Kelebihan dan Kekurangan Alat Berat Crane Tipe Crawler


Kelebihan dan Kekurangan Alat Berat Crane Tipe Crawler

Alat berat crane memiliki peran besar dalam banyak bidang, contohnya saja di pelabuhan. Crane ini memudahkan proses pemindahan barang dari kapal ke dermaga. Sifat crane yang dinamis membuat alat berat ini selalu dibutuhkan dalam setiap pekerjaan berat.


Salah satu jenis crane yang kerap kita jumpai adalah crawler crane. Crawler ini merupakan tipe crane yang dapat bergerak karena miliki roda rantai. Fungsi crawler ini banyak dimanfaatkan untuk memindahkan benda berat pada medan yang sulit.


Crawler sering juga disebut sebagai heavy duty karena sangat beragam kemampuannya yang memudahkan pekerjaan. Crawler ini cocok dimanfaatkan untuk kebutuhan pabrik, konstruksi jalan, bangunan, dan masih banyak lagi.


Kelebihan Alat Berat Crane Tipe Crawler


Crawler crane begitu dimintai karena memudahkan mobilitas benda berat di area konstruksi. Komponen crawler ini biasanya terdiri dari set track (roda), jib, katrol, dan juga superstructure.


Biasanya operator atau pengendali crane ini berada di dalam superstructure tersebut. Keunggulan yang dihadirkan alat berat ini sangat banyak. Berikut kelebihan crawler yang membuatnya istimewa.


Mampu Mengangkat Beban Ekstra Besar


Salah satu alasan alat berat crane ini begitu diminati karena kemampuannya dalam mengangkut beban ekstra besar. Beban tersebut dapat dipindahkan dengan mudah, tanpa khawatir crane akan terbalik.


Hal ini karena dalam crawler crane tersebut terdapat additional counterweight atau beban tambahan, yang memastikan crane tidak terbalik. Jadi meskipun bebannya melebihi batas maksimum, crawler ini masih dapat mengangkutnya.


Mampu Melakukan Banyak Tugas Berat


Keunggulan lain dari alat berat crane ini adalah kemampuannya dalam melakukan banyak hal. Untuk tugas – tugas ekstrim seperti clampshell atau dragline, dapat dilakukan dengan mudah oleh crawler tersebut.


Berkat adanya roda rantai, crawler juga mudah diaplikasikan pada ponton. Stabilitasnya sangat baik, sehingga crane tersebut tetap bisa dioperasikan pada medan yang tidak rata.


Dapat Dibongkar Pasang untuk Kebutuhan Mobilisasi


Crane tipe crawler juga didesain agar mudah dibongkar pasang. Hal ini karena alat berat crane tersebut sering juga dibutuhkan dibanyak tempat. Jadi setelah strucktur cranenya dilepas, proses mobilisasi jadi lebih mudah.


Crane dapat diangkut menggunakan truck, dan tidak memakan banyak tempat. Crane crawler ini sangat tangguh dalam mengangkut beban, serta dapat dioperasikan pada medan ekstrim.


Beberapa Kekurangan Pada Crawler Crane


Terlepas dari keunggulan yang dihadirkan, crawler crane juga memiliki beberapa kekurangan, sehingga hal ini perlu dipertimbangkan.


Pergerakan Crane Cukup Lambat Karena Bobotnya


Salah satu kekurangan alat berat crane tipe crawler ini adalah pergerakannya cukup lambat. Hal ini karena bobot crane sendiri sudah besar, sehingga ketika mengangkat beban, crane membutuhkan tenaga lebih besar untuk bergerak.


Selain itu ketika mengoperasikan crane, konsumsi bahan bakarnya jug cukup tinggi. Jadi ketika mengoperasikannya, crane sering memakan banyak biaya. Untuk crane yang menggunakan tenaga listrik, harganya terbilang tinggi.


Booming Kisi Cukup Sulit Dibongkar


Kekurangan lain dari alat berat crane ini adalah bagian booming kisinya cukup sulit dibongkar, sehingga membutuhkan orang yang berpengalaman. Ketika pemasangan ulang, harus dilakukan secara benar, karena jika tidak akan menimbulkan masalah pada crane.


Untuk kebutuhan mobilitas, tentu booming kisi ini harus dibongkar. Pastikan agar memasang secara tepat semua komponennya agar crane dapat beroperasi secara normal. Terlepas dari kekurangannya, crowler crane tetap menjadi pilihan yang tepat.


Crawler crane merupakan alat berat yang sudah membantu banyak pekerjaan berat. Jika Anda mencari alat berat yang bisa ditempatkan di berbagai medan, dan kemampuannya banyak, maka alat berat crane crawler jadi pilihan terbaik.