top of page

Ketahanan Terhadap Sinar UV: Mengapa Selang Ini Penting?



Sinar ultraviolet (UV) adalah bentuk radiasi non-pengion yang tidak menimbulkan ionisasi dari pancaran sinar matahari atau sumber buatan. Sinar ini dapat diukur dalam skala ilmiah yang disebut spektrum elektromagnetik (EM). Adapun sinar ini memiliki manfaat, yakni memproduksi Vitamin D yang penting untuk kesehatan manusia. Itu juga membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor dari makanan serta berperan dalam perkembangan tulang dan otot.


Namun layaknya yang juga orang ketahui, sinar UV juga memiliki kekurangan serta bahaya, salah satunya sunburn bahkan sampai juga pada penuaan. Selain memang tidak baik terpapar pada kulit, sinar UV juga tidak baik terpapar pada beberapa peralatan, seperti salah satunya yang memungkinkan terkena sinar UV adalah selang. Jadi untuk pengerjaan yang rentan pada sinar UV, maka sangat penting dibutuhkanlah selang dengan ketahanan sinar UV.

Informasi Mengenai Selang dengan Ketahanan Sinar UV yang Memang Penting Adanya

Penggunaan selang pada umumnya akan digunakan pada sektor pekerjaan luar, alias outdoor, baik itu digunakan untuk menyiram, mengalirkan fluida, atau lain sebagainya. Nah selang tersebut pun maka otomatis akan berada di luar ruangan, yang mana akan ada banyak ancaman berbahaya bagi selang itu sendiri. Ini meliputi selang yang rusak karena terinjak, terbentuk, bahkan putus, meleleh, atau lainnya dari suhu di luar ruangan.


Selang yang digunakan di luar, akan rentan terkena paparan sinar matahari, yang mana sinar tersebut akan menghasilkan sinar ultraviolet. Itu adalah sinar pada bagian gelombang elektromagnetik dari energi radiasi matahari pada pita 100-400 nm. Radiasi matahari yang menjangkau permukaan bumi sendiri berada pada sekitar panjang gelombang 100 nm sampai dengan 1 mm. Alhasil selang yang terpapar sinar UV, akan menjadi rusak secara beragam tergantung bahan selang atau berapa lama selang sudah terpapar sinar UV.

Inilah Selang yang Tahan Terhadap Sinar UV

Selang yang tahan terhadap paparan sinar UV, jelas haruslah selang yang terbuat dari bahan anti UV. Selang yang tahan terhadap sinar UV, adalah selang yang memang terbuat polyester, yakni serat atau kain polyester yang memang dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asam tereftalat. Lalu itu dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum), sehingga dengan begitu bahan tersebut bisa diandalkan untuk tahan terhadap sinar UV.


Alasan selang tahan terhadap sinar UV yang memang harus terbuat dari bahan polyester, itu karena bahan tersebut memang bisa lebih awet jika dibandingkan jenis bahan lainnya, sehingga masa pakainya jauh lebih lama. Tanpa menurunkan kondisi serat atau kualitas bahan polyester secara keseluruhan, Anda dapat memperoleh jenis bahan pembuat selang yang memang akan tahan lama. Selain sinar panas matahari, selang bahan ini juga aman saat terkena air atau hujan sekali pun. Ini karena ia mudah dikeringkan dan jarang mengalami kerut yang bisa mengganggu proses pekerjaan selang.


Lalu selang tahan terhadap sinar UV yang memang terbuat dari bahan polyester, memang adalah selang yang kuat dan lentur untuk diandalkan di pekerjaan berat. Bahkan faktanya, selang bahan tersebut memang dapat didaur ulang, sehingga usia pakainya bisa diperpanjang. Namun, apabila tidak menggunakan selang tersebut, maka ada baiknya selang bahan polyester tidak dibuang sembarangan. Ini dikarenakan selang tahan terhadap sinar UV tersebut terbuat dari bahan yang memang dikenal tidak mudah terurai.


Itulah selang tahan terhadap sinar UV yang memang sangat penting untuk diandalkan. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki selang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang dari Toyox. Mengenai selang dari Toyox, Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page