meski selang dapat ditambal agar tidak bocor, tetapi jelas akan lebih baik mengganti selang tersebut. Itu karena tambalan pada selang lama kelamaan tempelan bisa memuai dan menyebabkan tambalan terlepas sedikit demi sedikit, yang dimana bisa mengakibatkan beberapa masalah hingga kerugian.


Selang Keras atau Kaku

Selang tentunya bisa keras atau kaku, itu karena faktor eksternal seperti sinar ultraviolet dan panas pada lingkungan yang sangat mempengaruhi. Tentunya itu terjadi, dikarenakan adanya bahan seperti vinyl Chloride resin, yang mana itu bisa menjadi lentur karena plasticizer. Namun dengan adanya beberapa faktor eksternal, maka plasticizer yang membuat vinyl chloride kembali mengeras. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya akan sulit, sehingga cara terbaik adalah dengan mengganti selang industri tersebut.


Selang Melar

Selang tentunya lama kelamaan bisa melar, yang dimana akibat dari selang yang penggunaannya salah atau sebagainya. Nah selang melar tentunya masih bisa diatasi dengan beberapa alat, seperti klem, kabel ties, dan sebagainya. Namun yang terbaik jika memang kebutuhan memungkinkan, maka yang terbaik adalah dengan mengganti selang industri tersebut.


Selang Putus

Selang putus bisa diakibatkan dari beberapa faktor, tetapi sayangnya itu sangat tidak mungkin untuk menyambungkan kembali. Oleh karena itu, selang yang putus jelas harus diganti dengan selang yang terbaik, yang tentunya tidak mudah putus.


Selang Berubah Warna

Selang yang berubah warna karena proses pengaliran fluida berwarna, jelas akan membuat warna asli selang berubah dengan sendirinya. Meski masih bisa digunakan, selang tersebut pastinya sudah terkontaminasi, selain itu juga selang berwarna tersebut dapat mengganggu beberapa proses pengerjaan yang mana dapat memberikan informasi yang salah karena warna yang berbeda. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya mengganti selang industri tersebut dengan selang yang masih bersih.


Selang Tidak Berkualitas

Jika anda sudah mengetahui selang yang anda gunakan tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan medannya, maka segera ganti selang tersebut dengan yang tepat dan pastinya berkualitas. Karena jika dibiarkan terus menerus, maka selang tersebut lama kelamaan bisa rusak dan bisa menyebabkan masalah hingga kerugian.


Jadi itulah beberapa ciri anda harus ganti selang industri anda. Semoga jadi manfaat untuk anda, dan bisa juga di share kepada yang membutuhkan. Nah selang yang terbaik untuk menggantikan selang anda yang memang harus diganti, pastinya adalah selang berkualitas dari Toyox, yang dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com