Mengenal Kebocoran Coolant di Genset dan Beberapa Cara Untuk Memperbaikinya


Mesin Genset memiliki kesamaan dengan mesin-mesin lain, seperti kendaraan bermotor ataupun mesin mobil. Nah tidak hanya beberapa komponen atau sebagainya, melainkan ada juga beberapa masalah seperti kebocoran yang juga umum ditemukan di mesin kendaraan dan juga Genset. Kebocoran pada mesin bisa mengenai kebocoran bahan bakar, oli, dan juga yang umum ditemukan adalah kebocoran coolant pada mesin Genset.


Tentunya sama dengan jenis kebocoran lain, kebocoran coolant juga memiliki dampak buruk bagi Genset itu sendiri. Nah oleh karena itu jika memang ada diantara anda yang memang mengalaminya, maka anda perlu tahu lebih tentang kebocoran tersebut dan juga cara mengatasinya. Mengenai kebocoran coolant pada Genset dan juga cara untuk memperbaikinya, semua itu bisa anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Mengapa Coolant Pada Genset Bisa Bocor?

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kebocoran pada coolant yang ada pada mesin Genset:


  • Pada umumnya, radiator cukup lama jangka waktu pakainya, bahkan jika rajin dirawat maka umurnya bisa sampai 10 tahun. Radiator yang terkikis bisa mengalami keretakan atau kebocoran, yang mana itu juga dipengaruhi oleh umur radiator. Nah tentunya dengan adanya keretakan, maka jelas coolant pada Genset bisa bocor.

  • Saluran radiator yang tersumbat juga merupakan penyebab coolant Genset bocor. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kotoran dan debu yang menumpuk, sehingga itu akan menghambat aliran air yang masuk ke bagian mesin.

  • Terkena benda asing bisa juga menyebabkan coolant Genset bocor. Itu terjadi karena memang posisi radiator yang terbentur dan sangat dekat dengan objek keras yang memang berbahaya.

  • Komponen karet dan plastik yang mulai getas akan membuat rusak atau kebocoran pada radiator. Karena perlu anda ketahui, posisinya itu dekat dengan panas mesin, sehingga komponen tersebut lama-kelamaan bisa getas.


Inilah Beberapa Cara Memperbaiki Coolant yang Bocor di Genset

Jika terjadi coolant yang bocor di Genset, maka lakukan cara ini agar bocor tersebut dapat diatasi.

  • Mengganti komponen radiator yang memang sudah waktunya diganti, apalagi jika memang ditemukan kerusakan yang parah.

  • Melakukan servis berkala terutama pada radiator, karena dengan begitu dapat membuat komponen radiator bersih sehingga tidak akan menimbulkan penumpukan yang menyebabkan kebocoran coolant.

  • Jauhkan penempatan Genset terutama pada yang dekat dengan radiator dari objek keras dan tajam, hal itu agar tidak terjadi gesekan yang mengikis mesin atau komponen radiator.

  • Mengganti komponen karet dan plastik pada radiator yang bocor, karena itulah salah satu penyebab coolant Genset bocor.

  • Selalu menutup rapat tutup radiator, hal itu agar air coolant tidak bocor karena uap yang dikeluarkan.


Jadi itulah alasan coolant pada Genset bocor, berikut juga dengan cara memperbaikinya. Nah bilamana anda tertarik dengan Genset yang berkualitas, maka anda bisa miliki Genset Tenka yang memang sudah terbukti terbaik dan berkualitas. Mengenai Genset Tenka, anda bisa ketahui detail serta lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian dari kami, semoga anda dapat memahami coolant pada Genset, terutama masalah kebocorannya dan juga cara mengatasinya. Nah agar yang lainnya dapat juga memahami coolant Genset yang bocor dan cara atasinya, maka anda bisa share artikel ini kepada mereka, baik menggunakan media sosial ataupun media lainnya.