Fungsi dan Kegunaan Permanent Magnet yang Wajib Diketahui



Magnet adalah suatu benda yang memiliki kemampuan menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Itu karena magnet memiliki sifat suatu objek yang di dalamnya terdapat medan magnet, sehingga magnet seperti menarik atau ada tekanan yang akan menempel pada magnet tersebut. Namun tahukah kalian, bahwa magnet yang bisa menempel ke objek lain, bisa digunakan dalam dunia lifting.


Nah magnet yang biasa digunakan untuk dunia angkat beban berat, adalah magnet yang bernama magnet permanent atau magnet lifter permanent. Mengapa demikian bisa digunakan pada dunia lifting? Untuk mengetahui jawabannya maka anda bisa simak artikel ini. Itu karena dalam artikel ini, kami akan jelaskan kepada anda apa itu permanent magnet, begitu juga dengan fungsi dan kegunaannya. Jadi langsung saja simak di bawah ini!

Mengenal Permanent Magnet yang Perlu Diketahui

Permanent magnet, apakah itu magnet yang akan terus menempel sampai selama-lamanya? Tentunya definisi magnet tersebut tidak sepenuhnya benar seperti itu. Hal itu karena permanent magnet adalah salah satu alat dari dunia lifting clamp, atau juga bisa anda maksudkan sebagai alat angkat berskala besar. Dan permanent magnet sendiri, tentunya akan menggunakan elektromagnet dengan performa yang tinggi, hal itu agar penempelan bisa super kuat layaknya permanen.


Tujuan adanya permanent magnet, adalah untuk memperoleh angkat beban berat dengan cepat dan efisien, sehingga memindahkan beban berat seperti benda bermaterial baja akan lebih cepat dan juga mudah pastinya. Tetapi, sama dengan alat lifter lainnya, permanent magnet juga perlu diusahakan agar lifter bisa presisi tepat, sehingga tidak terjadi masalah atau kerusakan pada alat tersebut.


Namun meski dibutuhkan usaha, tetapi perlu anda tahu bahwa menggunakan permanent magnet tentunya sangat mudah. Yaitu anda hanya perlu memutar tuas nya dan sistem magnetis nya akan langsung bekerja. Dan selanjutnya, pengguna hanya perlu menempelkan permanent magnet pada beban khusus, seperti berbahan baja, lalu kemudian mengoperasikan tuas yang terdapat pada permanent magnet pada mode on. Nah pada posisi tersebut, nantinya beban berbahan baja sudah dipastikan terkunci dengan tekanan dari medan magnet yang super kuat.


Untuk memindahkannya, maka permanent magnet tentunya bisa bergerak searah dengan rail. Dan jika sudah sampai di posisi peletakkan, maka permanent magnet akan merendah untuk memudahkan peletakkan benda. Dan dengan menggunakan tuas, maka pengguna juga dapat menyalakan dan mematikan permanent magnet. Untuk mengembalikan permanent magnet maka itu bisa dengan cara memutar tuas ke mode off untuk menurunkan beban.

Inilah Fungsi dan Kegunaan pada Permanent Magnet yang Wajib Diketahui

Bukan hanya untuk mengangkat beban berat yang terbuat dari logam seperti plat besi murni dan plat baja. Permanent magnet juga mempunyai mekanisme yang sudah sangat teruji keamanannya, serta mempunyai cara penggunaan dan kontrol yang mudah dan simpel untuk penggunaannya. Selain itu, adanya safety factor dalam mengangkat beban yang ternyata bisa mencapai 3:1. Sehingga bisa disimpulkan, bahwa permanent magnet bisa menahan beban sampai tiga kali lipat dari beban itu sendiri.


Lalu perlu anda ketahui, di bagian dalam permanent magnet ada sebuah celah udara yang mempunyai fungsi sebagai penahan magnet, hal itu agar alat tersebut bisa bekerja secara maksimal. Lalu belum lagi, permanent magnet itu sangat ringkas dan mudah untuk dibawa kemana saja dan kapan saja. Pada umumnya alat ini akan mampu untuk mengangkat beban mulai dari 0,1 ton sampai 5 ton, tidak hanya itu saja alat ini juga bisa anda gunakan untuk plat yang sudah dilapisi oleh cat.


Jadi itulah pembahasan mengenai permanent magnet yang perlu anda ketahui, begitu juga dengan fungsi dan kegunaannya. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dengan cara anda share artikel ini kepada yang lainnya juga. Bagi anda yang memang tertarik dengan crane, maka kami rekomendasikan yang terbaik yaitu Elephant Crane and Hoist, yang mana itu bisa anda ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com