Kelebihan Electric Chain Hoist dan Fitur yang Dimilikinya


2. Kelebihan Electric Chain Hoist dan Fitur yang Dimilikinya

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia industry, electric chain hoist mungkin menjadi hal yang sudah tidak asing di dengar. Chain hoist memang begitu ideal untuk melakukan proses bongkar muat mesin serta alat perbaikan.


Chain hoist banyak digunakan di gudang, pabrik, gedung konstruksi atau bangunan hingga dermaga. Di tempat-tempat ini, Anda bisa menemukan chain hoist dengan berbagai macam kapasitas pengangkutan yang dimilikinya.


Kelebihan Alat Electric Chain Hoist


Sebagai sebuah alat electrical, tentu saja ada berbagai macam kelebihan yang dimiliki chain hoist ini. Berikut berbagai macam kelebihannya, antara lain:


1. Bisa menjadi alat angkat yang memiliki keamanan serta keandalan yang terjamin. Chain hoist memiliki mesin penggerak sehingga kemungkinan terjadi bahaya ketika menggunakannya bisa dikurangi.


2. Electric chain hoist memiliki struktur yang begitu sederhana, sehingga proses instalasi alat ini ketika ingin menggunakannya akan jauh lebih mudah. Bahkan pemeliharaan dan pembongkarannya juga bisa dilakukan dengan mudah.


3. Chain hoist kuat serta berbobot ringan. Chain hoist mengadopsi paduan aluminium ringan di fitur shellnya sehingga chain hoist memiliki tingkat pembuangan panas sangat tinggi. Selain itu desain yang dimilikinya tertutup sehingga cocok untuk seluruh kondisi pengoperasian.


4. Memiliki sifat fleksibel. Perlu diketahui, biasanya electric chain hoist ini biasanya gampang dipindahkan dibandingkan dengan alat yang lain seperti wire rape, sehingga chain hoist mudah diangkat ke berbagai lokasi.


5. Dapat mencapai pengangkatan vertikal. Chain hoist tidak memiliki gerakan lateral, hal ini disebabkan karena rantai digerakan di atas sprocket. Oleh sebab itu pencapaian pengangkatan vertikal mudah dilakukan.


6. Chain hoist bisa digunakan dengan berbagai macam peralatan lifting.


7. Electric chain hoist memiliki fitur chain container. Chain container merupakan kotak yang digunakan untuk mengumpulkan kelebihan kendur di lantai sehingga bisa mencegah serta menghentikan chain hoist merusak beban.


8. Terdapat limit switch. Dengan limit switch yang dimilikinya, chain hoist bisa mengatur jalur kait minimum serta maksimum, serta bisa melindungi beban pada kesalahan manusia ketika meletakan dan mengangkatnya.


Fitur yang Dimiliki Electric Chain Hoist


Selain memiliki berbagai macam kelebihan, chain hoist juga memiliki berbagai fitur. Berikut berbagai fitur yang dimiliki chain hoist, antara lain:


1. Motor housing shell. Fitur ini dipadukan dengan material aluminium sehingga strukturnya ringan serta kuat. Bukan hanya itu, fitur ini juga dilengkapi dengan fitur water protection serta dust protection sehingga mesin bisa berjalan dengan baik.


2. Load chain. Fitur ini digunakan untuk rantai penghubung pendek serta dirancang untuk aplikasi pengangkatan. Ini menjadi rantai pada chain hoist yang mengangkat struktur dari baja serta sudah ditempa dengan panas tinggi.


3. Clutch. Clutch merupakan fitur electric chain hoist yang berada di bagian motor housing serta digunakan untuk melakukan perlindungan proteksi ketika overload. Nantinya fitur ini akan digunakan dan motor berhenti ketika load barang diangkat.


4. Hook. Hook bisa dikatakan sebagai sebuah bagian dari chain hoist. Hook digunakan untuk pengait. Hook nantinya ditempa dengan sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan sempurna.


5. Cooling fan. Fitur ini digunakan untuk menghindari mesin dari overheat penggunaan berlebihan. Cooling fan yang berlubang berguna untuk mengatur sirkulasi mesin sehingga tetap dingin serta membuat mesin beroperasi.


6. Limit switch. Perangkat limit switch dipasang di tempat beban diangkat serta dimatikan untuk membuat motor berhenti dengan otomatis agar mencegah rantai melebihi standar keselamatan.


Dengan berbagai macam fitur yang dimiliki chain hoist, chain hoist bisa berkerja dengan optimal. Setiap fitur electric chain hoist mempunyai fungsi berbeda agar dapat membantu proses pengangkatan.