Kenali Fitur-Fitur Pada Genset Diesel Berikut!


Kenali Fitur-Fitur Pada Genset Diesel Berikut!

Dengan memiliki genset di area rumah ataupun pertokoan Anda, tentu membawa manfaat dalam berbagai hal. Apalagi sekarang ini teknologi baik mesin dan alat komunikasi membutuhkan energi listrik dalam pengoperasiannya. Agar memenuhi kebutuhan tersebut, membeli genset tidak ada salahnya. Perlu untuk Anda ketahui, berikut akan dijelaskan fitur-fitur pada genset diesel.


Tidak bisa dipungkiri lagi, genset menjadi kebutuhan krusial saat pemadaman listrik dilakukan pihak PLN sewaktu-waktu. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan khususnya di tempat krusial seperti, rumah sakit, bandara, pabrik, dan lainnya, genset memiliki peran yang teramat penting.


Dalam prosesnya, listrik yang dihasilkan oleh genset diesel menggunakan konsep induksi atau terdapat pemotongan medan magnet melalui penghantar, sehingga daya listrik dapat diproduksi.


Tenaga listrik yang dihasilkan genset diesel menggunakan bahan bakar solar, dan bukan bensin. Hal ini bertujuan, agar kekuatan mesin dalam satuan RPM dapat diolah oleh alternator menjadi listrik.


Untuk mengetahui beberapa fitur di dalam genset diesel, berikut informasinya untuk Anda!


Fitur-Fitur Pada Genset Diesel

Pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja, dan Anda tidak bisa memperkirakan kapan waktunya dinyalakan. Setiap produk genset memiliki pengaturan yang perlu diketahui pemiliknya. Tidak memandang produk tersebut mahal ataupun murah, saat Anda tidak benar-benar memahaminya, maka bisa terjadi kesalahan dalam menggunakannya.


Untuk itu penting mengenal fitur-fitur, khususnya di genset diesel berikut ini.


1. Panel Automatic Transfer Switch (ATS)

Panel ATS atau automatic transfer switch merupakan rangkaian elektrik yang difungsikan menjadi saklar, sehingga genset bisa beroperasi secara otomatis, ketika pemadaman listrik terjadi. Panel ATS bekerja dengan cara mentransfer sumber listrik yang awalnya dari PLN, menuju ke mesin genset diesel.


Proses pemindahan ini, memungkinkan Anda untuk tidak menukarnya secara manual dari daya listrik PLN menuju mesin genset Anda. Hal ini juga bekerja, ketika Anda akan mengganti sumber listrik ke PLN.


Sederhananya, ketika pemadaman listrik selesai dan dinyalakan oleh pihak PLN, maka panel ATS akan bekerja mengganti alirannya secara otomatis.

2. Automatic Main Failure (AMF)

AMF terdiri dari rangkaian elektrik yang berjalan secara otomatis (bisa hidup atau mati). Mungkin ini terdengar sama dengan fitur sebelumnya, karena kegunaan fitur ini sudah lebih praktis tanpa perlu teknisi lagi.


Aliran listrik akan ditransfer ke genset, tepat setelah pemadaman dari PLN berjalan, termasuk dalam hal ini ketika pemadaman telah usai.


Fitur-fitur pada genset diesel ini tidak hanya Anda temukan di produk yang harganya mahal, karena produk tertentu dengan harga ekonomis juga menggunakannya.

3. Panel Sinkronisasi

Maksud dari fitur panel sinkronisasi adalah adaptasi mesin genset ketika digunakan untuk menjalankan dua unit sekaligus. Ini akan berfungsi ketika terjadi kendala, seperti load variasi cukup besar ataupun pengguna an genset yang terus-menerus. Melalui fitur inilah, penggunaan listrik lebih hemat melalui genset.


4. Panel ATS AMF

Setelah Anda mengenal fitur di poin 1 dan 2, fitur ini menjadi perpaduan keduanya. Penggabungan dua fitur ini bertujuan untuk mengubah jalur listrik secara otomatis, dan mematikan genset setelah kembali menyala.


Ini merupakan keunggulan dari genset diesel, yang memungkinkan pengguna lebih leluasa dalam pengendalian listrik nantinya.


Berikut menjadi penjelasan singkat tentang genset diesel serta fitur-fitur pada genset diesel. Tentu ini bermanfaat bagi Anda saat proses pemakaian mesin genset. Untuk mendapatkan produk genset diesel terpercaya akan kualitas dan spesifikasinya, cobalah untuk berkunjung di websiteIndah Jaya Group, dan temukan beragam produk di sana!