top of page

Rahasia Dibalik Kerja Selang Hidrolik yang Wajib Anda Ketahui



Mesin atau alat hidrolik merupakan suatu alat yang bekerjanya berdasarkan air dalam pipa. Sehingga dengan begitu maka dapat disimpulkan bahwa sistem hidrolik adalah suatu sistem yang menggunakan liquid (cairan hidrolik) yang mengalir dalam pipa atau selang untuk meneruskan tenaga atau dayanya. Jadi oleh karena itu, mesin atau alat hidrolik membutuhkan peranan penting dari pipa bahkan selang hidrolik untuk meneruskan arus tenaganya.


Selang hidrolik merupakan komponen yang mempunyai fungsi sebagai alat pengantar cairan (fluida). Biasanya cairan tersebut berupa oli yang nantinya akan dihantarkan ke mesin untuk menggerakan aktuator, atau bisa juga lainnya. Nah tentunya selang hidrolik bisa melakukannya, dikarenakan selang tersebut memiliki cara kerjanya tersendiri yang minim diketahui banyak orang. Adapun itu bisa Anda ketahui lebih lengkapnya dengan menyimak artikel ini!


Inilah Rahasia Dibalik Kerja Selang Hidrolik yang Wajib untuk Anda Semua Ketahui


Secara umumnya, sistem hidrolik adalah teknologi yang memanfaatkan zat cair atau fluida berupa oli, untuk melakukan suatu gerakan segaris atau putaran. Nah umumnya sendiri sistem hidrolik erat kaitannya dengan excavator, bulldozer, forklift, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena itu untuk menghantarkan fluida, maka mesin hidrolik membutuhkan peranan dari selang hidrolik. Ini terjadi karena cara kerja dari selang hidrolik bisa digunakan untuk menghubungkan sistem elemen yang bergerak atau bergetar.


Untuk menghubungkan sistem elemen, maka tidak heran jika selang hidrolik biasanya bersifat fleksibel (lentur), tidak kaku, serta dapat beroperasi pada tekanan tinggi suhu diatas 100 derajat celcius. Peranan dari selang hidrolik juga biasa digunakan untuk menghubungkan sistem elemen yang bergetar atau bergerak. Sehingga dengan begitu selang tersebut haruslah fleksibel, atau tidak boleh kaku seperti karakteristik pipa, hingga harus dapat beroperasi pada tekanan tinggi.


Daya dari selang hidrolik sendiri adalah tergantung dari masa penggunaan selang hidrolik, yang mana itu bisa dipengaruhi oleh cuaca, sinar matahari, bahan-bahan kimia, kondisi pengoperasian atau kesalahan selama pengoperasian serta cara penyimpanannya. Nah adapun beberapa faktor yang menjadikan selang hidrolik aman digunakan untuk suhu tinggi dengan cara kerjanya tersendiri, itu karena selang tersebut memiliki lapisan inner tube, wire cushion, hingga reinforcement layer & cover.


Fungsi Selang Hidrolik Berdasarkan Cara Kerjanya

Selang hidrolik bukanlah selang biasa pada umumnya yang memiliki kegunaan sama pada selang lainnya. Selang hidrolik umumnya dapat berfungsi sebagai penghantar zat cair berupa fluida (oli) kedalam mesin ekstraktor, yakni dengan cara kerjanya yang kemudian selanjutnya diubah menjadi tekanan energi.


Peranannya dalam menghantarkan fluida tidak hanya dilakukan oleh selang saja, tapi juga dilakukan oleh piranti lain yang dikenal sebagai hydraulic piping system. Perbedaannya adalah pada selang yang ditempatkan pada komponen yang bergerak atau menghubungkan kedua permukaan. Berbanding terbalik dengan hydraulic piping system yang ternyata bisa ditempatkan pada tempat permanen, dengan umumnya memiliki diameter mini dan panjang.


Pemasangan Selang Hidrolik yang Juga Mempengaruhi Cara Kerjanya

Agar selang hidrolik memiliki cara kerjanya yang sebenarnya, maka pemasangan selang hidrolik pun harus sesuai. Itu adalah dengan adanya celah dengan kisaran jarak tertentu agar selang hidrolik tersebut dapat mengembang ketika suhu mencapai titik tekanan tinggi, serta dapat menyusut saat suhu rendah.


Kemudian, radius bengkokan selang yang harus sesuai, karena jika tidak akan membuat aliran turbulen ikut membentuk sudut kecil. Lalu yang tidak kalah penting, agar tidak tersentak atau bergerak ketika mendapat beban yang tinggi, maka pasang klem pada selang hidrolik tersebut.


Nah itulah artikel dari kami mengenai rahasia dibalik kerja selang hidrolik. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Untuk selang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa ketahui lebih lanjut hanya dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page