Kepopuleran Genset Silent dan Keunggulan Jika Menggunakannya


Kepopuleran Genset Silent dan Keunggulan Jika Menggunakannya

Kepopuleran genset silent membuat banyak orang bertanya-tanya, sebenarnya apa kelebihan dari jenis satu ini. Selain itu, masih banyak juga yang menganggapnya sama seperti genset open dari segi fisiknya.


Padahal, terdapat perbedaan yakni pada kanopi penutupnya, pada jenis silent ada. Sedangkan, pada genset open tidak memiliki kanopi penutup, jadi langsung terlihat bagian atau komponen di dalamnya.


Namun pada kegunaannya, keduanya memiliki fungsi yang sama yakni memberikan sumber daya pengganti ketika terjadi pemadaman. Penggunaannya bisa digunakan baik pada sebuah industri bahkan skala rumahan.


Keunggulan Penggunaan Genset Silent Dibandingkan Jenis Open


Jenis satu ini sudah dibekali teknologi yang jauh lebih canggih daripada genset konvensional. Salah satunya terletak pada sakelar otomatis. Sakelar bisa menyala secara otomatis ketika pemadaman terjadi.


Selain itu, desainnya juga lebih modern apalagi dengan adanya tambahan kanopi di bagian body. Untuk lebih lengkapnya lagi. Berikut adalah keunggulan penggunaan dari genset silent.


Tidak Terdengar Suara Kebisingan


Seperti Anda ketahui bahwa genset ini memiliki kanopi yang menutupi bagian bodi mesinnya. Kanopi ini memiliki fungsi sebagai peredam suara sehingga ketika digunakan tidak terdengar suara bising.


Tidak adanya kebisingan membuat genset silent cocok digunakan di rumah maupun pada lokasi publik. Penggunaannya juga banyak dipilih untuk acara umum seperti konser musik, pesta pernikahan, dan lainnya.


Mampu Bertahan di Cuaca Ekstrem


Kanopi yang terpasang pada body genset tidak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tapi juga menjadi pelindung ketika cuaca ekstrem. Kebanyakan jenis ini mampu bertahan baik di cuaca panas ataupun hujan.


Ketahanannya yang begitu andal membuat hampir seluruh penggunanya meletakkan di luar ruangan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan pada genset silent ketika terus terkena hujan atau panas.


Perawatan Cukup Mudah


Banyak orang memilih tidak menggunakan generator karena khawatir sulit ketika melakukan perawatannya. Padahal, itu adalah anggapan salah karena saat ini sudah tersedia generator modern dengan perawatan yang mudah.


Jenis genset silent juga memiliki perawatan yang lebih mudah jika dibandingkan dengan lainnya. Generator lain, tidak memiliki kanopi sebagai pelindung mesin sehingga perlu perawatan ekstra, sedangkan jenis silent memilikinya.


Mudah dalam Penyimpanan


Keunggulan lain dari jenis ini adalah memiliki body dengan ukuran lebih compact sehingga lebih praktis untuk mobilitas atau juga dipindahkan. Anda tidak perlu teknisi untuk membantu pemindahan atau hal lainnya.


Untuk penempatan, sebenarnya jenis ini bisa diletakkan di luar atau dalam ruangan. Tapi, kebanyakan pengguna lebih suka meletakkannya di luar ruangan karena memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap cuaca ekstrem.


Banyak Dijual di Pasaran


Saat ini, penggunaannya semakin dibutuhkan oleh masyarakat baik keperluan manufaktur atau pribadi. Untuk Anda yang ingin menggunakannya bisa membeli di toko konvensional atau juga online.


Genset silent memang memiliki harga yang lebih mahal daripada konvensionalnya, hal ini dikarenakan adanya kanopi penutup. Tapi, harganya tetap terjangkau serta lebih unggul dari jenis lainnya.


Meminimalisir Polusi Suara


Seperti Anda ketahui jika jenis silent tidak mengeluarkan suara kebisingan mesin ketika sedang digunakan. Hal itu bisa membantu meminimalisir atau bahkan mencegah terjadinya polusi suara.


Polusi suara tidak jauh beda dari udara, hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mampu membahayakan kesehatan manusia. Suara kebisingan sangat mudah menimbulkan masalah seperti gangguan tidur hingga kerusakan indra pendengar.


Melihat keunggulannya, Anda mungkin sudah yakin akan performa yang dihasilkan dari genset modern satu ini. Ciptakan kenyamanan tanpa kebisingan yang mengganggu orang lain dengan menggunakan genset silent.