Kenali Tipe dan Kapasitas Elektrik Wire Rope Hoist Berikut!


Kenali Tipe dan Kapasitas Elektrik Wire Rope Hoist Berikut!

Hoist merupakan alat bantu yang dimanfaatkan sebagai pemindahan dan pengangkatan material tertentu. Hal ini disebabkan atas gaya angkat yang disediakan oleh drum (atau roda), dan terbungkus tali/kawat/serat/rantai. Adapun jenis hoist yang beredar dipasaran ada dua yakni, wire rope hoist dan chain hoist. Artikel ini akan menjabarkan tipe dan kapasitas elektrik wire rope hoist sebagai acuan Anda dalam menggunakan alat tersebut.


Pada dasarnya penggunaan alat bantu wire rope hoist dapat dilakukan secara manual maupun elektrik, sehingga sering dipakai dengan istilah elektrik wire rope hoist. Dalam pengaplikasiannya, alat ini memanfaatkan ‘wire rope’ sebagai media pengangkatan barang. Dimana wire rope atau kawat dikaitkan dengan drum, sehingga memungkinkan untuk menurunkan beban barang.

Mengenal Apa itu Electrik Wire Rope Hoist


Sebelum mengarah pada penjelasan tipe dan kapasitas elektrik wire rope hoist, Anda perlu mengenali alat bantu ini berdasarkan pengertian dasarnya. Dimana electrik wire rope hoist digunakan untuk mengangkat benda besar, dengan cara memasangkannya di atas gudang, sehingga bisa berjalan menggunakan rel melalui overhead crane.


Pada dasarnya produk hoist ini, dibuat oleh produsen dengan minimum kapasitas yakni 0,5 ton sampai 45 ton. Adapun secara umum produk wire rope hoist terdiri dari motor listrik yang berputar secara teratur dan menjalankan drum. Produk ini memiliki jumlah untaian logam yang disatukan pada area drum, dan membuat keduanya (ujung kawat dan drum) menempel dengan klem besi.


Mengenali Tipe dan Kapasitas Elektrik Wire Rope Hoist


Produk elektrik rope hoist memiliki jenis yang beragam untuk membantu proses pengangkatan di sebuah industri tertentu. Banyaknya varian untuk produk ini, menjadikan Anda harus mempertimbangkan produk tersebut sesuai kebutuhan. Apapun jenis hoist yang Anda pilih, selama masuk di kategori elektrik wire rope hoist, cara kerjanya selalu membutuhkan energi listrik.


Produk hoist ini bisa ditentukan melalui kapasitas yang diperlukan, sehingga dapat membantu pekerjaan Anda secara mudah dan efisien. Beberapa kapasitasnya meliputi, elektrik wire hoist ukuran 1 ton, ukuran 2 ton, ukuran 3 ton, ukuran 5 ton, hingga ukuran 15 ton. Melalui electric trolley, maka semua barang dapat dipindahkan ke titik tertentu yang Anda inginkan.


Untuk penggunaan di tempat casting, perkapalan, hingga tempat yang membutuhkan alat berat (agar bisa mengangkut besi, baja, mesin-mesin) maka digunakan electrik wire rope hoist berkapasitas 5 ton hingga 10 ton. Sedangkan di bidang industri seperti manufaktur, konstruksi, minyak-gas, maka digunakan electrik wire rope hoist berkapasitas 1 ton, 2 ton, sampai 3 ton.


Adapun tipe produk dari electrik wire rope hoist ini beraneka ragam, sesuai dari sumber daya listrik yang digunakan. Untuk penggunaan 1 phase energi listrik sesuai dipakai pada bidang industri kecil. Sedangkan alat yang membutuhkan 3 phase energi listrik, maka sesuai jika dimanfaatkan pada industri besar. Dari kapasitas dan tipe elektrik wire rope hoist sangat sesuai digunakan pada semua kondisi tertentu.

Berikut menjadi penjelasan panjang tentang tipe dan kapasitas elektrik wire rope hoist. Dengan menggunakan sebagian besar tenaga listrik, menjadikan alat ini dapat diaplikasikan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu. Jika Anda membutuhkan bantuan, dalam membeli produk alat berat, termasuk elektrik wire rope hoist, silahkan berkunjung di website Indah Jaya Group.