Kelebihan dan Kekurangan Wire Rope Hoist yang Jarang Diketahui


Kelebihan dan Kekurangan Wire Rope Hoist yang Jarang Diketahui

Wire rope hoist merupakan salah salah satu perlengkapan lifting fungsinya untuk membantu aktivitas dalam bidang industri. Misalnya saja pada bidang otomotif, manufaktur, perkapalan, konstruksi, pergudangan, dan lain sebagainya. Namun meski demikian, belum banyak yang tahu mengenai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan wire rope hoist yang wajib diketahui.


Kelebihan Wire Rope Hoist

Berikut ini kelebihan wire rope hoist yang wajib diketahui.


1. Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Kelebihan wire rope hoist yang pertama adalah lebih efisien dan hemat waktu. Hal tersebut berdasarkan cara kerjanya yakni sebuah pengait ditempelkan pada ujung kabel lalu digunakan untuk memudahkan benda saat diangkat. Katrol terpasang pada motor yang dioperasikan menggunakan unit kontrol tangan.


Wire rope hoist sendiri bekerja dengan cara menggerakkan benda dengan cara memutar katrol. Selain itu, banyak sekali jenis host yang akan menampilkan sistem troli. Dengan begitu, memungkinkan katrol dan motor bergerak di sepanjang lintasan, sehingga bisa memindahkan barang secara mudah dan cepat.


2. Memindahkan Barang yang Berat Secara Aman

Kelebihan kedua adalah bisa memindahkan barang yang berat secara aman yang mana barang tersebut tidak bisa ditangani menggunakan tali serat. Setiap mesin dinilai dalam kapasitas berat tertentu yang artinya, hanya jenis barang tertentu yang bisa dipindahkan secara aman menggunakan wire rope hoist ini. Selain itu, ketebalan kawat serta ukuran motor dan bahan yang digunakan untuk sistem troli akan menentukan kapasitas mesinnya.


3. Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Pemakaian tali kawat pada wire rope hoist dapat meminimalkan risiko kecelakaan secara signifikan. Selain itu, pada waktu yang bersamaan, alat ini memastikan bahwa material yang sedang ditangani aman dan akan ditempatkan dengan aman. Hal tersebut dikarenakan tali pengikat tersebut terbuat dari material premium yang fleksibel, serbaguna, dan yang terpenting bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.


4. Tersedia Atas Berbagai Kelas dan Ukuran

Untuk membantu menemukan alat yang ideal, penggunaan wire rope hoist sering dikategorikan berdasarkan kelas serta ukuran beratnya. Sehingga para pengguna bisa memilih salah satunya yang bisa digunakan dalam bisnis secara efektif.


5. Menawarkan Berbagai Macam Kapasitas

Kapasitas yang digunakan dalam wire rope hoist biasanya mencapai 4 sampai 30 ton. Hal tersebut berdasarkan jenis tali yang dipilih. Mengingat alat ini menangani beban yang berat, maka sebagian besar elemennya dirancang sampai sedemikian rupa untuk menangani sejumlah besar berat serta temperatur yang tinggi. Dengan begitu, maka alat ini bisa bertahan dalam kondisi yang ekstrim, sembari menawarkan penanganan Materia yang tentunya aman dan efisien.


6. Tali Dibuat dengan Banyak Untaian dan Kabel

Kelebihan terakhir adalah tali yang dibuat menggunakan banyak untaian dan kabel. Dengan begitu, maka tekanan, berat, dan tegangan beban akan tersebar pada beberapa bagian logam dibandingkan hanya bergantung pada satu kawat atau untaian saja. Jika terjadi satu rantai putus, maka tugas pengangkatan dan penurunan bisa tetap diselesaikan.


Kekurangan Wire Rope Hoist

Meski wire rope hoist mempunyai kelebihan yang banyak, tentunya alat ini mempunyai kekurangannya juga. Adapun kekurangan dari wire rope hoist antara lain sistemnya lebih komplek maka harganya cukup mahal. Kurang efektif apabila memakai trolley manual. Membutuhkan sumber listrik atau power yang besar dan Mempunyai ukuran yang lebih besar daripada chain hoist.


Itulah kelebihan dan kekurangan wire rope hoist yang wajib diketahui.