Ketahui Fungsi Selang Spiral untuk Industri


Ketahui Fungsi Selang Spiral untuk Industri

Selang spiral, mungkin secara bentuk sudah sangat familiar bagi sebagian besar dari Anda. Banyak sekali kegunaan dari selang spiral di berbagai bidang, khususnya di bidang industri. Selang spiral cocok digunakan untuk beberapa aktivitas perindustrian, seperti, irigasi, pertambangan, konstruksi, dan lainnya. Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan tentang fungsi selang spiral untuk industri.


Penjelasan Mengenai Selang Spiral


Selang spiral umumnya disusun dari bahan dasar plastik dengan jenis PVC lunak dan keras. Dari bentuk, dinamakan selang spiral karena bentuknya adalah tabung yang spiral. Sebagai dasar pengantar, fungsi utama dari selang pada umumnya adalah salah satu media untuk memindahkan air dalam proses pengolahan baik dibantu oleh energi mekanik maupun secara gravitasi.


Dari jenis bahan, banyak orang merekomendasikan selang yang fleksibel dibandingkan yang kaku. Hal ini karena selang yang fleksibel dapat dipindahkan dengan mudah. Namun, bukan berarti selang yang fleksibel selalu lebih baik daripada yang kaku. Semua pemilihan jenis selang haruslah didasarkan pada kebutuhan dari pemakai itu sendiri.


Selang spiral memiliki berbagai macam ukuran diameter, warna, jenis bahan dasar, dan desain dari spiralnya. Semua kriteria dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.


Diameter selang spiral dapat bervariasi dan mempengaruhi fungsi kegunaannya. Jika dibedakan berdasarkan ukuran umum adalah selang spiral berdiameter kecil dan besar. Selang spiral dengan diameter kecil biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga dan sederhana seperti pompa air, mesin cuci, gas LPG, dan air conditioner (AC). Di samping itu, untuk diameter selang spiral yang besar biasanya digunakan untuk keperluan industri-industri besar, irigasi, konstruksi, perkebunan, dan pertambangan.


Fungsi utama dari selang spiral sebenarnya tidak jauh berbeda dari fungsi selang secara umum. Tujuan utama selang didesain spiral adalah agar dapat digunakan pembuangan air yang bertekanan tinggi. Untuk pembahasan tentang fungsi selang spiral, dapat Anda simak pada ulasan di bawah ini.


Fungsi Selang Spiral untuk Industri


Fungsi selang spiral untuk industri ini menyangkut tentang pemakaian selang pada dunia industri. Dunia industri yang dimaksud bisa saja seperti pemakaian pada konstruksi baik skala besar hingga kecil.


Selain menjadi salah satu media untuk memindahkan air, selang juga bisa digunakan sebagai media transmisi gas. Fungsi selang secara garis besarnya ada dua, yaitu sebagai suction hose dan delivery hose.


Fungsi selang spiral sendiri masuk ke dalam kategori sebagai suction hose (selang penghisap) maupun delivery hose (selang dorong). Suction hose (selang penghisap) memiliki artinya yaitu selang dapat digunakan untuk menghisap cairan. Kedua, fungsi delivery hose (selang dorong) memiliki arti jika selang dapat digunakan untuk mengirimkan cairan.


Keunggulan selang spiral adalah mampu bekerja lebih maksimal pada transmisi yang memiliki tekanan air tinggi. Oleh karena itu, selang spiral cocok digunakan untuk beberapa aktivitas perindustrian, seperti, irigasi, pertambangan, konstruksi, dan lainnya.


Selain mampu bekerja maksimal pada tekanan air tinggi, ada beberapa keunggulan dari selang spiral untuk dunia industri yang perlu Anda ketahui. Yang pertama, dapat diaplikasikan pada pompa hisap untuk mengalirkan air, pasir, hingga material padat yang berbentuk butiran.


Kedua, daya tahan selang spiral tergolong lama dan tahan gesekan. Selang spiral juga dapat digunakan di semua jenis iklim, tahan terhadap temperatur dan tingkat kelembaban tinggi, juga cuaca ekstrem.


Berikut tadi merupakan informasi mengenai fungsi selang spiral untuk industri. Dimana selang spiral cocok digunakan untuk beberapa aktivitas perindustrian, seperti, irigasi, pertambangan, konstruksi, dan lainnya. Untuk produk-produk terbaik, Anda bisa mengunjungi Indahjaya.com. Semoga informasi di atas dapat membantu.