Kapasitas 1 Ton Electric Chain Hoist beserta Fiturnya


Kapasitas 1 Ton Electric Chain Hoist beserta Fiturnya

1 ton electric chain hoist bukan benda asing bagi mereka yang bekerja di bidang industri baik perkapalan, konstruksi/bangunan, manufaktur dan lainnya. Alat ini banyak digunakan di industri yang membutuhkan peralatan berat untuk mengangkat barang.


Fungsi utamanya adalah memindahkan barang yang bobotnya berat dan berjumlah banyak. Karena mengangkat beban berat dalam jumlah banyak tentu akan sulit jika hanya dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia.


1 ton electric chain hoist merupakan alat angkut barang dengan bobot berat yang harus menggunakan sumber daya listrik untuk pengoperasiannya. Alat ini juga dilengkapi dengan bantuan rantai yang melilit roda. Untuk mengatur naik turunnya barang, ada bantuan tombol mesin.


Cara kerja alat ini adalah dengan mengaitkan beban yang ingin diangkut ke pengait. Pastikan beban yang akan dipindahkan tidak melebihi kapasitas karena jika itu terjadi maka sama saja alat tidak akan bergerak untuk melakukan fungsinya.


Fitur 1 Ton Electric Chain Hoist


Satu ton electric chain hoist memiliki beberapa fitur sehingga alat ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk mengangkut dan memindahkan barang. Berikut ini beberapa fitur yang dimiliki, di antaranya:


1. Motor Housing Hell

Fitur 1 ton electric chain hoist ini memiliki struktur ringan dan kuat dan dipadukan dengan material aluminium. Motor housing shell juga sudah dilengkapi dengan water-protection dan dust-protection untuk memastikan agar mesin dapat berjalan dengan baik.


2. Clutch

Fitur ini terdapat pada bagian dalam motor housing dan memiliki fungsi untuk melindungi alat saat terjadi overload. Clutch akan berfungsi dan menyebabkan motor berhenti secara otomatis ketika barang yang diangkat melebihi kapasitas alat.


3. Side Magnetic Braking Device

Fitur ini dibuat dengan mekanisme canggih untuk memastikan pengereman yang aman bahkan di bawah beban berlebih sekalipun. Fitur chain hoist “double brake system” memiliki peranan penting yakni sebagai keamanan sekaligus ketahanan pengoperasian 1 ton electric chain hoist.


4. Load Chain

Komponen ini merupakan rantai kelas 80 sebagai rantai penghubung pendek untuk aplikasi pengangkatan. Rantai ini terbuat dari baja dan sudah ditempa dengan panas tinggi sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena merupakan yang terkuat di kelasnya.


5. Hook

Fitur ini merupakan salah satu bagian dari 1 ton electric chain hoist yang memiliki fungsi sebagai pengait. Hook sudah ditempa sehingga kekuatannya menjadi lebih sempurna. Selain itu, terdapat pengamanan pengoperasian kait untuk memastikan keamanan 360 derajat pada bagian bawah.


6. Cooling Fan

Bagian ini berguna untuk menghindari mesin dari panas berlebih atau overheat. Cover dari cooling fan yang berlubang memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi sehingga tetap dingin dan dapat membuat mesin beroperasi dengan suara yang tidak berisik.


7. Limit Switch

Perangkat ini dipasang saat beban diangkat dan dimatikan agar dapat membuat motor berhenti secara otomatis demi mencegah rantai melebihi standar keselamatan.


8. Hand Switch

Fitur ini merupakan tombol tekan berupa remote ergonomis yang materialnya empuk dan dapat membantu mengatur pemindahan 1 ton electric chain hoist secara vertical maupun horizontal.


Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan tombol emergency stop untuk membantu memastikan keamanan pengguna. Dari berbagai fitur tersebut, maka dapat dilihat bahwa alat ini sudah dirancang sedemikian rapi hingga memiliki kemampuan untuk mengangkut dan memindahkan beban berat.


Dengan memahami fitur dan kapasitas alat ini, maka Anda pun jadi tahu bagaimana cara kerja dan fungsinya. Dalam memilih alat terbaik, pastikan sudah mengecek terlebih dahulu komponen 1 ton electric chain hoist.