Kenali Harga Genset Berdasarkan Jenis – jenisnya


Kenali Harga Genset Berdasarkan Jenis – jenisnya

Sebagai alat penunjang keperluan rumah tangga, harga genset berspesifikasi bagus sangat dibutuhkan. Cocok digunakan jika tiba – tiba terjadi pemadaman, namun masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan dengan membutuhkan aliran listrik.


Sebelum membelinya, pastikan Anda menghitung dahulu kebutuhan listrik yang biasanya dipakai. Idealnya, pakai genset minimal berkapasitas 10 persen lebih besar dari total kebutuhan listrik rumah.


Ketiga, pilih ukuran ringkas juga ringan agar tidak memakan tempat. Pertimbangkan juga ukuran kVa supaya mencukupi kebutuhan. Keempat, Anda wajib memahami spesifikasi dan harga dari genset yang ingin dibeli.


Jenis – jenis Genset dan Harga Genset Standarnya di Pasaran


Perlu diketahui, saat menentukan genset, tidak ada salahnya menanyakan garansi maupun sparepart. Jika sewaktu – waktu mengalami kendala, Anda memahami cara mengatasinya. Pertimbangkan bahan bakar yang dipakai mudah serta mudah ditemukan.


Setelah itu, baru Anda dapat memilih jenis - jenis generator set sesuai budget. Mengingat sudah banyak inovasi mengenai teknologi maupun bahan bakarnya, berikut kami jelaskan jenis dan harganya di pasaran.


Generator Set Gas


Seperti namanya, mesin genset pertama ini memakai bahan bakar berupa gas. Oleh karena itu mampu menghasilkan tingkat emisi yang rendah dibandingkan bila memakai bensin atau diesel.


Sehingga penggunaannya membantu mengurangi zat – zat beracun yang membahayakan lingkungan. Harga genset gas dibanderol cukup mahal karena kelebihannya tersebut, yaitu sekitar Rp. 2.000.000an sampai Rp. 59.000.000an sesuai tipe maupun merk.


Generator Set Diesel


Jenis kedua ini menggunakan bahan bakar berupa solar untuk mengoperasikannya. Penggunaan solar pada generator set dapat membantu mengeluarkan daya lebih besar dibanding bahan bakar lainnya.


Tetapi ketika digunakan mengeluarkan bunyi cukup bising. Harganya sendiri berkisar antara belasan juta hingga Rp. 125.000.000an.


Generator Set Bensin


Genset bensin mudah dijumpai di mana – mana karena umum digunakan oleh orang – orang. Sesuai namanya tentu menggunakan bensin untuk mampu menghasilkan daya listrik cukup besar.


Kelebihan lainnya terletak pada biaya perawatannya tergolong ekonomis. Selain itu, suara yang dihasilkan tidak terlalu berisik. Karena cukup terkenal, harga genset bensin relatif terjangkau, dipatok dari Rp. 2.000.000an – Rp. 16.000.000an.


Generator Set Standby


Generator set standby bisa langsung beroperasi secara instan ketika listrik mati, berbeda dari jenis lainnya yang membutuhkan sekitar 5 – 10 detik penyalaan. Ukurannya ringkas sehingga tidak memakan tempat.


Dijual dengan harga Rp. 25.000.000 sampai Rp. 32.000.000an. Di samping itu, pengeluaran daya energinya jauh lebih besar dibanding model portable, sehingga jika dihitung menurut keuntungan penggunaannya, standby jauh lebih ekonomis.


Generator Set Teknologi Inverter


Kelebihan penggunaan genset teknologi inverter terletak pada kemampuan menghasilkan daya 3 phase, sehingga aliran listrik stabil. Selain itu, bisa menghasilkan arus AC berfrekuensi tinggi.


Lalu diubah jadi arus DC, dan dikembalikan ke AC dalam frekuensi rendah. Sehingga cocok dipakai untuk elektronik sensitif. Harga genset teknologi inverter dimulai dari rentang Rp. 5.000.000an hingga Rp. 17.000.000an.


Generator Set Portabel


Ukurannya yang kecil, ringan, disertai fitur tambahan berupa roda menjadikan genset portabel mudah dibawa ke mana – mana sesuai kebutuhan. Karena ukurannya ringkas, hasil dayanya juga terbatas.


Bisa dipakai untuk kebutuhan listrik berdaya rendah saat bepergian. Misalnya sebatas handphone, laptop, atau lampu darurat. Rentang harganya di pasaran adalah sekitar Rp. 1.000.000 – Rp. 55.000.000 ke atas tergantung merknya.


Generator Set Tenaga Surya


Jenis genset terakhir ini menggunakan bahan bakar bensin juga solar. Daya yang dihasilkan mengandalkan cahaya matahari yang ditangkap panel surya. Umumnya harga genset tenaga surya dibanderol sekitar Rp. 8.000.000an.


Maka dari itu, lebih awet tanpa khawatir timbulnya korosi. Putaran yang dihasilkan saat beroperasi tidak berisik, sehingga menghindarkan lingkungan dari polusi suara.


Beberapa jenis generator set di atas memiliki biaya bermacam – macam tergantung tipe maupun merknya. Sebelum membeli, pastikan melakukan penyesuaian terhadap harga genset dengan kebutuhan.