Kenali Perbedaan Selang Termoplastik dan Selang Rem Udara dengan 4 Cara Berikut Ini!


Kenali Perbedaan Selang Termoplastik dan Selang Rem Udara dengan 4 Cara Berikut Ini!

Jika dilihat secara sekilas, selang termoplastik dan juga selang rem udara memang terlihat mirip. Namun sebenarnya keduanya adalah dua jenis selang yang berbeda. Untuk memudahkan Anda dalam mengenali perbedaan selang termoplastik dan selang rem udara ini, Anda bisa menyimak beberapa informasi penting di bawah ini.


Bagaimana Mengenali Perbedaan Selang Termoplastik dan Selang Rem Udara dengan Mudah?


Agar Anda tidak keliru dalam memilih antara selang termoplastik dan juga selang rem udara ini, maka tentunya Anda perlu mengenali beberapa perbedaan antara keduanya. Bagaimana cara mengenali perbedaan selang termoplastik dan selang rem udara ini?


Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini. Diantaranya:


1.Cari Tahu Mengenai Bahan yang Digunakan

Cara yang paling mudah untuk mengenali perbedaan antara selang termoplastik dengan selang rem udara adalah dengan mencari tahu mengenai bahan dari kedua jenis selang tersebut. Dimana selang termoplastik pastinya dibuat dari bahan termoplastik elastomer.


Sementara selang rem udara atau yang dikenal juga dengan nama air brake compressed air merupakan salah satu jenis yang dibuat dari bahan karet sintetis dan juga logam. Dengan kata lain, jika Anda menemukan selang dengan bahan logam maupun karet, maka bisa saja selang tersebut merupakan jenis selang rem udara.


Sedangkan jika selang tersebut merupakan jenis selang yang mungkin hampir mirip dengan selang berbahan plastik, namun terlihat lebih lentur dan elastis, maka bisa dipastikan bahwa selang tersebut adalah selang termoplastik.


2. Perhatikan Ketebalan Pada Bagian Tengah dari Kedua Jenis Selang

Selain mencari tahu mengenai bahan yang digunakan dalam pembuatan kedua jenis selang ini, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengenali perbedaan selang termoplastik dan selang rem udara yaitu dengan melihat ketebalan dari kedua jenis selang tersebut. Dimana ketebalan pada bagian tengah lingkaran pada selang rem udara, pada umumnya jauh lebih tebal, jika dibandingkan dengan bagian tengah lingkaran dari selang termoplastik.


3. Dilihat dari Penggunaan dari Setiap Jenis Selang

Pada umumnya, selang termoplastik sering digunakan dalam aktivitas pertambangan minyak bumi dan gas alam. Bahkan kini, fungsi dari selang termoplastik ini menjadi lebih dominan, karena sering digunakan sebagai regulator dari kompor gas.


Sementara selang rem udara biasanya digunakan pada kendaraan bermotor. Dimana fungsi dari selang rem udara pada kendaraan bermotor ini yaitu untuk mengalirkan minyak rem yang berasal dari master rem, yang dialirkan menuju kaliper rem, yang biasa ada pada kendaraan bermotor.


4. Cari Tahu Mengenai Lama Pemakaian

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengenali perbedaan dari selang termoplastik dan juga selang rem udara ini yaitu dengan mencari tahu mengenai lama pemakaian. Dimana untuk selang rem udara ini biasanya memiliki daya tahan antara 3-4 tahun lamanya. Sementara untuk selang termoplastik, jangka waktu yang disarankan untuk menggunakan selang jenis ini yaitu sekitar 1,5 tahun.


Itu dia beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam mengenali perbedaan selang termoplastik dan selang rem udara. Dengan demikian, meskipun mungkin terlihat sama, namun Anda masih bisa membedakan antara kedua jenis selang tersebut, hanya dengan melakukan beberapa cara diatas. Untuk mendapatkan kedua jenis selang ini, Anda bisa mengunjungi Indahjaya.com yang berlokasi di Jl. Hayam Wuruk Komplek Glodok Jaya No.14. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi laman website dari industrial tools terlengkap disini https://www.indahjaya.com.