top of page

Mengapa Lampu LED Lebih Baik daripada Lampu Konvensional: Kelebihan dan Keuntungannya



Karena manusia tidak bisa melihat dalam gelap, maka hadirlah lampu yang memang tepat untuk membantu manusia dalam melihat. Nah karena peran itulah, lampu kini memiliki banyak jenis dan tipe, seperti lampu konvensional, lampu yang masih menggunakan filamen pijar (Incandescent) untuk menghasilkan cahaya dengan cara memanaskan sebuah komponen yang secara relatif mempunyai resistansi listrik yang besar (filamen) dengan aliran listrik.


Namun kian berkembangnya zaman, lampu pijar kian lama kian mulai ditinggalkan, alasannya karena ada saingannya yang lebih baik dan unggul dibandingkan lampu pijar, yakni dia adalah lampu LED. Nah mengapa lampu LED lebih baik dibandingkan lampu konvensional, baik itu kelebihan dan keuntungannya akan kami jelaskan di artikel pada ini kesempatan kali ini. Oleh karena itu, maka simak artikel ini agar Anda tahu kenapa lampu LED lebih baik.


Informasi Mengenai Lampu LED yang Ternyata Lebih Baik Daripada Lampu Konvensional

Lampu LED lebih baik dari lampu konvensional, pastinya itu ada alasannya, yakni lampu LED yang memang memiliki kelebihan serta keuntungannya. Nah untuk semakin jelasnya, maka Anda bisa simak apa saja yang menjadi kelebihan serta keuntungan dari lampu LED yang tidak dipunya oleh lampu konvensional.


Inilah Kelebihan dan Keuntungan Lampu LED yang Tidak Dipunya Lampu Konvensional

  • Kelebihan utama dari lampu jenis LED tentunya adalah jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu pijar dan lampu bohlam standar, atau lampu konvensional lainnya.

  • Kemudian lampu LED juga memiliki ketahanan yang lebih lama, dengan umur sekitar 10.000 hingga 50.000 jam penggunaan.

  • Keuntungan mempunyai lampu LED, yakni ia sangat ramah terhadap lingkungan. Alasannya karena memang lampu LED dibuat dengan material yang ramah lingkungan dan tidak memiliki kandungan merkuri dan gas berbahaya lainnya, sehingga dengan begitu bisa membuatnya aman untuk lingkungan.

  • Nah berbeda dari lampu pijar lainnya, pancaran dari lampu LED dianggap tidak panas, sehingga dengan begitu maka lampu pun tidak berbahaya untuk disentuh setelah digunakan.

  • Dari kelebihan berupa minimnya panas dari pancaran lampu yang dihasilkan, maka itu secara langsung bisa membuat ruangan menjadi tidak mudah panas, sekaligus mengurangi potensi bahaya kebakaran yang umumnya bisa diakibatkan oleh lampu.

  • Keuntungan dan kelebihan lainnya, datang dari adanya pancaran cahayanya yang lembut, yang mana itu bisa membuat lampu jenis LED sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur.

  • Lampu LED tentunya bisa menghasilkan cahaya tetapi bukan sembarang cahaya. Nah cahaya yang dihasilkan oleh lampu ini pastinya jauh lebih terang dibandingkan lampu pijar biasa dengan ukuran watt yang sama. Sebagai perbandingan, intensitas cahaya lampu LED adalah 84 lumens/watt, sedangkan intensitas cahaya lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) 55,4 lumens/watt, dan lampu pijar (tungsten) 14,3 lumens/watt. Nah oleh karena itu, maka Anda bisa lihat mana yang lebih terang.

  • Umumnya konsumsi energi lampu LED itu rendah, sehingga dengan konsumsi energinya yang rendah, maka usia pakainya panjang. Selain itu, dengan menggunakan lampu LED berarti dapat menekan biaya penggunaan listrik dan menghemat belanja kebutuhan lampu setiap tahunnya.

  • Lampu LED tentunya dapat langsung menyala terang tanpa perlu waktu pemanasan, tidak seperti lampu CFL yang baru menyala terang optimal setelah beberapa menit. Jadi walaupun biaya pembelian lampu LED lebih mahal dibandingkan biaya pembelian lampu jenis lain, tetapi itu akan pantas dalam penggunaan LED, yang mana ia tetap lebih hemat karena terbukti efisien dan efektif semasa usia pakainya.


Jadi itulah alasan mengapa lampu LED itu lebih baik daripada lampu konvensional, yang mana itu dari kelebihan serta keuntungan lampu LED yang tidak dipunya lampu konvensional. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentarii


bottom of page