top of page

Kedalaman Sumur: Menentukan Kebutuhan Anda untuk Pompa Celup yang Efisien



Daya merupakan laju energi yang dihantarkan selama melakukan usaha dalam periode waktu tertentu, dengan satuan Joule/second atau watt. Rumus daya yang banyak diketahui pun adalah usaha dibagi waktu. Nah ada banyak peralatan yang menggunakan daya tertentu untuk menghasilkan sesuatu, seperti salah satunya adalah pompa celup yang memiliki daya hisap dan daya dorong untuk menghantarkan fluida, udara, atau lain sebagainya.


Pompa air seperti pompa celup memang memiliki kekuatan daya hisap dan daya dorong yang berbeda dari pompa-pompa lainnya, begitu juga dengan pompa celup lainnya. Hal itu karena memang daya hisap atau daya dorong akan mempengaruhi banyak hal, seperti kedalaman sumber air yang ada di sumur. Untuk menentukan pompa celup yang sesuai kebutuhan Anda di berbagai kedalaman sumur, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Menentukan Kebutuhan Pompa Celup yang Efisien untuk Kedalaman Sumur


Daya air merupakan energi yang secara efektif diterima oleh air dari pompa celup pada per satuan waktunya. Nah sebuah pompa celup akan membutuhkan sejumlah daya untuk melakukan kerjanya, yakni pekerjaan berupa memindahkan sejumlah volume air seperti dari sumur pada ketinggian tertentu. Nah cara menentukan kebutuhan pompa celup Anda untuk menyesuaikan dengan kedalaman sumur, maka Anda bisa menggunakan rumus kg/m3 dikali m3/dt dikali m/s2 dikali kedalamannya, barulah dibagi dengan 1000. Contohnya, 998 kg/m3 . 0,166 m3/dt . 9,8 m/s2 . 40 meter) / 1000, maka dengan ketinggian 40 meter maka pompa celup membutuhkan daya sebesar 65,21 kW.


Tips dan Trik untuk Menentukan atau Memilih Pompa Celup untuk Kedalaman Sumur

Jangan sampai salah menentukan pompa celup untuk kedalaman sumur Anda, karena jika salah pilih maka pompa celup akan membuat masalah dan pastinya kerugian untuk Anda. Nah maka dari itu, pilih pompa celup untuk kedalaman sumur yang tepat dengan menentukannya melalui:

  • Tingkat kedalaman sumur yang harus sesuai dengan daya hisap dan daya dorong pompa celup yang dipilih oleh Anda.

  • Memilih pompa celup dengan kapasitas yang sesuai dengan kedalamannya, jika 30 meter maka cari pompa celup dengan kapasitas maksimal 30 lebih liter/menit. Hal itu agar proses tidak menjadi lama karena sumur yang dalam.

  • Daya dan tegangan yang ada pada pompa celup pun harus sesuai dengan kapasitas listrik yang ada dekat sumur tersebut. Karena jika tidak demikian maka penggunaan pompa celup pun dapat terganggu atau rusak.

  • Pompa celup untuk sumur setidaknya tahan terhadap suhu lebih dari 35 derajat. Dikarenakan sumur yang berada dalam umumnya mudah membuat pompa celup dingin.


Jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai pompa celup untuk sumur yang sesuai dengan tingkat kedalamannya. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Nah bilamana Anda tertarik ingin memiliki atau mengganti pompa air lama Anda, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, tentunya Anda semua bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page