Kelebihan Pompa Celup Dibandingkan Pompa Air Lainnya


Kelebihan Pompa Celup Dibandingkan Pompa Air Lainnya

Meski pompa celup sudah banyak digunakan dalam rumah tangga, industrial hingga penangkaran ikan air tawar. Tapi belum banyak yang membahas mengenai kelebihan dan bagaimana kinerjanya dalam menyalurkan sumber air ke beberapa sektor.


Secara umum, pompa ini memang yang operasionalnya dibenamkan di dalam air. Kemudian, kinerjanya adalah mendorong air ke permukaan tertentu. Biasanya juga ketinggian permukaan sudah harus ditentukan sebagai syarat mutlak agar alat ini bisa bekerja.


Sebutan nama lain dari pompa ini adalah submersible. Untuk variasi ini memang terkenal dengan filterisasinya. Sehingga banyak yang suka, karena hasil air yang didorong sudah pasti nanti bersih dan layak digunakan.


Kinerja Pompa Celup Ketika Diaktifkan


Jika membahas tentang pompa ini, kinerja yang paling mudah dicerna adalah memindahkan satu air pada titik tertentu ke titik lainnya. Memang, untuk bisa mengaktifkannya harus dicelupkan ke dalam air.


Justru tidak akan bisa diaktifkan bahkan sampai rusak bila mengoperasikannya dalam suatu tempat yang kering dalam air. Karena memang pompa celup ini harus dicelupkan ke dalam air untuk bisa bekerja dengan baik.


Hal yang membedakan jenis celup dengan pompa lainnya adalah motor penggeraknya letaknya bergabung dengan badan pompanya. Jadi, untuk bagian casing memang harus rapat, dan tidak boleh kemasukan benda apa saja.


Untuk kinerja pompa celup itu bersifat sentrifugal. Apakah sentrifugal itu? yaitu bekerja secara kinetis, di mana dari energi gerak dari kecepatan putaran motornya menjadi energi potensial.


Energi potensial itulah yang nanti akan mendorong air dalam tanah untuk mencapai ke permukaan. Jadi, benar adanya bila ketinggiannya juga harus diperhitungkan dulu. Karena menggunakan energi kinetis untuk melakukan kinerjanya ini.


Untuk energi yang dihasilkan sendiri berasal dari impeller. Impeller ini nantinya berputar di dalam casing pompanya.


Untuk mengaktifkannya, pompa celup itu harus benar-benar tenggelam ke dalam air. Lalu, bagaimana dengan mesinnya? Itulah kenapa pada jenis pompa ini, bagian motor penggerak dibungkus secara rapat dan kedap air agar bisa terus bekerja dengan baik.


Kelebihan Pompa Submersible yang Harus Diketahui


Sebenarnya untuk pompa ini sama seperti jenis pompa air lainnya. Hal yang membedakannya hanya peletakannya bagaimana nanti. Jika untuk pompa air jet pump, itu seperti menyedot air.


Biasanya juga mesinnya diletakkan di luar dan pipanya yang harus masuk ke dalam. Namun, untuk jenis submersible ini harus masuk ke dalam air. Sehingga mesin penggeraknya itu gabung dengan casing pompa.


Meski pada rumah tangga masih jarang yang menggunakan jenis pompa satu ini, ternyata memiliki banyak kelebihan. Selain kinerjanya yang unik, kelebihannya juga cukup banyak. Apa saja kelebihan dari jenis pompa celup yang satu ini? berikut adalah penjelasannya :


1. Hemat Daya

Tentu saja untuk hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika membeli ini, karena daya listriknya cukup ringan. Sehingga dalam penggunaan sehari-hari tidak begitu menyerap banyak listrik.


2. Tidak Berisik

Dikarenakan kinerjanya di dalam listrik, sehingga tidak begitu berisik dan cenderung diam. Jadi, tidak mengganggu bila dihidupkan saat malam hari.


3. Cukup Efisien

Di mana energi yang digunakan tidak terlalu besar tapi bisa menarik air dengan debit cukup besar.


4. Tahan Lama

Meski sering digunakan dalam kurun waktu 24 jam, tapi tetap awet dan tenaga dalam mendorong airnya tetap stabil.


5. Pemasangannya Mudah

Ketika baru membelinya, pasti ada tahap untuk memasangnya. Tidak perlu tukang, Anda juga bisa memasangnya sendiri dengan petunjuk yang ada.


Bagi Anda yang memiliki usaha penangkaran ikan air tawar, sangat disarankan untuk menggunakan jenis pompa celup ini. Pengalirannya akan jauh lebih baik dengan menghasilkan sumber bersih.