top of page

Keandalan Selang Pemadam Api dalam Situasi Darurat yang Wajib Anda Ketahui



Kebakaran adalah salah satu musibah yang sering terjadi akibat kelalaian manusia, ini secara umum biasa terjadi dengan benda atau alat yang bisa mengeluarkan api atau memicu api. Tapi ada juga kebakaran yang terjadi karena faktor alam, seperti petir menyambar yang memicu api. Apapun pemicu kebakaran, tentu kebakaran adalah sesuatu bencana yang perlu diatasi sesegera mungkin, alias jangan sampai merembet apalagi memakan korban.


Untuk mengatasi kebakaran, maka banyak orang lebih mengandalkan petugas pemadam kebakaran atau damkar. Hal ini karena mereka adalah seseorang yang ahli memadamkan kebakaran, bahkan kebakaran besar sekalipun. Bukan karena keberanian mereka, api yang bisa dipadamkan adalah berasal dari usaha mereka dan juga peralatan yang ada. Nah salah satunya yang sering kita lihat adalah selang pemadam api yang memang bisa diandalkan.

Mengenal Selang Pemadam Api yang Sangat Andal di Situasi Darurat

Hampir semua selang tepat untuk diandalkan dalam mengalirkan air untuk memadamkan kebakaran atau api. Tapi sebenarnya tidak semua selang tepat untuk diandalkan, karena beberapa selang bisa meleleh bila terkena suhu panas api. Ini juga berlaku bagi selang yang tidak kuat untuk menghantarkan air bertekanan tinggi yang besar, yakni air yang dibutuhkan untuk memadamkan api di keadaan kebakaran.


Jadi untuk itu, maka selang yang dirasa pantas diandalkan untuk memadamkan api adalah selang pemadam api. Baik ini selang yang kita lihat oleh para petugas damkar, atau selang pemadam api lainnya yang ada sebagai selang darurat. Nah mengapa selang pemadam api tepat dalam situasi darurat? Ini karena selang tersebut sangat andal di berbagai keadaan genting, yakni salah satunya yang sering terjadi adalah munculnya api.

Inilah Beberapa Keandalan Selang Pemadam Api dalam Situasi Darurat

Selang pemadam api adalah alat yang ternyata menjadi salah satu alat penting di keadaan genting. Ini karena selang tersebut memiliki kehandalan yang sesuai dengan situasi darurat yang memang sering terjadi. Adapun itu adalah:


  • Memadamkan api pastinya, karena selang tersebut bisa digunakan untuk menghantarkan air dari sumbernya untuk memadamkan api.

  • Kemudian berbeda dengan selang lainnya, selang pemadam api adalah selang yang bisa juga mengalirkan air bertekanan dari sumber air saat terjadi musibah kebakaran di suatu tempat. Sumber air ini bisa berasal dari mobil pemadam kebakaran atau hydrant pillar pada jaringan instalasi hydrant di sebuah gedung.

  • Selang pemadam api pastinya akan membantu proses pemadaman api menjadi lebih cepat karena selang ini dapat ditarik dan direntangkan sampai ke jarak yang jauh. Sehingga dengan begitu maka penggunaannya bisa untuk jangkauan yang lebih luas.

  • Karena jangkauan yang luas, maka selang pemadam api sangat bisa diandalkan untuk jarak jauh, sehingga membuat selang tersebut bisa digunakan untuk memadamkan api dari jarak kejauhan.

  • Karena lebih tahan api, maka selang pemadam api lebih bisa diandalkan untuk memadamkan api daripada selang lain yang mudah meleleh karena api.

  • Selang pemadam api saat ini pun telah berubah menjadi selang terbaik dan utama dalam keadaan bahaya ketika muncul api. Jadi pengplikasiannya dapat digunakan di dalam ruangan juga bisa di luar ruangan.


Sekian artikel dari kami mengenai keandalan selang pemadam api yang memang tepat untuk situasi darurat. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki selang yang bisa diandalkan, maka pilihlah selang terbaik dan berkualitas seperti selang dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi laman IndahJaya.com


bottom of page