Kenali Perbedaan antara Fixed Hoist dan Crane dengan Baik


Kenali Perbedaan antara Fixed Hoist dan Crane dengan Baik

Fixed hoist dan crane memiliki beberapa perbedaan yang perlu Anda kenali. Meskipun demikian, keduanya merupakan alat pengangkutan objek yang sangat dibutuhkan di dunia industri yang berat.


Bahkan, keduanya sering dibuat dalam satu rangkaian menjadi satu fungsi yang saling berkaitan. Tentunya Anda bisa memaksimalkannya dengan memanfaatkan kedua alat untuk pengangkutan beban ini.


Fixed hoist ini juga banyak digunakan karena memiliki sistem rangkaian yang bisa digunakan berbagai perusahaan penggunaan kedua alat tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis yang dipilih.


Crane hoist adalah dua benda yang merupakan gabungan antara mesin hoist dan crane. Tentunya keduanya akan bekerja sesuai dengan fungsinya sehingga Anda perlu memahami perbedaannya.


Perbedaan yang saling terkait ini dapat memaksimalkan kebutuhan Anda dalam pengangkutan beban. Pekerjaan akan semakin mudah jika berhasil memanfaatkannya sesuai dengan tempat yang tepat untuk digunakan.


Perbedaan Fixed Hoist dan Crane


Keduanya memiliki perbedaan meskipun keduanya dapat dikombinasikan. Hoist sendiri adalah bentuk alat yang sejenis dengan pesawat angkat yang bisa diaplikasikan pada penurunan dan pengangkatan beban dengan vertikal.


Sedangkan, crane dikenal sebagai alat yang memiliki sistem untuk dapat digunakan pada kegiatan mobilitas mendukung hoist. Beberapa kebutuhan fixed hoist hanya digunakan untuk pergantian unit existing.


Sementara itu, untuk perbedaan hoist dan crane secara lebih mendetail dapat Anda lihat dari sistem kerja keduanya. Perbedaan yang paling terlihat adalah penggunaan electric hoist dan manual hoist.


Manual hoist biasanya memiliki harga yang lebih murah. Selain itu, bobot dari sistem manual juga tidak seberat electric hoist sehingga cocok jika tempat penggunaannya tidak memiliki supply listrik yang cukup.


Perbedaan fixed hoist dan crane juga dapat dilihat dari jenis maupun tipe keduanya yakni wire rope hoist dan chain hoist. Kedua jenisnya memiliki kelebihan masing-masing dan sama-sama mudah dalam perawatannya.


Selain itu, dari pergerakannya juga memiliki perbedaan. Pergerakan pada hoist dilakukan sesuai dengan kebutuhannya, baik itu dalam bentuk type fixed seperti aplikasi lift cargo, warehouse dan workshop.


Sedangkan, crane sendiri memiliki banyak jenis tetapi memiliki fungsi serupa yaitu untuk mengangkat beban berat. Tidak hanya itu, perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari tower crane yang digunakan.


Tower crane digunakan untuk melakukan pekerjaan dalam membangun gedung tinggi seperti perkantoran dan mall. Sementara itu, mobil crane berperan dalam segi mobilitasnya lebih dimanfaatkan pada pekerjaan.


Kelebihan Menggunakan Hoist yang Perlu Diketahui


Perbedaan fixed hoist juga dapat dilihat dari kelebihan yang dimilikinya. Berikut ini beberapa kelebihan ketika menggunakan hoist dalam pekerjaan mengangkat maupun memindahkan beban berat pada pekerjaan.


1. Kapasitas angkut yang besar sehingga efektif digunakan mulai dari beban 250 kg mencapai 50 ton.


2. Memiliki overload protector. Peranannya sebagai sistem untuk menghentikan hoist ketika beban yang diangkat melebihi kapasitas. Cara ini bisa membuat alat fixed hoist menjadi lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan.


3. Produknya berkualitas karena dilengkapi dengan tali sling baja yang kuat dan tali rantai. Hal ini membuat hoist aman ketika digunakan.


4. Bisa meningkatkan produktivitas perusahaan karena adanya bantuan alat.


5. Mengurangi biaya operasional karena untuk pemindahan beban berat sudah menggunakan alat khusus.


6. Memperbaiki kondisi kerja yang dikombinasikan antara alat dengan bantuan operator.


Sebagai salah satu alat kerja berat yang dibutuhkan, Anda perlu memahami kelebihan dari hoist. Selain itu, alat ini sering dikombinasikan dengan crane sehingga perbedaan fixed hoist dengan crane perlu dipahami.