Ketahui, 4+ Jenis Selang Hidrolik untuk Industri!


Ketahui, 4+ Jenis Selang Hidrolik untuk Industri!

Dari banyaknya jenis selang, salah satu selang yang digunakan khusus untuk dunia industri ialah selang hidrolik. Bagi Anda yang sedang memilih selang hidrolik untuk proyek industri, Anda harus tahu jenis selang hidrolik untuk industri.


Mengenal Selang Hidrolik

Hydraulic hose atau selang hidrolik ialah bagian dari unit yang memiliki fungsi untuk penghantar oli hidrolik yang sesuai dengan tekanan yang diinginkan.


Pada dasarnya, selang hidrolik ini terbuat dari bahan karet sintetis, termoplastik hingga Teflon dengan material pendukung berupa kawat.


Dengan materialnya ini, selang menjadi tidak mudah terkelupas atau rusak dengan cepat, meskipun cairan yang dialirkan memiliki sifat panas.


Biasanya, hidrolik memiliki karakteristik yang fleksibel atau lentur, tidak kaku, dan tentunya dapat beroperasi pada tekanan suhu yang mencapai 100 derajat celsius ke atas.


Selang hidrolik berfungsi sebagai penghantar zak cair berupa fluida atau oli ke dalam mesin ektuaktor untuk diubah menjadi tekanan energy.


Penggunaan selang hidroulik biasa dipengaruhi oleh cuaca, sinar matahari, bahan kimia, kesalahan pengoperasian serta cara menyimpannya.


Selang hidrolik kebanyakan digunakan pada industri terutama pertambangan.


Jenis Selang Hidrolik untuk Industri


Ada beberapa jenis selang hidrolik yang digunakan untuk kebutuhan dunia perindustrian, yang mana beberapa jenis selang hidrolik untuk industri ini ialah sebagai berikut:


1. Selang Hidrolik PTFE (PTFE Hidroliks Hose)

Seperti namanya, selang hidrolik PTFE atau kepanjangannya ialah Politetrafluoroetilena, selang ini memang dibuat dengan bahan FTE atau bahan Teflon.


Dengan bahannya inilah selang hedrolik satu ini tahan akan kondisi abrasi, cuaca ekstream di lingkungan kerja dan bahan kimia.


Selain itu, jenis selang ini memiliki tingkat kofisien dengan gesekan rendah, ramah lingkungan serta cocok untuk cuaca dingin ataupun panas dan bersifat tahan lama.


2. Selang Spiral Wire Hose

Kedua jenis selang hidrolik yang biasanya digunakan pada dunia perindustrian ialah selang spiral wire hose. Selang satu ini memiliki kesamaan dengan selang PTFE, yakni memiliki ketahanan terhadap segala kondisi cuaca yang ekstrim dan penggunaan yang tahan lama.


Menariknya lagi, selang spiral wire hose dilengkapi dengan mur berbentuk segi empat dan segi enam. Oleh sebab itula, pemasangan pada mesin hidrolik tidak akan longgar.


3. Selang Termoplastik

Jenis ketiga yang dibutuhkan oleh dunia perindustrian terutama pertambangan minyak bumi ialah selang termoplasik.


Selang termoplastik ini merupakan jenis selang yang banyak digunakan dalam menyalurkan cairan hidrolik dan minyak bumi.


Jenis Selang termoplastik pun biasa digunakan pada perindustrian kegiatan pertambangan dan minyak gas bumi.


Dengan peran yang dimiliki oleh selang termoplastik, selang ini memiliki sifat yang tidak mudah rusak sekalipun cuaca ekstrim melanda, sehingga penggunaannya sangat tahan lama.


4. Selang Rem Udara

Terkahir ada selang rem udara atau selang udara terkompresi yang memiliki istilah Air Brake Compressed Air.


Selang rem udara ini terbuat dari bahan berkualitas, inilah yang menjadikan anti kebocoran hidrolik. Selang jenis ini dirancang dengan standar emisi yang bagus dan kuat.


Jika Anda lihat, selang rem udara ini memiliki kesamaan dengan jenis selang termoplastik.

Namun, tentu saja keduanya ini berbeda, perbedaan yang dapat lihat yakni pada ketebalan bagian tengah lingkaran selang yang lebih tebal dibandingkan dengan jenis termoplastik.

Dengan mengetahui jenis selang hidrolik untuk industri, Anda bisa tahu jenis yang cocok digunakan pada industri yang Anda jalankan. Dapatkan produk selang hidrolik di INDAHJAYA.com