Kerugian Memiliki Kolam Ikan Jika Tidak Menggunakan Pompa Celup



Pompa adalah suatu mesin yang berguna untuk menggerakan fluida, dan biasanya pompa menggerakan fluida dari tempat bertekanan rendah ke tempat dengan tekanan yang lebih tinggi. Hal itu tentunya bertujuan untuk mengatasi perbedaan tekanan yang tentunya diperlukan tenaga dalam mengalirkannya. Karena kegunaannya yang seperti itu, tentunya pompa bisa digunakan untuk menjadi air mancur, tetapi sayangnya fungsi tersebut malah lebih cocok di pompa celup.


Pompa celup lebih condong digunakan sebagai pompa yang berguna untuk dijadikan sebagai air mancur pada kolam, selain itu banyak juga digunakan karena memiliki manfaat yang tidak dimiliki pompa air biasa. Tentunya seperti pada kolam ikan, jika tidak menggunakan pompa celup maka akan ada kerugian yang bisa didapatkan dari pemilik kolam ikan tersebut. Nah untuk mengetahui kerugiannya tersebut maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Kerugian Jika Memiliki Kolam Ikan Tanpa Menggunakan Pompa Celup

Pompa Submersible atau pompa celup sendiri adalah pompa sentrifugal yang prinsip kerjanya mengubah energi kinetis atau kecepatan putaran menjadi suatu energi potensial. Lalu energi potensial tersebut akan digunakan untuk mendorong air atau cairan dari sumber air ke arah permukaan. Jadi energi tersebut sebenarnya dihasilkan dari suatu impeller yang berputar dalam casing atau rumah pompa.


Dan untuk cara kerja pompanya sendiri berbeda dengan jenis pompa Jet Pump. Yang mana pada pompa celup, cara kerjanya adalah dengan mendorong airnya menuju ke permukaan. Dan karena posisinya terendam air, maka jelas sangat bermanfaat bagi kolam ikan, dan jika kolam ikan tanpa pompa celup, maka akan memiliki kerugian yang mirip seperti berikut ini:

  • Anda akan banyak menguras uang, karena pompa biasa akan memboroskan energi untuk menarik cairan ke dalam pompa, berbeda dengan pompa celup yang tidak seperti itu. Tidak hanya itu, pompa biasa cenderung lebih banyak memakan biaya perawatan yang besar, dan itu berbeda dengan pompa celup.

  • Pompa biasa akan cenderung lebih mudah panas, karena posisinya tidak berada dalam air kolam. Sehingga tentunya itu bisa membuat aura panas di sekitar kolam, dan tentu saja itu akan berpengaruh terhadap makhluk yang ada di kolam. Untuk pompa celup sendiri, ia akan mendapatkan sistem pendingin secara otomatis, yang mana yaitu air kolam, hal itu karena pompa celup jelas berada di dalam air.

  • Kolam ikan yang tidak dilengkapi dengan pompa, jelas akan membuat kolam tidak sehat, dan jika anda menggunakan pompa biasa, maka hal itu akan membuat kuping anda bising ketika berada di daerah kolam. Hal itu karena pompa biasanya berisik, tetapi tidak dengan pompa celup yang berada dalam air.

  • Kolam ikan tanpa pompa celup, jelas tidak bisa mengaplikasikan air mancur yang natural, sehingga jelas akan membuat kolam ikan tidak terlihat hidup dan nyata sebagai kolam ikan yang baik.

Jadi itulah beberapa kerugian saat anda tidak melengkapi kolam ikan anda dengan pompa celup, maka dari itu bagi anda yang mempunyai kolam ikan atau berencana membuat kolam ikan, maka anda perlu memanfaatkan pompa celup. Dan untuk pompa celup terbaik, maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi, yang mana itu bisa anda miliki dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Dan sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bisa jadi manfaat bagi anda dalam mengetahui kelebihan pompa celup bagi kolam ikan. Dan agar manfaat artikel ini bisa semakin meluas, maka anda bisa share artikel ini kepada yang lainnya, baik menggunakan media sosial ataupun menggunakan media yang ada dan tersedia.